5 Pemain Polandia yang Merumput di EPL 2022/2023, Ada Bek Baru Arsenal

Banyak yang bermain di lini belakang

Jika berbicara sepak bola Polandia, maka yang biasa terlintas adalah nama Robert Lewandowski. Wajar saja, penyerang kelas dunia itu pernah membela klub-klub top Eropa, seperti Borussia Dortmund, Bayern Munich, hingga kini Barcelona.

Terlepas darinya, tak sedikit pemain Polandia yang memiliki karier cemerlang. Beberapa bahkan tengah berkarier di English Premier League (EPL) yang merupakan salah satu liga terbaik di dunia.

Lantas, siapa pemain Polandia yang merumput di EPL 2022/2023?

1. Lukasz Fabianski

5 Pemain Polandia yang Merumput di EPL 2022/2023, Ada Bek Baru ArsenalLukasz Fabianski (instagram.com/lukasz.fabianski)

Lukasz Fabianski merupakan kiper berpengalaman di Premier League. Ia telah merasakan atmosfer Liga Inggris sejak 2007/2008. Selama itu, dirinya pernah bergabung dengan Arsenal, Swansea City, dan West Ham United.

Musim 2022/2023 menjadi musim keempatnya bersama West Ham setelah bergabung pada musim panas 2019. Selama 4 musim itu, dirinya selalu menjadi pilihan utama di bawah mistar gawang The Hammers meskipun usianya sudah tak lagi muda.

2. Matty Cash

5 Pemain Polandia yang Merumput di EPL 2022/2023, Ada Bek Baru ArsenalMatty Cash (instagram.com/mattycash622)

Matty Cash berhasil naik kasta dari Championship ke Premier League semenjak direkrut Aston Villa dari Nottingham Forest pada 2020/2021. Aston Villa rela merogoh kocek sebesar 15,7 juta euro atau setara Rp273 milliar untuk mendapatkan jasanya.

Sang pemain pun mampu membuktikan kualitasnya sesuai dengan harga. Ia dipercaya sebagai bek kanan utama The Villains. Hingga saat ini, pemain 25 tahun itu telah menjalani 87 laga dengan mencetak 4 gol dan 6 assist disemua kompetisi.

Baca Juga: 5 Manajer dengan Tingkat Kemenangan Tertinggi di Premier League

3. Jan Bednarek

5 Pemain Polandia yang Merumput di EPL 2022/2023, Ada Bek Baru ArsenalJan Bednarek (instagram.com/janbednarek_)

Pada musim panas 2017, Southampton merekrut Jan Bednarek dari klub Polandia, Lech Poznan. Southampton hanya membayar 6,4 juta euro atau setara Rp104 milliar untuk memboyong bek tengah itu ke St Mary's Stadium.

Penampilannya makin meningkat dari musim ke musim. Bahkan, ia sempat dipinjamkan ke Aston Villa pada September 2022. Namun, pada Januari 2023 lalu, Southampton memulangkannya kembali lantaran membutuhkan jasanya untuk membantu tim yang sedang berjuang di zona degradasi.

4. Jakub Moder

5 Pemain Polandia yang Merumput di EPL 2022/2023, Ada Bek Baru ArsenalJakub Moder (instagram.com/kubamoder)

Jakub Moder merupakan gelandang asal Polandia yang kini membela salah satu tim kuda hitam Premier League, Brighton & Hove Albion. Dirinya direkrut The Seagulls dari Lech Poznan pada 2020 dengan biaya 11,6 juta euro atau setara Rp191 miliiar.

Ia menjadi salah satu pemain andalan di lini tengah Brighton sejak bergabung. Namun, pemain 23 tahun itu harus absen sementara lantaran cedera. Moder mengalami cedera ACL sehingga absen dalam waktu yang cukup lama.

5. Jakub Kiwior

5 Pemain Polandia yang Merumput di EPL 2022/2023, Ada Bek Baru ArsenalJakub Kiwior (instagram.com/j.kiwior)

Arsenal mendapatkan suntikan tenaga baru pada bursa transfer musim dingin 2023. The Gunners merekrut salah satu bek muda berbakat, Jakub Kiwior. Ia didatangkan dengan biaya 25 juta euro atau sekitar Rp400 milliar dari salah satu klub Serie A Italia, Spezia Calcio.

Meskipun begitu, pemain 22 tahun itu harus berjuang keras agar mendapat kepercayaan mengisi satu tempat di starting eleven. Pasalnya, ia harus bersaing dengan bek-bek tangguh, seperti William Saliba, Gabriel Megalheas, dan Ben White.

Mereka sedang menjalani ketatnya persaingan di EPL dengan situasi berbeda-beda. Bahkan, salah satunya tengah berjuang di zona degradasi. Menarik untuk dilihat, seperti apa kiprah mereka bersama timnya hingga akhir musim nanti?

Baca Juga: 8 Pelatih yang Kehilangan Pekerjaan di Premier League 2022/2023

Muhammad Faisal Ramadhan Photo Verified Writer Muhammad Faisal Ramadhan

terus melangkah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya