Comscore Tracker

5 Pemain Liga Portugal yang Bersinar di Piala Dunia 2022

Siap-siap diburu klub kaya

Meski tak sebesar LaLiga, Serie A, dan English Premier League (EPL), Primeira Liga Portugal merupakan salah satu kompetisi bergengsi di Benua Biru. Ini dibuktikan dengan prestasi klub Portugal di tingkat regional Eropa, diwakili FC Porto dan Benfica. 

Primeira Liga juga terbukti mampu menelurkan bintang-bintang besar, macam Cristiano Ronaldo, Bruno Fernandes, Joao Felix dan lainnya. Tak hanya itu, klub Portugal juga gemar memperkenalkan talenta baru asal Eropa Timur dan Amerika Latin. 

Pada Piala Dunia 2022 ini, tak sedikit pemain Primeira Liga yang mampu tampil apik bersama timnya. Siapa saja? Berikut daftarnya seperti dikutip berbagai sumber, termasuk Transfermarkt.

1. Enzo Fernandez (Benfica)

5 Pemain Liga Portugal yang Bersinar di Piala Dunia 2022Enzo Fernandez (instagram.com/enzojfernandez)

Enzo Fernandez bisa dibilang salah satu pemain berstatus debutan tersukses di Piala Dunia 2022. Meski minim pengalaman, dia dijadikan pemain pengganti tetap oleh Lionel Scaloni. Penampilannya brilian, meski sempat melakukan kesalahan dengan gol bunuh dirinya pada laga lawan Australia.

Fernandez tercatat baru bergabung dengan Benfica musim 2022/2023. Sebelumnya, dia bermain untuk River Plate yang merupakan klub masa kecilnya. Dia baru promosi ke tim utama klub raksasa Argentina itu pada musim 2021/2022. 

2. Otavio (FC Porto)

5 Pemain Liga Portugal yang Bersinar di Piala Dunia 2022Otavio (instagram.com/otaviomonteiroo)

Otavio merupakan gelandang sentral di FC Porto. Pemain kelahiran Brasil ini sukses memenangkan berbagai turnamen domestik bersama klub raksasa Portugal tersebut. Meski lahir dan besar di Brasil, Otavio memutuskan membela Portugal usai registrasi kewarganegaraannya disetujui. 

Pada Piala Dunia 2022, Otavio selalu diturunkan dalam pertandingan Selecao, termasuk ketika Portugal menggasak Swiss 6-1 di babak 16 besar. Dia hanya diistirahatkan karena sempat mengalami cedera otot.

Baca Juga: Mengapa Portugal Bermain Lebih Cair Tanpa Cristiano Ronaldo?

3. Gonçalo Ramos (Benfica)

5 Pemain Liga Portugal yang Bersinar di Piala Dunia 2022Gonçalo Ramos (instagram.com/goncaloramos88)

Goncalo Ramos, nama yang sedang diperhitungkan saat ini karena dianggap berpotensi jadi suksesor Ronaldo. Pemain Benfica ini sukses menyarangkan hattrick ke gawang Yan Sommer dan memastikan Portugal lolos ke perempat final. Berkat kontribusinya, dia dinobatkan sebagai Man of the Match pada laga itu. 

Selain sukses di level Timnas, Ramos ternyata mampu menembus skuad inti Benfica musim ini. Sepanjang paruh 2022/2023, dia berhasil membukukan 14 gol dan enam assist untuk klub yang dibelanya sejak remaja tersebut. 

4. Ricardo Horta (Sporting Braga)

5 Pemain Liga Portugal yang Bersinar di Piala Dunia 2022Ricardo Horta (instagram.com/ricardohorta21)

Kiprah Ricardo Horta di klub asalnya, Sporting Braga, tidak perlu dipertanyakan lagi. Dia adalah pemain sayap andalan, terutama pada laga-laga krusial. Bersama klubnya, ia sudah menyumbang 100 gol dalam 300 pertandingan. 

Bersama Portugal, Horta sebenarnya tidak mendapatkan jam terbang yang tinggi. Dia baru dipanggil lagi ke skuad Selecao das Quinas tahun ini. Padahal, dia sudah pernah debut pada 2014. Pada Piala Dunia 2022, dia sukses mencatatkan satu-satunya gol Portugal pada laga kontra Korea Selatan di penyisihan grup. 

5. Hidemasa Morita (Sporting Lisbon)

5 Pemain Liga Portugal yang Bersinar di Piala Dunia 2022Hidemasa Morita (instagram.com/mrt_510)

Hidemasa Morita punya kontribusi besar di Timnas Jepang dalam Piala Dunia 2022. Sebagai gelandang bertahan, Morita sukses mengawal pertahanan tim Samurai Biru, hingga sulit ditembus tim sekaliber Jerman, Spanyol, dan Kroasia. 

Tak hanya jadi sosok utama di Timnas Jepang, Morita juga memegang peran penting di Sporting Lisbon. Ia berhasil jadi langganan starter, meski baru bergabung pada musim panas 2022. Ia direkrut berkat penampilan impresifnya bersama Santa Clara musim lalu. 

Bukti kalau Primeira Liga juga bisa jadi tontonan menarik. Ada banyak talenta-talenta underrated yang belum terekspos dan siap mengguncang dunia. Kira-kira, akankah mereka bertahan di Portugal pada jendela transfer Januari 2023 nanti?

Baca Juga: Mengenang Momen Terakhir Timnas Brasil saat Menjuarai Piala Dunia

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya