Comscore Tracker

Bak Dongeng, 5 Kisah Klub 'Medioker' Liga Inggris Berhasil Jadi Juara

Tidak pernah diprediksi!

Menjadi juara tentunya menjadi kebanggaan bagi semua klub sepak bola yang ada di muka bumi. Tapi, pernahkah kamu mendengar kisah tentang klub semenjana yang berhasil menjadi juara?

Ibarat dongeng Cinderella, mereka yang awalnya diremehkan berhasil mengejutkan dan sukses menambah koleksi lemari trofi mereka. Penasaran? Yuk, simak kisah klub "medioker" di ranah sepak bola Inggris yang berhasil jadi juara. Bak dongeng!

1. Leicester City juara Premier League musim 2015/2016

Bak Dongeng, 5 Kisah Klub 'Medioker' Liga Inggris Berhasil Jadi Juaratalksport.com

Tidak ada yang mengira jika Leicester City akan menjadi sang jawara Premier League Inggris musim 2015/2016. Vardy dkk bahkan diprediksi memiliki peluang "5000 banding 1" atau bisa disebut mustahil untuk memenangkan kompetisi tersebut.

Namun siapa sangka fakta di lapangan berkata lain, klub yang bermarkas di King Power Stadium tersebut berhasil menjadi juara dengan total 81 poin. Performa buruk dari para klub besar lainnya di musim tersebut, secara tidak langsung membuat The Foxes berhasil menuliskan dongeng ajaib versi mereka.

Saat itu, Leicester City dilatih oleh pelatih berpengalaman yaitu Claudio Ranieri, dan dihuni para pemain yang menjadi bintang saat ini seperti N'golo Kante, Riyad Mahrez, Kasper Schmeichel, dan tentu saja Jamie Vardy.

2. Wigan Athletic juara Piala FA musim 2012/2013

Bak Dongeng, 5 Kisah Klub 'Medioker' Liga Inggris Berhasil Jadi Juarawiganathleticsupportersclub.co.uk

Selanjutnya adalah Wigan Athletic yang berhasil mengejutkan saat menjadi juara Piala FA di musim 2012/2013. Tak tanggung-tanggung, klub berjuluk The Latics berhasil mengalahkan klub kaya raya Manchester City dalam laga yang digelar di Wembley Stadium.

Selain mengakhiri penantian panjang 81 tahun untuk mendapatkan trofi, Wigan juga berhasil mengamankan satu tiket menuju kompetisi Liga Europa. Uniknya, di musim yang sama saat mereka juara FA Cup, Wigan juga terdegradasi dari Premier League.

Baca Juga: Unik, 5 Klub Ini Juara Lalu Terdegradasi di Musim yang Sama Lho

3. Blackburn Rovers juara Premier League musim 1994/1995

Bak Dongeng, 5 Kisah Klub 'Medioker' Liga Inggris Berhasil Jadi Juaraskysports.com

Sebelum dongeng Leicester City, pencinta sepak bola sudah lebih dahulu dikejutkan ketika Blackburn Rovers berhasil menjadi juara Premier League pada musim 1994/1995. The Rovers sukses mengalahkan Manchester United dalam perburuan gelar yang berlangsung sengit.

Tidak berbeda jauh dengan Leicester City, The Rovers juga tidak memiliki skuad yang mapan, mereka hanya mengandalkan duet striker maut saat itu, Shearer dan Sutton (SAS).

4. Birmingham City juara Piala Carling musim 2010/2011

Bak Dongeng, 5 Kisah Klub 'Medioker' Liga Inggris Berhasil Jadi Juarafootballleagueworld.co.uk

Pada musim 2010/2011, klub asal kota Birmingham ini berhasil mengejutkan pencinta sepak bola, khususnya fans Arsenal. Tidak disangka, Birmingham City berhasil menjadi juara Piala Liga (Carling) di musim tersebut.

Kemenangan tersebut membuat The Blues akhirnya melepaskan dahaga trofi sejak tahun 1963 dan mengunci satu tiket menuju Liga Europa musim berikutnya.

5. Portsmouth juara Piala FA musim 2007/2008

Bak Dongeng, 5 Kisah Klub 'Medioker' Liga Inggris Berhasil Jadi Juaraalamy.com

Kompetisi sepak bola tertua di dunia, Piala FA kembali mengejutkan pencinta sepak bola pada musim 2007/2008. Portsmouth berhasil menumbangkan Manchester United di babak perempat final sebelum akhirnya mengalahkan Cardiff City 1-0 di laga puncak.

 

Well, itulah lima klub "medioker" Liga Inggris yang sempat mengejutkan karena berhasil menjadi juara. Bak cerita dongeng, hal tersebut terjadi tentunya dengan kerja keras para pemain dan staf pelatih, tak lupa juga keberuntungan yang memang berpihak kepada mereka. Kisah dongeng mana yang jadi favoritmu, nih?

Baca Juga: 5 Klub 'Kuda Hitam' di Liga Inggris yang Mulai Terlupakan, Kamu Ingat?

Faiz Irsyad Photo Verified Writer Faiz Irsyad

football and movie addict☺

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya