5 Kiper dari Klub Kecil yang Cemerlang di Piala Dunia 2022 

Talenta tak bisa dilihat hanya dari nama besar klub

Kesuksesan suatu tim sepak bola tidak bisa dilepaskan dari peran kiper atau penjaga gawang. Mereka adalah harapan terakhir pertahanan tim kala tak bisa menghalau lawan menyontekkan bola ke arah gawang.

Sosok kiper legenda yang bersinar pada masa aktifnya umumnya datang dari klub-klub besar. Sebut saja Oliver Kahn dan Manuel Neuer (Bayern Muenchen), Iker Casillas dan Thibaut Courtois (Real Madrid), atau Gianluigi Buffon (Juvetus).

Pada Piala Dunia 2022 Qatar ini, ternyata banyak penjaga gawang asal klub non-unggulan yang justru tampil impresif. Siapa saja mereka? Intip sederet fakta menarik penjaga gawang impresif pada Piala Dunia 2022 yang berasal dari klub kecil berikut ini, yuk!

1. Dominik Livakovic (Dinamo Zagreb)

5 Kiper dari Klub Kecil yang Cemerlang di Piala Dunia 2022 Dominik Livakovic (instagram.com/dominiklivakovic40)

Dominik Livakovic tengah jadi sorotan usai menggagalkan tiga penalti Jepang pada babak 16 besar Piala Dunia 2022. Berkat jasanya, Kroasia lolos ke perempat final. Livakovic menyamai rekor seniornya, Daniel Subasic, saat Kroasia menang adu penalti lawan Denmark di babak 16 besar Piala Dunia 2018 Rusia.

Menyandang status kiper utama Timnas Kroasia, Livakovic sebenarnya berasal dari klub medioker Eropa, Dinamo Zagreb. Ia belum pernah berkompetisi di liga top Eropa sejauh ini. 

2. Andries Noppert (SC Heerenveen)

5 Kiper dari Klub Kecil yang Cemerlang di Piala Dunia 2022 Andries Noppert (instagram.com/andriesnoppert)

Andries Noppert menjadi kiper andalan Belanda di Piala Dunia 2022 ini. Ia dipercaya Louis van Gaal untuk mengawal gawang tim Oranje sejak laga perdana dan baru kebobolan 2 gol dalam 4 pertandingan. Noppert juga sukses mencatatkan 2 kali clean sheet sejauh ini. 

Karier Noppert di klub ternyata tak sehebat penampilannya di Piala Dunia 2022. Ia tercatat sempat tidak memiliki klub selama enam bulan ketika keluar dari FC Dordrecht. Ia akhirnya mendarat di klub papan bawah Eredivisie, Go Ahead Eagles. Penampilannya yang membaik membuat klub papan tengah Heerenveen tertarik merekrutnya sejak awal musim 2022/2023. 

Baca Juga: 5 Kiper Spesialis Adu Penalti Piala Dunia, Pahlawan Tim!

3. Shuichi Gonda (Shimizu S-Pulse)

5 Kiper dari Klub Kecil yang Cemerlang di Piala Dunia 2022 Shuichi Gonda (instagram.com/shuichi33g)

Meski tak pernah mencatatkan clean sheet di Piala Dunia 2022, Shuichi Gonda bisa dibilang tampil impresif bersama Timnas Jepang. Ia mampu menahan gempuran bertubi-tubi dari penyerang Jerman dan Spanyol yang jadi lawannya di fase grup. 

Gonda tercatat sebagai kiper utama klub Shimizu S-Pulse yang berlaga di J-League sejak Januari 2022. Sebelumnya, ia pernah merumput di Liga Portugal bersama Portimonense selama dua musim.

4. Sergio Rochet (Club Nacional)

5 Kiper dari Klub Kecil yang Cemerlang di Piala Dunia 2022 Sergio Rochet (instagram.com/chinorochet93)

Sergio Rochet ditunjuk sebagai penjaga gawang utama Uruguay menggantikan Fernando Muslera. Meski baru ditunjuk pada 2022, ia sukses membuktikan kemampuannya dan jadi kiper utama La Celeste. Pada Piala Dunia 2022, ia mampu mencatatkan 2 clean sheet dan hanya kebobolan 2 gol. 

Aksi Rochet yang tidak bisa dilupakan dalam Piala Dunia ini ketika berhasil menepis penalti Ghana di laga terakhir penyisihan Grup H. Sayangnya, Uruguay akhirnya harus pulang lebih awal hanya karena kalah selisih produktivitas gol dari Korea Selatan. 

Sukses unjuk gigi di Piala Dunia 2022 ini, Rochet ternyata berstatus kiper Club Nacional. Meski tak begitu tersohor, Nacional adalah pemimpin klasemen sementara liga divisi pertama Uruguay saat ini. Sebelumnya, ia pernah membela klub Sivasspor (Turki) dan AZ Alkmaar (Belanda). 

5. Devis Epassy (Abha)

5 Kiper dari Klub Kecil yang Cemerlang di Piala Dunia 2022 Devis Epassy (instagram.com/devis.epassy)

Devis Epassy ditunjuk sebagai pengganti Andre Onana yang memutuskan pulang di tengah perhelatan Piala Dunia 2022. Meski awalnya diragukan karena kebobolan 3 gol kala bersua Serbia, Epassy sukses mengantarkan timnya tidak kebobolan kontra Brasil dan berakhir dengan kemenangan. 

Epassy ternyata hanya bermain untuk klub Arab Saudi, Abha, sejak 2022 ini. Ia tercatat pernah merumput di Liga Yunani bersama OFI Crete, PAS Lamia, dan APO Levadiakos. Sebelum itu, ia hanya bermain untuk klub divisi keempat Prancis dan Spanyol. 

Kelima penjaga gawang di atas bisa saja dapat tawaran dari klub besar usai Piala Dunia 2022, terutama mereka yang berhasil membawa timnya melaju jauh dalam turnamen empat tahunan ini. Siapa yang menurutmu menampilkan aksi-aksi paling impresif?

Baca Juga: 9 Kiper Cadangan yang Sempat Bermain di Piala Dunia 2022

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya