5 Blunder Pemain Belakang di Piala Dunia 2022

Berbuntut kerugian bagi timnya

Sepak bola adalah permainan tim yang butuh kerja sama dari tiap lini. Mulai lini belakang, tengah, sampai depan.

Khusus untuk tim belakang alias pertahananan, tugas yang mereka emban tak kalah berat. Selain membantu kiper menjaga gawang, mereka harus mengawal penyerang lawan dan memastikan bahwa pertahanannya tidak mudah ditembus. 

Untuk itu, dibutuhkan stamina yang bagus dan kecepatan untuk merespons gerakan striker lawan. Ditambah kooperasi matang antarpemain bertahan agar bisa mewujudkan benteng yang solid. 

Sayangnya, kooperasi antarapemain belakang kadang terputus akibat kurangnya konsentrasi ataupun emosi pribadi yang berdampak besar pada keroposnya lini pertahanan. Ini juga terjadi sepanjang Piala Dunia 2022 bergulir.

Tak sedikit pemain belakang yang kedapatan melakukan blunder alias kesalahan yang berujung kerugian. Intip lima kompilasi blunder pemain belakang di Piala Dunia 2022 ini!

1. Jose Maria Gimenez (Uruguay vs Portugal)

5 Blunder Pemain Belakang di Piala Dunia 2022Jose Maria Gimenez (instagram.com/josemariagimenez)

Jose Maria Gimenez sempat melakukan kesalahan ketika timnya, Uruguay, berjumpa Portugal dalam lanjutan laga penyisihan Grup H. Kala itu, tangan Gimenez tanpa sengaja mengenai bola yang lewat di belakangnya. Wasit pun menghadiahkan penalti untuk Portugal.

Tak membuang kesempatan, Bruno Fernandez menggandakan keunggulan Portugal sekaligus mencetak brace pada pertandingan itu. Sebaliknya, Uruguay yang mencoba menyamakan kedudukan justru harus merelakan gawangnya kembali kebobolan pada menit akhir.

2. Kamal Miller (Kanada vs Kroasia)

5 Blunder Pemain Belakang di Piala Dunia 2022Kamal Miller (instagram.com/kmillz_00)

Kamal Miller melakukan kesalahan ketika negaranya, Kanada bertemu Kroasia pada babak penyisihan Grup F. Miller yang seharusnya berjaga di belakang dan menghalau bola, justru maju dan gagal menahan umpan yang ditujukan kepada Ivan Perisic. Hasilnya, Kroasia mampu mencetak gol keempat mereka. 

Meski sempat unggul pada awal pertandingan lewat sundulan Alphonso Davies, Kanada akhirnya harus menerima kekalahan telak dari Kroasia 1-4. Pertahanan Kanada yang kurang solid menjadi kunci utama kekalahan mereka dalam laga ini penting ini. Kanada pun dipastikan gagal lolos ke 16 besar.

Baca Juga: 5 Blunder Fatal Kiper di Piala Dunia 2022, Ada Wayne Hennessey

3. Steven Vitoria (Kanada vs Maroko)

5 Blunder Pemain Belakang di Piala Dunia 2022Steven Vitoria, Alphonso Davies, dan Jonathan David (instagram.com/canadasoccer)

Pada laga pemungkas Grup F, Kanada harus berduel dengan Maroko yang punya kepercayaan diri tinggi usai menundukkan Belgia. Sudah dipastikan tidak lolos, Kanada pun bermain tanpa beban.

Seakan tidak memperbaiki diri, mereka melakukan kesalahan yang hampir sama seperti laga-laga sebelumnya. Kali itu, Steven Vitoria yang melakukan blunder dengan memberikan umpan pendek ke Milan Borjan. Namun, operan tersebut hampir direbut Youssef En-Nesyri yang berada di antara mereka.

Akibat terburu-buru, Borjan menendang bola serampangan dan justru mendarat di kaki Hakim Ziyech. Tanpa diduga, sontekan Ziyech dari jarak jauh justru bersarang di gawang Kanada.

4. Denzel Dumfries (Belanda vs Argentina)

5 Blunder Pemain Belakang di Piala Dunia 2022Denzel Dumfries (instagram.com/ddumfries2)

Pemain belakang Belanda, Denzel Dumfries melakukan kesalahan dalam laga perempat final saat timnya berhadapan dengan Argentina. Ia menginjak kaki Marcos Acuna di pinggir kotak penalti.

Wasit yang bertugas di dekat mereka langsung mengeluarkan kartu kuning. Ia menunjuk titik putih. Hadiah penalti pun diberikan kepada La Albiceleste. 

Tak berhenti di situ, Dumfries kembali menerima kartu kuning kedua setelah bereaksi ketika Belanda kalah adu penalti dari Argentina. Ia masuk sebagai salah 1 dari 4 pemain yang diganjar kartu merah di Piala Dunia 2022.

5. Defender Serbia (Serbia vs Kamerun)

5 Blunder Pemain Belakang di Piala Dunia 2022Eric Maxim Choupo-Moting dan Nemanja Maksimovic (instagram.com/fudbalskisavezsrbije)

Pertemuan antara Serbia dan Kamerun pada fase grup Piala Dunia 2022 berlangsung sengit. Keduanya saling berkejaran gol. Namun, bila ditilik lebih jauh, Serbia melakukan banyak kesalahan yang membuat dua gol Kamerun tercipta dalam waktu yang berdekatan pada babak kedua.

Kesalahan pertama dilakukan bek Serbia saat maju ke depan tanpa mengawal pergerakan Vincent Aboubakar yang bergerak cepat dan mencetak gol chip. Blunder kedua terjadi ketika mereka lagi-lagi gagal mengawal pergerakan Aboubakar yang memberi umpan kepada Choupo Moting. Hasilnya, laga Serbia dan Kamerun berakhir imbang 3-3. 

Lima blunder pemain belakang di atas menunjukkan bahwa rapuhnya lini belakang akan berdampak besar pada hasil akhir. Meski tak semua kesalahan berujung kekalahan, ini tetap menyebabkan kerugian besar bagi timnya.

Baca Juga: Deretan Blunder Fatal yang Terjadi dalam Sejarah Piala Dunia

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya