5 Pemain Borussia Dortmund dari Klub Non-Jerman

Ada wonderkid asal Prancis

Borussia Dortmund adalah klub yang mentas di Bundesliga, kasta teratas sepak bola Jerman. Atas dasar itu, tidak heran mereka memiliki skuad berisi banyak pemain berkualitas.

Para pemain tersebut tidak hanya didatangkan Dortmund dari sesama klub Jerman, tetapi juga dari klub non-Jerman. Inilah lima pemain terakhir yang didatangkan Borussia Dortmund dari klub non-Jerman.

1. Julien Duranville

5 Pemain Borussia Dortmund dari Klub Non-JermanJulien Duranville (bvb.de)

Pertama, ada wonderkid berusia 17 tahun bernama Julien Duranville. Pemain asal Belgia ini direkrut Borussia Dortmund dari RSC Anderlecht pada 27 Januari 2023. Biaya transfernya mencapai 8,5 juta euro atau Rp137 miliar.

Kendati demikian, Duranville yang berposisi sayap kanan belum memainkan satu pertandingan pun bersama Dortmund. Saat ini, dia sedang menderita cedera otot dan belum diketahui kapan kembali memperkuat tim.

2. Sebastien Haller

5 Pemain Borussia Dortmund dari Klub Non-JermanSebastien Haller (bvb.de)

Sebastien Haller adalah tumpuan Borussia Dortmund di lini depan. Bagaimana tidak, pemain berusia 28 tahun ini berposisi penyerang. Haller sendiri direkrut dari Ajax pada 6 Juli 2022 lalu.

Kedatangannya mungkin ditujukan untuk mengisi pos penyerang Dortmund sepeninggal Erling Haaland. Sejauh ini, Haller telah membukukan 5 gol dan 3 assist dalam 19 pertandingan bersama Dortmund.

Baca Juga: 12 Fakta Sebastien Haller, Striker Anyar Borussia Dortmund

3. Karim Adeyemi

5 Pemain Borussia Dortmund dari Klub Non-JermanKarim Adeyemi (bvb.de)

Borussia Dortmund mengeluarkan dana yang tidak sedikit demi mendatangkan Karim Adeyemi. Pemain berusia 21 tahun ini ditebus dari RB Salzburg pada 1 Juli 2022 dengan biaya transfer 30 juta euro atau Rp486 miliar.

Dortmund tampaknya memiliki rencana jangka panjang untuk Adeyemi lantaran mengontrak sang pemain hingga 2027. Adeyemi sendiri adalah pemain yang bisa menempati berbagai posisi. Di antaranya sayap kiri, sayap kanan, dan penyerang. 

4. Donyell Malen

5 Pemain Borussia Dortmund dari Klub Non-JermanDonyell Malen (bvb.de)

Selanjutnya, ada pemain kelahiran Wieringen, Belanda. Namanya Donyell Malen. Pemain berusia 24 tahun ini ditebus Dortmund dari PSV Eindhoven pada 1 Juli 2021. Biaya transfernya kebetulan sama dengan Sebastien Haller, yakni 30 juta euro atau Rp486 miliar.

Malen sendiri biasa mengisi lini depan lantaran berposisi sayap kanan. Pemilik 21 caps  dan 4 gol bersama Timnas Belanda ini sudah membukukan sedikitnya 18 gol dan 12  assist dalam 70 pertandingan bersama Dortmund.

5. Soumaila Coulibaly

5 Pemain Borussia Dortmund dari Klub Non-JermanSoumaila Coulibaly (bvb.de)

Ada satu wonderkid lagi yang masuk dalam daftar ini. Namanya Soumaila Coulibaly. Pemain berusia 19 tahun asal Prancis ini diboyong dari Paris Saint-Germain (PSG) U19 pada 1 Juli 2021. 

Dortmund tidak perlu membayar biaya transfer lantaran Coulibaly berstatus pemain bebas transfer. Pemuda berpostur 190 sentimeter ini berposisi bek tengah. Sayang, Coulibaly lebih sering menjadi cadangan di Dortmund. 

Julien Duranville dan Soumaila Coulibaly menjadi yang termuda dalam daftar ini. Mereka berusia masing-masing 17 tahun dan 19 tahun. Dengan usia yang masih muda, mereka bisa menjadi aset berharga Borussia Dortmund pada masa mendatang.

Baca Juga: 5 Penjualan Pemain Termahal PSV Eindhoven, Ada Donyell Malen

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

Penulis iseng yang bingung mau nulis apa :D

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya