6 Pemain Manchester United yang Habis Kontrak pada Musim Panas 2023

Wout Weghorst dipinjam dari Burnley

Manchester United tampil cukup impresif dewasa ini. Mereka mampu menduduki peringkat ketiga klasemen sementara English Premier League (EPL) 2022/2023.

Kendati demikian, Setan Merah terancam kehilangan beberapa pemain pada musim panas 2023. Ada sedikitnya enam nama yang mungkin hengkang dari Old Trafford, baik karena habis kontrak maupun habis masa peminjaman. 

Inilah pemain Manchester United yang habis kontrak pada musim panas 2023 itu.

1. Tom Heaton

6 Pemain Manchester United yang Habis Kontrak pada Musim Panas 2023Tom Heaton (manutd.com)

Tom Heaton adalah kiper yang berkostum Manchester United sejak 2021. Kontraknya bersama Setan Merah tersisa hingga 30 Juni 2023.

Heaton termasuk sosok veteran lantaran sudah berusia 37 tahun. Dengan usia yang sudah tidak muda, kecil kemungkinan kontraknya diperpanjang Setan Merah. Apalagi, Heaton hanya kiper pelapis David De Gea di Manchester United.

2. David De Gea

6 Pemain Manchester United yang Habis Kontrak pada Musim Panas 2023David De Gea (manutd.com)

Selanjutnya, ada pemain berpaspor Spanyol, David De Gea. Tidak seperti Tom Heaton yang hanya kiper pelapis, De Gea adalah kiper utama Manchester United. Pemain berusia 32 tahun ini juga sudah sangat lama berkostum Setan Merah, yakni sejak 2011.

Kontrak De Gea akan habis pada 30 Juni 2023. Manchester United sejatinya sudah mencoba memperpanjang kontraknya dengan syarat gajinya dipotong. Namun, De Gea menolaknya mentah-mentah.

3. Marcel Sabitzer

6 Pemain Manchester United yang Habis Kontrak pada Musim Panas 2023Marcel Sabitzer (manutd.com)

Marcel Sabitzer sejatinya bukan pemain permanen di Manchester United. Pria berusia 29 tahun ini hanya dipinjam dari Bayern Munich selama setengah musim. Masa peminjaman Sabitzer juga akan habis pada 30 Juni 2023.

Performa gelandang tengah ini bisa dibilang tidak buruk. Dia sudah mengemas 3 gol dan 1assist dalam 13 pertandingan bersama Setan Merah. Manchester United kabarnya tertarik memermanenkan sang pemain, tetapi terhalang harga tinggi yang dipatok Bayern Munich.

Baca Juga: 5 Pemain Spanyol dengan Penampilan Terbanyak di EPL, De Gea ke Puncak!

4. Phil Jones

6 Pemain Manchester United yang Habis Kontrak pada Musim Panas 2023Phil Jones (manutd.com)

Selanjutnya, ada bek tengah veteran bernama Phil Jones. Setali tiga uang dengan David De Gea, pemain berusia 31 tahun ini sudah menjadi bagian skuad Manchester United sejak 2011 silam. Kontraknya tersisa hingga 30 Juni 2023.

Jones sendiri sangat jarang dimainkan Erik ten Hag. Dia terakhir bermain untuk Setan Merah musim lalu, tepatnya saat Manchester United dibantai Liverpool dengan skor telak 0-4. Dengan peran yang kini terbilang minim, kontraknya mungkin tidak akan diperpanjang.

5. Jack Butland

6 Pemain Manchester United yang Habis Kontrak pada Musim Panas 2023Jack Butland (manutd.com)

Jack Butland berada di Manchester United sebagai pinjaman dari klub asalnya, Crystal Palace. Masa peminjamannya berlangsung selama setengah musim hingga 30 Juni 2023 nanti.

Pemain berpostur 196 sentimeter ini berposisi sebagai kiper. Senasib dengan Tom Heaton, Butland hanya kiper pelapis David De Gea di Setan Merah. Sejauh ini, dia bahkan belum memainkan satu pertandingan pun bersama Manchester United.

6. Wout Weghorst

6 Pemain Manchester United yang Habis Kontrak pada Musim Panas 2023Wout Weghorst (manutd.com)

Terakhir, ada penyerang asal Belanda bernama Wout Weghorst. Sama dengan Jack Butland, pemain berusia 30 tahun ini hanya berstatus pinjaman di Manchester United. Dia dipinjamkan klub asalnya, Burnley, hingga 30 Juni 2023.

Weghorst bisa dibilang belum bisa menampilkan performa terbaiknya. Dia hanya mampu menyumbang 2 gol dan 3 assist dalam 22 pertandingan bersama Setan Merah. Weghorst dinilai kurang tajam untuk ukuran penyerang. 

Selain David De Gea dan Marcel Sabitzer, peran para pemain lainnya tidak terlalu signifikan bagi Manchester United. Bahkan, ada yang belum bermain satu pertandingan pun untuk Setan Merah. 

Baca Juga: Wout Weghorst, Pekerja Keras Oranje di Lini Depan MU

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

Penulis iseng yang bingung mau nulis apa :D

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya