Naik Kasta, Persebaya Juara Liga 2 Usai Tumbangkan PSMS Medan 3-2

Mana suaranya Bonek Mania? Selamat ya...

Persebaya Surabaya berhasil meraih juara Liga 2 2017 setelah mengalahkan lawannya PSMS Medan di final dengan skor 3-2 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung (28/11/2017).

Kemenangan menjadi pelengkap kebahagiaan Bajul Ijo setelah di hari Sabtu kemarin Irfan Jaya dkk memastikan diri promosi ke Liga 1 musim depan.

Dengan berakhirnya Liga 2 musim ini, berarti ada tiga tim yang naik kasta ke Liga 1. Yaitu Persebaya sebagai juara Liga 2, PSMS Medan yang menjadi runner-up, dan PSIS Semarang sebagai juara tiga setelah di perebutan tempat ke-3 mengalahkan Martapura FC dengan skor 6-4.

Ketiga tim yang promosi itu menggantikan tiga tim Liga 1 yang terdegradasi yaitu Semen Padang, Persiba Balikpapan, dan Persegres Gresik.

Jalannya pertandingan.

Naik Kasta, Persebaya Juara Liga 2 Usai Tumbangkan PSMS Medan 3-2persebaya.id

Pertandingan dua tim bersejarah di era perserikatan ini memang berjalan ketat dan keras, seperti yang sudah diramalkan khalayak pencinta sepak bola tanah air.

Benar saja. Baru dua menit pertandingan berjalan Rishadi Fauzi berhasil mencetak gol pertama di pertandingan ini dan membawa Bajul Ijo unggul 1-0.

Enam menit PSMS membalas dan merubah skor menjadi 1-1 setelah Made Wirahadi sukses melesakkan gol dari titik putih menit ke-8'.

PSMS kemudian berbalik unggul di menit 36' hasil dari tendangan bebas gledek Roni Fatahillah yang membuat kiper Persebaya Miswar Saputra tidak berkutik.

Beruntung Persebaya mendapatkan penalti dari wasit karena kapten Rendy Irwan dijatuhkan pemain PSMS di kotak penalti. Irfan Jaya yang bertugas mengeksekusi tendangan penalti memang sempat gagal melakukan tugasnya karena sepakannya ditepis kiper PSMS.

Beruntung bola rebound masih bisa dimanfaatkan Irfan menjadi gol dan membuat skor imbang 2-2 sampai babak pertama berakhir.

Di babak kedua, masing-masing tim tidak melakukan pergantian pemain dan tempo permainan masih tetap cepat dan berjalan keras yang beberapa kali menimbulkan keributan antar pemain.

Beruntung pemain dari kedua pemain masih bisa mengontrol emosi dengan baik. Sampai babak kedua berakhir skor masih imbang 2-2 yang memaksa untuk dilakukan perpanjangan waktu.

Pada babak tambahan pelatih Alfredo Vera memasukkan Ricky Kayame untuk menggantikan Rishadi Fauzi yang cedera. Masuknya pemain asal Papua ini berpengaruh secara signifikan kepada ketajaman serangan Green Army yang sering mengancam pertahanan Ayam Kinantan.

Hasilnya di awal babak tambahan Irfan Jaya membuat gol berkat assist Ricky Kayame dimana Irfan memanfaatkan dengan baik umpan dari Ricky dan menceploskan bola ke pojok kiri gawang PSMS Medan. Persebaya unggul 3-2.

Di sisa waktu babak tambahan, PSMS mencoba menyamakan skor dan mereka mendapat peluang emas karena bek Persebaya membuat kesalahan.

Namun Made Wirahadi yang tinggal berhadapan dengan kiper gagal mengkonversikan bola menjadi gol dan sampai peluit akhir dibunyikan skor akhir 3-2 tidak berubah untuk kemenangan Persebaya Surabaya.

Irfan Jaya menjadi pemain terbaik Liga 2 2017.

Naik Kasta, Persebaya Juara Liga 2 Usai Tumbangkan PSMS Medan 3-2persebaya.id

Persebaya Surabaya berhasil menjuarai Liga 2 musim ini berkat kerja keras seluruh anggota tim. Namun ada satu nama yang mesti diberikan apresiasi lebih. Yaitu Irfan Jaya yang tadi malam berhasil menyabet gelar pemain terbaik Liga 2 selama satu musim.

Irfan "The Flash" Jaya merupakan pemain kunci tim Bajul Ijo atas kesuksesan mereka di Liga 2 2017. Di pertandingan final semalam pemain asal Bantaeng, Sulawesi Selatan ini menciptakan dua gol dan satu assist. Total selama satu musim Irfan sudah mencetak 9 gol dan 6 assist dalam 20 kali bermain.

Kecepatannya yang di atas rata-rata memang menjadi senjata andalanya untuk menaklukkan kerasnya kompetisi Liga 2. Puncaknya di partai final yang membuat para pemain PSMS terus disiksa sepanjang pertandingan untuk menjaga pemain berusia 21 tahun ini.

Mungkin Luis Milla sebagai pelatih nasional Indonesia senior dan U-23 bisa mencoba pemain cepat satu ini untuk mengisi posisi sayap di Tim Garuda. Apalagi usianya baru 21 tahun yang masih memenuhi syarat untuk memperkuat timnas U-23 menghadapi Asian Games tahun depan.

Berikut highlights pertandingan final liga 2 antara Persebaya Surabaya VS PSMS Medan.

Selamat Persebaya!

Dwiki Libra Photo Verified Writer Dwiki Libra

https://serigala-bola.blogspot.com/

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya