Comscore Tracker

Tiga suporter Indonesia Ditahan Polisi Diraja Malaysia

Kemenpora tunggu laporan lengkap PSSI

Jakarta, IDN Times - Ketua Aliansi Suporter Indonesia Malaysia (ASIM) Luki Ardianto di Kuala Lumpur mengatakan ada tiga pendukung Timnas Indonesia yang ditahan Polisi Diraja Malaysia.

Penahanan dilakukan saat Timnas Indonesia bertanding melawan Malaysia di kualifikasi Piala Dunia 2020 yang digelar di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Selasa (19/11).

"Mereka ditangkap di pintu pemeriksaan," kata Luki seperti dikutip dari Antara, Kamis (21/11).

1. PSSI meminta bantuan KBRI di Kuala Lumpur

Tiga suporter Indonesia Ditahan Polisi Diraja MalaysiaIlustrasi logo PSSI. pssi.org

Luki mengatakan ketiga pendukung Timnas Indonesia yang ditahan Polisi Diraja Malaysia yaitu Andreas Setiawan, Iyan Ptada Wibowo, dan Rifki Chorirudin. Mereka dikabarkan berasal dari Bali.

"Info dari PSSI, mereka sudah meminta bantuan ke KBR," kata Luki.

Selain itu Aliansi Suporter Indonesia Malaysia juga telah meminta bantuan pengacara untuk menangani kasus ini. Pengacara tersebut bernama Muhammad Dwi Harsanto Djamal.

2. Kasus ini dipantau Kedutaan Indonesia di Malaysia

Tiga suporter Indonesia Ditahan Polisi Diraja MalaysiaANTARA FOTO/Rafiuddin Abdul Rahman/pd

Pengurus Aliansi Suporter Indonesia Malaysia, Agus Purwanto, mengatakan sampai saat ini dirinya belum bertemu pejabat KBRI di Kuala Lumpur.

Meski begitu, Agus melanjutkan, kasus ini telah masuk dalam pantauan kedutaan Indonesia. "Kami terus berusaha memantau di Kantor Polisi atau IPD Cheras," kata Agus.

3. Kemenpora menunggu laporan lengkap dari PSSI

Tiga suporter Indonesia Ditahan Polisi Diraja MalaysiaInstagram/gatot_s_dewa_broto •

Seperti diketahui, kericuhan antara suporter Malaysia dengan pendukung Indonesia terjadi di tengah pertandingan.

Saat itu pendukung tuan rumah melempari benda-benda ke pendukung Timnas Indonesia. Bahkan pendukung Malaysia melemparkan flare ke tribun yang dipenuhi supoerter Indonesia.

Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga Gatot S Dewa Broto mengatakan masih menunggu laporan lengkap mengenai kerusuhan tersebut dari PSSI.

"Kami belum dapat laporan lengkap dari PSSI. Karena meski tadi malam kami komunikasi dengan PSSI, mereka tidak menyampaikan masalah itu," kata Gatot seperti dikutip dari Antara.

Baca Juga: PSSI Kutuk Pemukulan Suporter Indonesia oleh Pendukung Timnas Malaysia

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You