Indonesia, Inilah Dia, Shin Tae-yong

Pelatih asal Korea Selatan itu dikontrak selama 4 tahun

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Mochamad Iriawan, secara resmi memperkenalkan Shin Tae-yong kepada publik sebagai pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia yang baru, di Stadion Pakansari, Bogor (28/12).

Acara penandatanganan kontrak itu juga dihadiri oleh Wakil Ketua Umum PSSI, Iwan Budianto dan Sekertaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha. Shin Tae-yong telah menyepakati kontrak jangka panjang bersama PSSI.

"Scara garis besar, kami akan sampaikan pelatih Timnas Indonesia yang selama ini menjadi teka-teki. Tentu publik bertanya, mengapa PSSI akhirnya menjatuhkan pilihan pada Shin Tae-yong. Pertemuan sudah dilakukan selama dua hari, dan puncaknya kemarin, Jumat (27/12). Dia telah menyampaikan strateginya secara detail," kata Iwan.

1. Shin Tae-yong akan menjalani kontrak selama 4 tahun

Indonesia, Inilah Dia, Shin Tae-yongIDN Times / Dimas Fitra Dirgantara

"Finalisasi telah selesai dilaksanakan dan Shin Ta-yong akan menjalankan kontrak jangka panjang dengan durasi kerja sama selama 4 tahun," ujar Iwan.

Dengan harapan jangka panjang, PSSI bisa membangun Timnas Indonesia yang solid dan berprestasi. Hal ini tentu tidak bisa dilakukan secara instan. Oleh sebab itu PSSI membuat kontrak jangka panjang.

Baca Juga: Seto Nurdiantoro dan Indra Sjafri Gabung Shin Tae-yong di Timnas?

2. Shin Tae-yong akan ditemani pelatih lokal dalam menangani Timnas

Indonesia, Inilah Dia, Shin Tae-yongIDN Times / Dimas Fitra Dirgantara

Pelatih asal Korea Selatan ini tidak akan bekerja sendiri, nantinya ia juga akan ditemani 4 orang asisten dan pembantunya yang dibawa dari Korea Selatan.

Selain itu ia juga akan berkolaborasi dengan pelatih lokal yang ada di Indonesia untuk menangani Timnas Indonesia.

"Dengan visi dan pengalaman yang dia miliki, apa yang kita harapkan untuk timnas bisa diwujudkan. Tentu kolaborasi dengan pelatih lokal yang kami libatkan dalam proyek ini," kata Iwan.

3. Tantangan terdekat Shin Tae-yong ada pada kualifikasi Piala Dunia 2022

Indonesia, Inilah Dia, Shin Tae-yongIDN Times / Dimas Fitra Dirgantara

Tantangan terdekat untuk Tae-yong ada pada Kualifikasi Piala Dunia 2022. Dia diharapkan untuk membawa perubahan dalam permainan Timnas Indonesia yang hanya menyisakan beberapa pertandingan.

Setalah itu, ia juga diminta untuk mempersiapkan Timnas Indonesia pada Piala AFF 2020 mendatang.

Shin Tae-yong juga tertarik pada pemain Timnas U-22 yang kemarin berlaga di Manila dan akan dikombinasi dengan pemain senior yang terakhir main di Malaysia beberapa bulan lalu. 

Baca Juga: 6 Fakta Menarik dari Shin Tae-yong, Calon Pelatih Timnas Indonesia

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya