Manuel Neuer Terancam Tidak Bisa Main di Piala Dunia

Tapi tenang, ada banyak penggantinya yang tak kalah hebat!

Kiper Tim Nasional Jerman dan Bayern Muenchen Manuel Neuer terancam gagal bermain di Piala Dunia 2018 akibat cedera patah telapak kaki yang dialaminya sejak bulan April 2017 lalu. Manuel Neuer diprediksi baru akan pulih dari cedera di akhir musim 2017-2018.

Jika sembuh sebelum Piala Dunia, Neuer juga diragukan kapabilitasnya karena cukup riskan menurunkan kiper yang baru pulih untuk dimainkan di ajang sebesar World Cup. Ditambah soal sedikitnya jam terbang karena sejak awal musim ini Neuer belum sekalipun turun bermain bersama Muenchen atau Timnas Jerman.

Dengan kondisi yang dialami Neuer akan membuat pelatih Timnas Jerman, Joachim Loew berpikir ulang untuk membawanya ke Rusia dan pasti akan memilih kiper lain yang banyak bermain untuk klubnya musim ini seperti Andre Ter Stegen (Barcelona) dan Bernd Leno (Bayern Leverkusen).    

Cedera Neuer dialaminya saat sesi latihan di akhir musim lalu

Manuel Neuer Terancam Tidak Bisa Main di Piala Duniafcbayern.com

Cedera patah telapak kaki kiri yang diderita Neuer pertama kali dialami saat sesi latihan di akhir musim lalu. Hal tersebut membuat Neuer harus mengakhiri musim 2016-2017 lebih cepat.

Kondisi itu juga memaksa kiper berusia 31 tahun ini harus absen membela Timnas Jerman di Piala Konfederasi 2017. Untuk menggantikan posisinya, Joachim Loew memanggil kiper Barca Andre Ter Stegen untuk mengisi posisi lowong yang ditinggalkan Neuer.

Kemudian di masa persiapan musim 2017-2018 di bulan September, Neuer sudah dinyatakan sembuh oleh tim medis Muenchen dan ia telah terlihat dilapangan untuk berlatih bersama rekan-rekanya. Namun kehendak berkata lain, cedera patah kakinya kambuh lagi hingga membuatnya harus absen bermain hingga kini.

Absenya Neuer memaksa Muenchen memanggil lagi kiper gaeknnya yang telah pensiun akhir musim lalu

Manuel Neuer Terancam Tidak Bisa Main di Piala Duniafcbayern.com

Akibat cedera yang mendera Neuer membuat Bayern Muencehen harus menurunkan kiper cadangan Sven Ulreich. Tentu saja kualitas Ulreich tidak sebagus Neuer. Alhasil Muenchen tidak mendapatkan stabilitas di posisi kiper dan fans Muenchen sangat meragukan kualitas Ulreich.

Bahkan Die Roten memanggil kembali Tom Starke yang sudah menyatakan pensiun musim lalu. Kiper berusia 36 tahun itu untuk dimasukkan Ancelotti untuk memembantu mengisi kekurangan tenaga di posisi penjaga gawang.

Untuk itu, sebagai solusi jangka pendek Muenchen melakukan manuver untuk merekrut kiper pengganti sementara Neuer. FC Bayern kemudian mencoba membeli Andre Ter Stegen namun ditolak mentah-mentah oleh klubnya Barcelona.

Alternatif lainya adalah kiper AC Milan Gianluigi Donnaruma. Bayern Muenchen mencoba memanfaatkan kondisi Donnaruma yang sekarang jadi pesakitan di Milan karena menolak perpanjangan kontrak. Masalah itu kemudian membuat Donnaruma dibenci suporter yang membuatnya semakin tidak betah ada di Milan. 

 

 

Tapi beda cerita dengan Timnas Jerman yang tidak terlalu pusing dengan cederanya Neuer

Manuel Neuer Terancam Tidak Bisa Main di Piala Duniadfb.de

Jika absenya Neuer membuat pusing Muenchen, lain halnya dengan Timnas Jerman. Sejauh ini Andre Ter Stegen sebagai penggantinya tampil baik di mistar gawang Der Panzer dengan mengantarkan Jerman menjuarai Piala Konfederasi 2017 setelah mengalahkan Cile di final.

Di kualifikasi Piala Dunia 2018 penampilan Ter Stegen cukup stabil. Kiper berusia 25 tahun ini hanya kebobolan 2 gol dalam 5 pertandingan kualifikasi yang dijalaninya, melakukan 7 kali penyelamatan, dan tingkat akurasi pasingnya yang mencapai 96 persen.

Dengan penampilan yang bagus dari Ter Stegen membuat publik sepakbola Jerman untuk tidak perlu khawatir jika Neuer batal tampil di Piala Dunia 2018.

Seperti yang dikatakan mantan pelatih Muenchen dan Dortmund, Ottmar Hitzfield yang mengatakan memang sulit mencari pengganti kiper seperti Neuer tapi ada banyak kiper Jerman yang bisa menggantikanya.

"Joachim Loew sudah membuat prestasi dengan membangun generasi pemain muda, serta tetap menghargai pilar senior. Dia melakukannya dengan sangat baik," kata Hitzfeld seperti yang dikutip dari Sport Bild.

Begitu juga dengan legenda Muenchen Oliver Kahn yang berujar bahwa Jerman selalu mempunyai kiper tangguh meskipun pilihan utama berhalangan main. Kahn juga memberi dukungan kepada Stegen untuk jadi kiper utama Jerman di Piala Dunia 2018 jika Neuer masih cedera.

"Jadi, saya juga akan percaya Andre Ter Stegen bisa diandalkan apabila Neuer tidak dapat pulih tepat waktu untuk bermain bagus di Piala Dunia," ucap Kahn dari berita yang ditulis Omnisport.

Selain Ter Stegen, Jerman juga masih punya kiper lain yang kualitasnya tidak perlu diragukan lagi seperti Bernd Leno, Kevin Trapp, atau kiper muda  FC Cologne yang sukses mengantar Jerman ke final Olimpiade 2016 Timo Horn.

Dwiki Libra Photo Verified Writer Dwiki Libra

https://serigala-bola.blogspot.com/

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya