5 Pemain Dibeli Barcelona denga Harga Paling Mahal

Pembelian termahal sepanjang sejarah klub

Barcelona merupakan salah satu klub bersejarah. Tidak sedikit pemain-pemain berkelas dunia pernah bergabung bersama tim asal Spanyol tersebut. Barcelona juga tidak tanggung-tanggung untuk mendatangkan pemain hebat dan mahal selama bursa transfer.

Berikut adalah lima pemain yang pernah didatangkan Barcelona dari berbagai klub dengan banderol tinggi. Lima pemain ini memuncaki daftar pemain mahal yang pernah menandatangi kontrak sepanjang sejarah pembelian Barcelona.

1. Philippe Countinho

5 Pemain Dibeli Barcelona denga Harga Paling Mahalpotret Philippe Countinho (instagram.com/phil.coutinho)

Sebelum bergabung bersama Barcelona, Philippe Countinho adalah gelandang Liverpool yang bermain dengan sangat cemerlang hingga melambungkan namanya. Barcelona tertarik memboyong Countinho ke Camp Nou dari Liverpool pada bursa transfer musim dingin Januari 2018 dengan banderol super fantastis 135 juta euro. 

Namun, penampilan Countinho untuk Barcelona dinilai masih kurang sesuai dengan ekspektasi. Countinho belum mampu menunjukkan performa seperti kala ia menjadi penggerak serangan Liverpool. Countinho kemudian dipinjamkan selama satu musim ke Bayern Munchen. Uniknya, bersama Bayern Munchen, Countinho bisa merasakan gelar Liga Champions 2019/2020. Musim ini ia kembali berseragam Barcelona.

2. Ousmane Dembele

5 Pemain Dibeli Barcelona denga Harga Paling Mahalpotret Ousmane Dembele (instagram.com/o.dembele7)

Ousmane Dembele dibawa Barcelona dengan harga mahal 135 juta euro dari Borussia Dortmund pada 2017 lalu. Penyerang asal Prancis ini didatangkan untuk menggantikan Neymar Jr yang dijual ke raksasa Prancis, Paris Saint-Germain.

Pada musim pertamanya bersama Barcelona, Dembele mengalami cedera dan harus absen membela Barcelona dalam waktu cukup lama. Tidak hanya sekali, tetapi selama kontrak 5 tahun bersama Barcelona, Dembele lebih sering cedera dibanding turun ke lapangan. Kontrak Dembele akan berakhir pada akhir musim 2021/2022 mendatang.

Baca Juga: 5 Pemain Prancis yang Dibeli Mahal oleh Barcelona, Banyak yang Gagal!

3. Antoine Griezmann

5 Pemain Dibeli Barcelona denga Harga Paling Mahalpotret Antoine Griezmann (instagram.com/antogriezmann)

Barcelona rela menggelontorkan dana sebesar 120 juta euro untuk membeli Antoine Griezmann dari Atletico Madrid pada Juli 2019. Pada 2019/20, musim pertamanya bersama Barcelona, Griezmann berhasil menyumbangkan 15 gol dan 4 assist berdasarkan data statistik pemain dari Transfermrkt

Dua musim membela Barcelona, ia dikembalikan ke Atletico Madrid dengan status pemain pinjaman selama satu musim hingga Juli 2022. Pada akhir musim 2021/2022 mendatang, bukan tidak mungkin Atletico Madrid akan membeli kembali pemain berusia 30 tahun tersebut, karena opsi pembelian tercantum pada kontrak. Sedangkan, bersama Barcelona, kontrak Griezmann sebenarnya baru berakhir pada 2024 mendatang.

4. Neymar Jr

5 Pemain Dibeli Barcelona denga Harga Paling Mahalpotret Neymar Jr (instagram.com/neymarjr)

Nama Neymar sudah melambung sejak lama berkat kemampuan yang dimiliki oleh pemain asal Brasil tersebut. Sejak bermain di Santos, Neymar merupakan wonderkid yang menjadi target perburuan para klub elite Eropa hingga akhirnya berlabuh ke Camp Nou. 

Barcelona berhasil mendatangkan pemain fenomenal ini dengan harga 88 juta euro pada 2013. Itu merupakan sebuah harga yang fantastis untuk pemain berusia 21 tahun. Bersama Lionel Messi dan Luis Suarez, Neymar menjelma menjadi trio penyerang mematikan untuk tim. 

Tahun 2017, Neymar kembali menggegerkan dunia sepak bola dengan memegang rekor sebagai pemain termahal yang pernah terjadi pada bursa transfer. Paris Saint-Germain berani membeli Neymar dengan harga 222 juta euro.

5. Frenkie de Jong

5 Pemain Dibeli Barcelona denga Harga Paling Mahalpotret Frenkie De Jong (instagram.com/frenkiedejong)

Terbaru adalah Frenkie de Jong, gelandang asal Belanda yang diboyong Barcelona dari Ajax pada 2019 dengan harga 86 juta euro. Frenkie de Jong merupakan pemain yang diproyeksikan menjadi skuad kunci masa depan Barcelona. Frenkie de Jong bersedia menandatangani kontrak jangka panjang hingga 2026. 

Sepanjang pertandingan yang dilakoni Barcelona, Frenkie De Jong hampir selalu bermain penuh selama 90 menit. Pada 2021/2022, ia berhasil mencetak 1 gol dan 2 assist. Melihat penampilan yang baik dan konsisten yang disuguhkan oleh pemain 21 tahun ini, bukan tidak mungkin kontribusi kepada Barcelona akan makin besar.

Pemain yang dibeli dengan harga mahal tentu sebanding dengan ekspektasi klub bahwa mereka akan memberikan kontribusi yang sangat luar biasa dan akan terus tampil cemerlang untuk setiap laga yang dimainkan. Namun, tidak semua pemain mahal mampu memberikan hasil yang diinginkan oleh manajemen klub.

Baca Juga: 5 Pemain Baru Premier League yang Dibeli dengan Harga Terlalu Mahal

Eka Laura Ferdianti Photo Verified Writer Eka Laura Ferdianti

Practice Makes Perfect

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya