5 Pemain Tertua di Borussia Dortmund pada 2023/2024, Ada Fuellkrug!

Niclas Fullkrug baru merapat pada musim panas 2023

Borussia Dortmund termasuk klub papan atas yang mentas di Bundesliga Jerman. Sebagai klub papan atas, tak ayal Dortmund memiliki banyak pemain berkualitas dalam skuad mereka. Tak hanya pemain muda, tetapi juga beberapa pemain veteran.

Jika melihat lebih dalam, maka Borussia Dortmund memiliki beberapa pemain yang sudah tidak muda dari segi usia. Salah satunya adalah Niclas Fuellkrug. Pria berusia 30 tahun ini baru diboyong Dortmund pada musim panas 2023.

Termasuk Fuellkrug, inilah lima pemain tertua di Borussia Dortmund pada 2023/2024.

1. Marco Reus sudah tidak muda, tetapi masih jadi andalan

5 Pemain Tertua di Borussia Dortmund pada 2023/2024, Ada Fuellkrug!Marco Reus (twitter.com/bvb)

DI urutan pertama, ada pemain berusia 34 tahun bernama Marco Reus. Dia biasa beroperasi di posisi gelandang serang. Reus sendiri termasuk nama lama di skuad Borussia Dortmund. Dia sudah mengabdi sejak 2012 silam.

Saat ini, Reus masih memiliki sisa kontrak dengan Borussia Dortmund hingga musim panas 2024. Meski sudah tidak muda, pemain yang juga bisa menjadi sayap kiri ini masih jadi andalan dalam skema permainan Dortmund. Reus masih rutin dipercaya turun sebagai starter.

2. Mats Hummels memegang peran penting di sektor pertahanan

5 Pemain Tertua di Borussia Dortmund pada 2023/2024, Ada Fuellkrug!Mats Hummels (bvb.de)

Berikutnya, ada pemain yang memegang peran penting di sektor pertahanan. Namanya adalah Mats Hummels. Pemain berposisi bek tengah ini memiliki usia yang sama dengan Marco Reus, yakni 34 tahun.

Hummels sendiri merupakan sosok yang sulit digantikan di lini belakang Borussia Dortmund. Mantan pemain Bayern Munich ini sudah melakoni sedikitnya 482 pertandingan bersama Dortmund. Sumbangsihnya mencakup 36 gol dan 22 assist. 

Baca Juga: 3 Pemain Borussia Dortmund 2023/2024 yang Berasal dari Luar Eropa

3. Alexander Meyer hanya menjadi kiper pelapis

5 Pemain Tertua di Borussia Dortmund pada 2023/2024, Ada Fuellkrug!Alexander Meyer (bvb.de)

Alexander Meyer adalah pemain yang biasa tampil sebagai kiper. Pemain berusia 32 tahun ini memulai sepak terjangnya di Borussia Dortmund pada musim panas 2022. Saat itu, Meyer diboyong secara gratis alias bebas transfer dari Jans Regensburg.

Sayang, Meyer hanya menjadi kiper pelapis di Borussia Dortmund. Dia masih belum sanggup menyaingi Gregor Kobel yang menjadi kiper utama Dortmund saat ini. Sejauh ini, Meyer sudah tampil dalam 13 pertandingan dan menorehkan 18 kebobolan dan 3 clean sheets.

4. Thomas Meunier lebih sering turun dari bangku cadangan

5 Pemain Tertua di Borussia Dortmund pada 2023/2024, Ada Fuellkrug!Thomas Meunier (bvb.de)

Selanjutnya, ada pemain berpaspor Belgia bernama Thomas Meunier. Pemain berusia 32 tahun ini biasa beroperasi sebagai bek kanan dalam skema permainan tim. Meunier sendiri mulai mengabdikan diri ke Borussia Dortmund pada musim panas 2020.

Meunier digaet Borussia Dortmund dari klub raksasa Prancis, Paris Saint-Germain (PSG) secara gratis alias bebas transfer. Sayang, performa Meunier sudah menurun seiring bertambahnya usia. Pemain setinggi 191 sentimeter ini lebih sering diturunkan dari bangku cadangan di Borussia Dortmund. 

5. Niclas Fuellkrug menjadi tumpuan di lini depan

5 Pemain Tertua di Borussia Dortmund pada 2023/2024, Ada Fuellkrug!Niclas Fuellkrug (kanan) (bvb.de)

Niclas Fuellkrug adalah pemain yang direkrut Borussia Dortmund pada musim panas 2023. Pemain berusia 30 tahun ini diboyong dari Werder Bremen dengan biaya transfer 217 miliar rupiah. Pembelian tersebut terbukti tepat.

Pasalnya, Fuellkrug yang berposisi sebagai penyerang mampu menjadi tumpuan di lini depan Borussia Dortmund. Dia rutin dipercaya turun sebagai starter di tiap pertandingan Dortmund. Sejauh ini, Fuellkrug telah memborong 3 gol dan 2 assist dalam 12 pertandingan bersama Borussia Dortmund.

Lima pemain di atas adalah para pemain tertua di skuad Borussia Dortmund pada 2023/2024. Meski sudah tidak muda, 3 dari 5 pemain di atas masih jadi andalan Dortmund di posisi masing-masing. Ketiganya adalah Marco Reus, Mats Hummels, dan Niclas Fuellkrug.

Baca Juga: 5 Pemain Borussia Moenchengladbach dengan Masa Abdi Terlama Saat Ini

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

Penulis iseng yang bingung mau nulis apa :D

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya