Viktor Tsygankov, Investasi Terbaik Girona pada 2022/2023

Bantu tim menembus sepuluh besar LaLiga

Girona bisa dibilang tim yoyo. Posisinya sering timbul tenggelam di liga kasta pertama dan kedua. Terakhir kali berlaga di LaLiga Spanyol pada 2018/2019, mereka baru berhasil kembali pada 2022/2023.

Musim perdana Girona setelah promosi dari LaLiga 2 melampaui ekspektasi. Tak hanya selamat dari ancaman degradasi, mereka bercokol di peringkat sepuluh besar. Girona bertukar nasib dengan Valencia yang terperosok ke papan bawah.

Seperti tim-tim lain yang menghuni bagian bawah piramida sepak bola, Girona tak punya daya untuk membeli pemain-pemain bintang berharga fantastis. Namun, sosok Viktor Tsygankov jadi rezeki tak terduga bagi mereka musim ini. Dengan harga yang relatif murah untuk ukuran pesepak bola modern, Tsygankov jadi pemain dengan kontribusi besar dalam tim.

1. Alumnus akademi Dynamo Kyiv yang sempat habiskan masa kecil di Israel 

Viktor Tsygankov, Investasi Terbaik Girona pada 2022/2023Viktor Tsygankov (instagram.com/viktortsygankov)

Meski berkebangsaan Ukraina, Tsygankov lahir di Israel. Karier ayahnya sebagai kiper di klub bernama Hapoel Tayibe menjelaskan hal ini. Kemungkinan besar, sang pemain menghabiskan masa kecilnya di sana sampai akhirnya sang ayah pensiun dan kembali ke Ukraina.

Tsygankov remaja berhasil lolos seleksi sebagai siswa akademi Dynamo Kyiv. Ia bertahan hingga menembus tim utama menjelang bergulirnya musim 2016/2017. Usianya masih 19 tahun, tetapi ia rutin diturunkan walaupun tidak bermain penuh waktu.

Pengalamannya di kompetisi Eropa pun tak bisa diremehkan. Pada musim debutnya bersama tim utama Dynamo, Tsygankov diturunkan dalam semua pertandingan fase grup UEFA Champions League (UCL). 

2. Andalan Dynamo Kyiv yang ditaksir klub papan tengah dan bawah English Premier League

Viktor Tsygankov, Investasi Terbaik Girona pada 2022/2023Viktor Tsygankov (instagram.com/viktortsygankov)

Sejak saat itu, ia selalu jadi pilihan utama pelatih Sergiy Rebrov. Torehan gol dan umpan per musimnya cukup memuaskan. Ini yang membuat posisinya aman meski klub melakukan pergantian pelatih beberapa kali. Total Tsygankov menyumbang 94 gol untuk Dynamo Kyiv.

Sejalan dengan kariernya yang cemerlang di klub, panggilan Timnas Ukraina pun datang dengan sendirinya. Sejak 2016, Tsygankov sudah jadi andalan timnas untuk berbagai pertanding krusial, termasuk kualifikasi Piala Dunia, Piala Eropa, dan UEFA Nations League. Ia hanya absen bila mengalami cedera.

Kontribusinya di klub dan timnas dirasa cukup untuk menarik minat klub lain di Eropa. Beberapa klub papan bawah dan tengah kasta tertinggi Liga Inggris dikabarkan sempat tertarik memboyongnya dari Kyiv pada jendela transfer musim panas 2022. Namun, tak satu pun yang terealisasi.

Baca Juga: Borna Sosa, Pembelot yang Jadi Pahlawan Kroasia

3. Girona mendapatkan tanda tangannya pada Januari 2023

Viktor Tsygankov, Investasi Terbaik Girona pada 2022/2023Viktor Tsygankov (instagram.com/gironafc)

Girona akhirnya mendapatkan tanda tangan sang pemain. Mereka mengikat Tsygankov dengan kontrak 4 tahun hingga akhir musim 2026/2027. Ditebus dari Dynamo Kyiv dengan harga 5 juta euro (Rp81,2 miliar), Girona bisa dibilang tak perlu merogoh kocek dalam-dalam.

Harga ini sebenarnya standar untuk pemain-pemain asal Eropa Timur. Namun, bila merujuk harga rata-rata pemain yang dibeli klub liga top Eropa, itu angka yang tak seberapa. Bandingkan dengan Mykhailo Mudryk yang dibeli Chelsea dengan harga 70 juta euro (Rp1,1 triliun).

4. Dalam 7 pertandingan, Tysgankov mencetak 3 gol dan 3 assist untuk Girona

Viktor Tsygankov, Investasi Terbaik Girona pada 2022/2023Viktor Tsygankov (instagram.com/viktortsygankov)

Harga itu juga melebihi ekspektasi klub kepadanya. Tsygankov dicadangkan dalam dua pertandingan pertama Girona sejak ia bergabung. Pada dua pertandingan berikutnya, ia diturunkan sebagai pemain pengganti. 

Baru pada pertandingan kelima melawan UD Almeria, Tsygankov diturunkan sebagai starter. Ia menyumbang 1 gol dan 1 umpan saat itu. Kehadirannya pada dua laga berikutnya juga berdampak baik. Ia menyumbang masing-masing satu umpan kala Girona bersua Athletic Bilbao dan Getafe.

Sinarnya sempat meredup saat Girona ditekuk Atletico Madrid 0-1. Namun, ia kembali memukau dengan mencetak brace saat melawan Rayo Vallecano. Dalam 7 pertandingan sebagai starter di Girona, Tsygankov menyumbang 3 gol dan 3 assist.

5. Pembelian terbaik Girona FC 2022/2023?

Viktor Tsygankov, Investasi Terbaik Girona pada 2022/2023Viktor Tsygankov (instagram.com/viktortsygankov)

Melansir statistik Soccerment, sejauh ini Tsygankov sudah menciptakan total 25 peluang di LaLiga. Ia berhasil melepas 13 tembakan dan 6 di antaranya mengarah ke gawang. Rasio akurasi operannya mencapai 72,9 persen dan rasio kesuksesannya saat menggiring bola 69,2 persen. 

Walau pada 7 pertandingan berikutnya, Tsygankov hanya menciptakan 1 umpan, ia bermain penuh waktu dan berkontribusi dalam peraihan poin Girona di LaLiga. Dari 7 pertandingan itu pula, Girona meraih 5 kemenangan, 1 seri, dan hanya 1 kekalahan. Itu semua berdampak besar dalam mempertahankan posisi Girona di peringkat sepuluh besar LaLiga 2022/2023. 

Sepertinya tidak berlebihan bila Tsygankov dijuluki investasi terbaik Girona musim ini. Ia bisa masuk dalam daftar pemain yang dibeli murah, tetapi kontribusinya signifikan untuk klub baru. Kvhicha Kvaratskhelia termasuk di dalamnya. Kira-kira siapa lagi yang menurutmu layak disebut pembelian terbaik klub Eropa musim ini?

Baca Juga: RB Salzburg Diam-diam Jadi Penyedia Pemain Terbesar di Timnas Austria

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya