Solidaritas Amerika Latin: Chapecoense Juara Copa Sudamericana!

Sebuah bentuk penghormatan...

Konfederasi Sepak Bola Amerika Latin atau CONMEBOL resmi memberikan gelar juara Copa Sudamericana 2016, kepada tim asal Brasil, Chapecoense FC. Seperti dikutip ESPNFC.com, gelar juara kompetisi level dua antar klub Amerika Latin tersebut diberikan sebagai penghormatan terhadap para pemain dan staf yang wafat akibat kecelakaan pesawat beberapa waktu lalu.

Selain mendapatkan piala, tim itu juga berhak atas uang sebesar 2 juta Dollar AS atau sekitar 26 miliar rupiah. Selain itu, CONMEBOL juga mengganjar klub Atletico Nacional yang merupakan lawan Chape di final dengan  penghargaan tim paling fairplay. Atletico mendapatkan hadiah sebesar 1 juta Dollar AS (13 miliar rupiah.

Chape lolos ke Copa Libertadores.

Solidaritas Amerika Latin: Chapecoense Juara Copa Sudamericana!twitter.com/CONMEBOL

Presiden klub Chapecoense, Ivan Tozzo mengaku berterimakasih atas gelar yang diberikan kepada timnya. Dia berencana kembali membangun tim yang saat ini hanya tersisa beberapa pemain tersebut. Sebagai pemenang, Chapecoense otomatis lolos ke kompetisi tertinggi antar klub Amerika Latin, Copa Libertadores.

Baca juga: Selfie Pemain Chapecoense Sebelum Pesawat yang Ditumpangi Jatuh Menewaskan 71 Orang

Tersisa tiga orang.

Solidaritas Amerika Latin: Chapecoense Juara Copa Sudamericana!Reuters via ANTARA FOTO

Selain beberapa pemain yang tidak ikut terbang ke Kolombia, saat ini Chape masih memiliki tiga pemain tersisa yang selamat dalam tragedi pesawat tersebut. Mereka adalah pemain belakang Alan Luciano Ruschel, kiper cadangan Jackson Ragnar Follmann dan bek tengah Helio Hermito Zampier Neto. Dari ketiganya, hanya Neto yang diperkirakan masih bisa melanjutkan karirnya. Sebagai gantinya, Chape telah ditawari pinjaman pemain dari beberapa klub lain. 

Laga amal untuk Chape.

Solidaritas Amerika Latin: Chapecoense Juara Copa Sudamericana!CNN.com

Sebagai bentuk penghormatan, Konfederasi Sepak Bola Brasil (CBF) berencana akan menyelenggarakan laga persahabatan dengan Kolombia bulan depan. Semua pendapatan dari pertandingan itu akan disumbangkan untuk keluarga korban. 

Tidak bertanding di pertandingan terakhir. 

Solidaritas Amerika Latin: Chapecoense Juara Copa Sudamericana!Mirror.co.uk

CBF juga menyatakan bahwa Chape diizinkan untuk tidak melakoni laga terakhirnya melawan Atletico Mineiro di Liga Brasil. Meskipun begitu, CBF menegaskan bahwa hasil pertandingan itu tak akan mempengaruhi posisi kedua tim di klasemen. 

Baca juga: Insiden Pesawat Jatuh Kolombia: Bocah Misterius Selamatkan Nyawa Pemain Chapecoense

Topik:

Berita Terkini Lainnya