Sebelum Mo Salah, Berikut 5 Penyerang Top yang Pernah Bela Liverpool

Ada Luis Suarez!

Jika ditanya siapa penyerang terbaik Liverpool, kebanyakan dari kita pasti terpikir nama Mohamed Salah. Memang, penyerang asal Mesir ini merupakan ujung tombak utama Liverpool saat ini yang kemampuannya tidak perlu diragukan. Tapi, sebelum Mo Salah juga ada beberapa penyerang hebat yang pernah berseragam Liverpool. Buat yang penasaran, mari kita simak beberapa nama di bawah, ya!

1. Robbie Fowler

Sebelum Mo Salah, Berikut 5 Penyerang Top yang Pernah Bela LiverpoolRobbie Fowler (instagram.com/rob9fowler)

Robbie Fowler lahir di Liverpool, Inggris, pada 9 April 1975. Ia memulai karier juniornya di akademi Liverpool pada 1984 dan dipromosikan ke tim utama pada 1993. Pada masa itu, duet Fowler dan Steve McManaman membuat Liverpool menjadi salah satu tim dengan kekuatan serangan yang luar biasa.

Fowler juga diketahui memiliki kemampuan mencetak gol dari berbagai sudut dan jarak lapangan. Stan Collymore yang merupakan mantan rekan setim Fowler di Liverpool pada 1995-1997 bahkan mengatakan di autobiografinya bahwa Fowler adalah pemain terhebat yang pernah bermain dengannya.

2. Luis Suarez

Sebelum Mo Salah, Berikut 5 Penyerang Top yang Pernah Bela LiverpoolLuis Suarez (instagram.com/luissuarez9)

Pemain dengan julukan "El Pistolero" ini lahir di Uruguay pada 24 Januari 1987 silam. Suarez memulai karier juniornya di beberapa klub lokal Uruguay. Pada awal karier seniornya, Suarez sempat membela beberapa klub Belanda, yaitu Groningen dan Ajax sebelum pindah ke Liverpool pada 2011.

Bersama Liverpool, karier Suarez terus meroket. Dilansir Transfer Markt, ia berhasil mencatatkan total 69 gol dari 110 caps di Liverpool. Meski demikian, karier Suarez juga diwarnai beberapa kontroversi. Salah satu yang paling diingat tentu saat Suarez menggigit pemain lawan. Namun, terlepas dari semua itu Suarez tetap akan dikenang sebagai salah satu penyerang kebanggaan Liverpool.

3. Michael Owen

Sebelum Mo Salah, Berikut 5 Penyerang Top yang Pernah Bela LiverpoolMichael Owen (transfermarkt.com)

Michael Owen adalah pemain jebolan akademi Liverpool. Ia dipromosikan ke tim utama di usia yang sangat muda, yaitu 17 tahun. Owen memulai debut seniornya pada pertandingan melawan Wimbledon pada Mei 1997 lalu. Ia datang dari bangku cadangan dan langsung pamer ketajaman dengan mencetak 1 gol.

Seiring cederanya striker utama Liverpool, Robbie Fowler, Owen mendapat kesempatan bermain reguler di tim utama. Kemampuannya pun semakin berkembang pesat sejak saat itu. Bahkan pada musim 2003-2004 dimana Owen sempat cedera, ia masih mampu mencetak total 19 gol untuk Liverpool. 

Baca Juga: Empat Tahun Berlalu, Ini Pencapaian Virgil van Dijk bersama Liverpool

4. Fernando Torres

Sebelum Mo Salah, Berikut 5 Penyerang Top yang Pernah Bela LiverpoolFernando Torres (instagram.com/fernandotorres)

Fernando Torres adalah pemain berkebangsaan Spanyol yang lahir pada 20 Maret 1984. Ia termasuk pemain rekrutan terbaik Liverpool dibawah kepelatihan Rafael Benitez. Terbukti dari kemampuan Torres menjadi mesin gol Liverpool saat itu.

Torres sendiri adalah produk binaan akademi Atletico Madrid. Dilansir Bleach Report, ia sempat beberapa tahun bermain di Atletico sebelum pindah ke Liverpool pada 2007. Saat itu, Torres juga berhasil menjadi pemain Liverpool tercepat yang mencetak 50 gol setelah menjebol gawang Aston Villa pada Desember 2009. 

5. Ian Rush

Sebelum Mo Salah, Berikut 5 Penyerang Top yang Pernah Bela LiverpoolIan Rush (transfermarkt.co.id)

Ian Rush adalah pemegang rekor pencetak gol terbanyak di Liverpool hingga saat ini. Ia telah mencetak total 229 gol dari 469 caps di Liverpool. Pemain berkebangsaan Wales ini pernah menjadi rekor pembelian terbesar Liverpool pada masa itu. Hal ini membuktikan nilai besar yang ada dalam diri Ian Rush.

Saat itu, duet mautnya dengan Kenny Dalglish membuat Liverpool menjadi tim dengan kekuatan serangan yang mematikan. Rush juga berkontribusi ke timnas Wales. Ia mencatatkan total 28 gol dari 73 penampilan yang membuatnya menjadi pencetak gol terbanyak Wales sepanjang masa sebelum digantikan Gareth Bale pada 2018.

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

Penulis iseng yang bingung mau nulis apa :D

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kalyana Dhisty

Berita Terkini Lainnya