5 Pemain Terakhir yang Diboyong Brighton dari Klub Inggris

Danny Welbeck didatangkan dari Watford

Brighton & Hove Albion adalah klub yang mentas di English Premier League (EPL). Sebagai klub yang eksis di kasta tertinggi Liga Inggris, tak heran ada beberapa pemain di skuad mereka yang direkrut dari sesama klub Inggris. Ada yang direkrut dari sesama klub EPL, ada juga yang dari klub Championship, kasta kedua Liga Inggris.

Para pemain tersebut tampaknya memiliki kualitas yang dibutuhkan Brighton. Beberapa juga pernah bermain untuk klub papan atas EPL. Artikel ini membahas tentang lima pemain terakhir yang direkrut Brighton dari sesama klub Inggris. Siapa saja, ya?

1. Billy Gilmour

5 Pemain Terakhir yang Diboyong Brighton dari Klub InggrisBilly Gilmour (twitter.com/billygilmourrr)

Billy Gilmour adalah pemain asal Skotlandia yang kini berusia 21 tahun. Dia menjadi pemain terbaru yang didatangkan Brighton dari sesama klub Inggris. Gilmour direkrut dari Chelsea pada musim panas 2022, tepatnya pada 1 September.

Demi mendapatkan tanda tangan pemain berposisi gelandang tengah ini, Brighton harus merogoh kocek sebesar 8,33 juta euro atau setara Rp134 miliar. Sejauh ini, Gilmour telah mencatatkan 1 assist dalam 14 pertandingan bersama Brighton. Torehan itu bisa bertambah lantaran dia dikontrak hingga 2026.

Gilmour bakal menjadi aset berharga Brighton pada masa depan. Dengan usia yang masih muda, dia memiliki banyak ruang untuk berkembang. Hal itu tentu dengan syarat Brighton bisa memaksimalkan potensinya.

2. Levi Colwill

5 Pemain Terakhir yang Diboyong Brighton dari Klub InggrisLevi Colwill (brightonandhovealbion.com)

Berikutnya, ada pemain kelahiran Southampton, Inggris. Namanya adalah Levi Colwill. Pemain berusia 20 tahun ini bukan pemain tetap di Brighton, melainkan hanya pinjaman dari Chelsea. Masa peminjaman itu berlangsung hingga musim panas 2023 nanti.

Colwill sendiri biasa menempati pos bek tengah. Posturnya yang mencapai 187 sentimeter cukup ideal di posisi itu. Sejauh ini, Colwill baru turun dalam 19 pertandingan bersama Brighton dan belum membuat gol maupun assist.

Baca Juga: Insiden Sepatu Lepas Bikin Arsenal Keok dari Brighton

3. Adam Lallana

5 Pemain Terakhir yang Diboyong Brighton dari Klub InggrisAdam Lallana (brightonandhovealbion.com)

Adam Lallana termasuk sosok veteran di skuad Brighton. Bagaimana tidak, usianya sudah menginjak 35 tahun. Pemain berposisi gelandang serang ini diboyong Brighton dari Liverpool pada musim panas 2020 lalu. 

Brighton tidak perlu membayar sepeser pun lantaran Lallana berstatus pemain bebas transfer. Sayang, Lallana kini lebih sering menjadi cadangan. Pemain dengan 34 caps dan 3 gol bersama Timnas Inggris ini baru mencatatkan 4 gol dan 3 assist dalam 74 pertandingan bersama Brighton.

4. Tariq Lamptey

5 Pemain Terakhir yang Diboyong Brighton dari Klub InggrisTariq Lamptey (brightonandhovealbion.com)

Berikutnya, ada pemain yang biasa menempati lini belakang. Namanya adalah Tariq Lamptey. Bek kanan berusia 22 tahun ini memulai kariernya di Brighton pada musim dingin 2020. Saat itu, dia ditebus dari Chelsea dengan mahar 1,2 juta euro atau Rp19 miliar.

Chelsea bisa dibilang untung besar dari pembelian tersebut. Pasalnya, harga pasar Lamptey kini menyentuh 15 juta euro alias Rp242 miliar. Sayang, pemain berkebangsaan Ghana ini sedang cedera lutut dan belum bisa kembali memperkuat Brighton.

5. Danny Welbeck

5 Pemain Terakhir yang Diboyong Brighton dari Klub InggrisDaany Welbeck (premierleague.com)

Danny Welbeck didatangkan ke AMEX Stadium, markas Brighton, pada musim panas 2020. Pemain berpaspor Inggris ini direkrut dari Watford secara gratis lantaran berstatus bebas transfer. Welbeck sendiri dikontrak hingga 2024 mendatang.

Pemain berposisi penyerang ini termasuk pemain veteran di Brighton lantaran sudah berusia 32 tahun. Meski sudah veteran, Welbeck masih diandalkan di lini serang Brighton. Mantan pemain Arsenal dan Manchester United ini sudah membuat 19 gol dan 10 assist dalam 85 pertandingan bersama Brighton.

Danny Welbeck dan Adam Lallana menjadi pemain tertua dalam daftar ini. Keduanya masing-masing berusia 35 dan 32 tahun. Meski sudah tidak muda, pengalaman panjang yang mereka miliki dapat berguna bagi Brighton, terutama dalam membimbing para pemain muda.

Baca Juga: 5 Pemain Brighton & Hove Albion 2022/2023 yang Dibeli dari Luar Eropa

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

Penulis iseng yang bingung mau nulis apa :D

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya