5 Fakta Jamal Murray, Raja Tripoin Baru Denver Nuggets

Pemain kunci Nuggets setelah Nikola Jokic 

Nama Jamal Murray tertulis dalam buku sejarah. Ia berhasil menjadi raja tripoin Denver Nuggets saat melawan San Antonio Spurs di AT&T Center, San Antonio, Texas, Sabtu (11/3/2023) waktu setempat.

Murray telah mengoleksi 806 tripoin setelah pertandingan melawan Spurs. Dia bahkan menambah lima tripoin lagi saat melawan Brooklyn Nets hari ini, Minggu (12/3/2023) waktu setempat. Takhta ini sendiri sebelumnya dipegang Will Barton dengan 804 tripoin bersama Nuggets.

Dengan usianya yang masih 26 tahun, Murray memiliki banyak waktu untuk memperkuat pencapaiannya. Berikut fakta Jamal Murray, raja tripoin baru Denver Nuggets.

1. Fisik dan mental baja sejak kecil

5 Fakta Jamal Murray, Raja Tripoin Baru Denver NuggetsJamal Murray (nba.com)

Jamal Murray ditakdirkan untuk bersinar di NBA. Ia telah dipersiapkan untuk menjadi pemain yang tangguh sejak masa kecil.

Murray mempersiapkan segala yang dibutuhkan untuk berkarier di NBA bersama ayahnya, Roger Murray. Kemampuan mengendalikan serta menembak bolanya dilatih secara disiplin oleh sang ayah. Selain itu, Roger Murray juga mengajarkannya meditasi serta pengendalian diri.

Jamal Murray menganggap ayahnya sebagai seorang pelatih sekaligus sahabatnya. Berkatnya, ia memiliki mentalitas kuat untuk bersaing di panggung profesional.

2. Pantang menyerah dan selalu memberikan yang terbaik

5 Fakta Jamal Murray, Raja Tripoin Baru Denver NuggetsJamal Murray (nba.com)

Jamal Murray menghadapi tantangan besar saat memasuki NBA. Ia kesulitan untuk fokus dan baru bisa mencetak tembakan pertamanya setelah 17 kali percobaan.

Untungnya, Murray berhasil menghadapi dirinya sendiri. Ia diberi kesempatan untuk menjadi seorang starter dalam 6 dari 7 pertandingan terakhir pada musim pertamanya pada 2016/2017. Murray mencetak rataan 15,1 poin dan 5 assist dalam rentang itu. Beberapa hari sebelum menutup musim rookie-nya, ia sempat mencetak 30 poin dengan akurasi 71,4 persen.

Baca Juga: Jamal Murray Kembali dengan Potensi Menjanjikan di NBA

3. Tampil dominan di NBA Bubble

5 Fakta Jamal Murray, Raja Tripoin Baru Denver NuggetsJamal Murray (nba.com)

Seiring berjalannya waktu, Jamal Murray terus berkembang menjadi pemain yang solid. Permainannya sempat memanas di NBA Bubble 2020.

Murray mencetak rataan 26,5 poin, 6,6 assist, dan 4,8 rebound pada babak playoff 2020. Performanya memiliki pengaruh besar dalam kesuksesan Nuggets bangkit dari kedudukan 1-3 dalam dua seri berturut-turut. 

Saat melawan Utah Jazz pada babak pertama, Murray mencetak 50 poin pada pertandingan keempat dan keenam serta 42 poin pada pertandingan kelima. Pada babak kedua, ia mencetak 40 poin pada pertandingan ketujuh melawan Los Angeles Clippers dan berhasil tembus menuju final Wilayah Barat.

4. Sempat mengalami cedera fatal penunda harapan

5 Fakta Jamal Murray, Raja Tripoin Baru Denver NuggetsJamal Murray (nba.com)

Potensi Jamal Murray dan Denver Nuggets terlihat makin menjanjikan setelah NBA Bubble. Namun, mereka harus menghadapi situasi berat akibat cedera yang diderita Murray pada April 2021.

Jamal Murray menderita cedera anterior cruciate ligament (ACL) pada kaki kirinya. Akibatnya, ia harus absen sepanjang 2021/2022 demi pemulihan yang maksimal. Tanpa Jamal Murray, Nuggets kembali gagal ke final Wilayah Barat dan harus mundur lebih awal dari playoff selama 2 tahun terakhir.

5. Bangkit layaknya seorang bintang

5 Fakta Jamal Murray, Raja Tripoin Baru Denver NuggetsJamal Murray (nba.com)

Setelah 555 hari menjalani proses pemulihan, Jamal Murray akhirnya kembali bermain pada 2022/2023. Ia perlahan-lahan mendominasi permainan dan tampil jauh lebih percaya diri dari sebelumnya.

Per 13 Maret 2023, Murray mencetak rataan 20,1 poin, 5,9 assist, dan 4 rebound pada 2022/2023. Pada 5 Februari 2023, ia berhasil mencetak 41 poin dengan akurasi 62,5 persen. Musim ini, Murray juga berhasil menjadi pemain dengan cetakan tripoin terbanyak dalam sejarah Denver Nuggets.

Denver Nuggets membutuhkan penembak jitu dan kreatif di dalam diri Jamal Murray. Sosoknya yang tangguh serta ingin terus berkembang dapat mendatangkan gelar juara NBA dalam waktu dekat.

Baca Juga: Nikola Jokic Jadi Raja Assist Denver Nuggets

Clemens Kristo Budiutomo Photo Verified Writer Clemens Kristo Budiutomo

Writing, Basketball, and Music!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya