6 Klub Championship yang Berpotensi Promosi ke EPL Musim Depan

Kira-kira klub mana saja, nih?

Kompetisi EFL Championship atau yang lebih dikenal dengan nama Sky Bet Championship karena sponsor, merupakan kompetisi sepak bola kasta kedua di Inggris. Telah memasuki pekan ke-35, perlahan mulai terlihat klub mana saja yang tampil konsisten dan berpeluang mendapatkan tiket untuk naik kasta ke Premier League.

Meskipun bukan kompetisi kasta tertinggi, tak jarang kita disuguhi pertandingan yang seru dalam mendapatkan tiket promosi. Well, berikut ini enam klub yang berpotensi naik kasta ke Premier League musim 2022/23. Yuk, simak!

1. Fulham

6 Klub Championship yang Berpotensi Promosi ke EPL Musim DepanSelebrasi para pemain Fulham setelah mencetak gol. (telegraph.co.uk)

Fulham musim lalu harus terdegradasi karena hanya berada di posisi ke-18, kini menjadi kandidat terkuat untuk kembali promosi. The Cottagers tampil sangat dominan sepanjang musim 2021/22.

Dari 33 pertandingan yang telah dijalani, Fulham sudah mengumpulkan 70 poin dan menjadi yang tersubur dengan mencetak 82 gol. Terpaut 11 poin dari jatah promosi otomatis, mereka juga masih menyimpan 2 laga tunda yang berpotensi semakin menjauhkan mereka.

2. Bournemouth

6 Klub Championship yang Berpotensi Promosi ke EPL Musim DepanJefferson Lerma, Dominic Solanke, dan Ryan Christie menjadi tiga nama kunci Bournemouth. (skysports.com)

Terakhir kali Bournemouth berada di kasta tertinggi adalah musim 2019/20. Kala itu, mereka terdegradasi karena berada di posisi ke-18 dan hanya selisih 1 poin saja dari Aston Villa.

Kini, asa Bournemouth untuk kembali ke Premier League terbuka sangat lebar. Mengumpulkan 61 poin, mereka kini duduk nyaman di posisi ke-2 klasemen sementara. Selain itu, The Cherries juga masih menyimpan 4 laga tunda dibandingkan Huddersfield Town yang berada persis di bawah mereka.

Baca Juga: 5 Pemain Divisi Championship Ini Bisa Jadi Buruan Klub Premier League

3. Huddersfield Town

6 Klub Championship yang Berpotensi Promosi ke EPL Musim DepanPotret duel sengit Huddersfield Town di Championship. (skysports.com)

Berada di bibir jurang degradasi Championship musim 2020/21, Huddersfield Town musim ini tampil luar biasa mengejutkan dengan sukses berada di zona play-off, yaitu peringkat 3.

The Terriers mengumpulkan 59 poin, hasil dari 16 kemenangan, 11 hasil imbang, dan 8 kekalahan hingga pekan ke-35, atau hanya selisih 2 poin saja dari Bournemouth yang berada di zona promosi otomatis.

4. Blackburn Rovers

6 Klub Championship yang Berpotensi Promosi ke EPL Musim DepanBlackburn Rovers tampil konsisten sepanjang musim 2021/22. (skysports.com)

Tampil tak terlalu menjanjikan sepanjang musim lalu, Blackburn Rovers kini menjadi salah satu kandidat yang berpeluang mendapatkan tiket promosi ke Premier League.

Memiliki 57 poin hasil dari 16 kemenangan, 9 hasil imbang, dan 9 kekalahan, membuat The Rovers menjaga asa mereka untuk kembali ke kasta tertinggi sejak tahun 2012.

5. Queens Park Rangers

6 Klub Championship yang Berpotensi Promosi ke EPL Musim DepanSelebrasi para pemain Queens Park Rangers. (skysports.com)

Klub asal kota London, Queens Park Rangers (QPR), menjadi klub selanjutnya yang berpotensi meraih tiket promosi. The Rs saat ini berada di posisi ke-5 dengan raihan 56 poin.

Klub yang bermarkas di Loftus Road ini memiliki statistik 16 kali kemenangan, 8 hasil imbang, dan 10 kekalahan dari 34 laga yang telah mereka jalani.

6. Luton Town

6 Klub Championship yang Berpotensi Promosi ke EPL Musim DepanLuton Town tampil mengejutkan sepanjang musim 2021/22. (skysports.com)

Tak ada yang mengira jika klub papan tengah Championship musim lalu, Luton Town, mampu bersaing untuk memperebutkan jatah promosi menuju Premier League.

Klub berjuluk The Hatters ini berada di posisi 6 klasemen sementara. Mereka berhasil mengumpulkan 54 poin, hasil dari 15 kemenangan, 9 hasil imbang serta 9 kekalahan.

 

Dengan menyisakan kurang lebih 10 pertandingan dan sejumlah laga tunda, tentunya masih banyak drama yang akan terjadi di Championship. Menurutmu, mana yang akan promosi ke Premier League musim depan?

Baca Juga: Aleksandar Mitrovic Pecahkan Rekor Gol Divisi Championship

Faiz Irsyad Photo Verified Writer Faiz Irsyad

football and movie addict! | linktr.ee/faizirsyad15

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya