Comscore Tracker

Mengintip Stadion Pakansari, Kandang Timnas di Semifinal Piala AFF

Stadion Pakansari baru diresmikan 8 bulan lalu

Persatuan Sepak Bola Indonesia akhirnya memutuskan stadion Pakansari Cibinong, sebagai kandang tim nasional Indonesia dalam Semifinal leg pertama piala AFF 2016. Pemilihan ini juga sekaligus mengakhiri perdebatan yang terjadi selama sepekan terakhir. Seperti diketahui, PSSI sebelumnya menyiapkan beberapa stadion lain seperti Maguwoharjo Sleman, Gelora Bandung Lautan Api Bandung, serta Manahan Solo.

Dikutip dari Republika.co.id, Ketua Umum Persatuan PSSI, Edy Rahmayadi mengatakan bahwa Pakansari dipilih paling dekat dengan Jakarta sehingga aksesnya lebih mudah. Selain itu kapasitas stadion tersebut juga tak kalah dengan 3 stadion lain yang sempat diusulkan.  

Baru berumur 8 bulan.

Mengintip Stadion Pakansari, Kandang Timnas di Semifinal Piala AFFUrban Cikarang.com

Stadion pakansari masih tergolong baru. Stadion ini baru diresmikan oleh Wakil Gubernur Jawa Barat, Dedy Mizwar Maret 2016 lalu. Dikutip dari situs resmi pemerintah provinsi Jawa Barat, Pakansari mulai dibangun pada 12 April 2012 lalu.

Memakan dana Rp 800 miliar.

Mengintip Stadion Pakansari, Kandang Timnas di Semifinal Piala AFFTempo.co

Untuk membangun stadion ini, pemerintah membutuhkan dana sekitar Rp 800 miliar. Stadion yang berdiri di lahan seluas 60 hektar ini pun akan dikembangkan menjadi sebuah kawasan olahraga atau sport center hingga luas 100 hektar.

Berkapasitas 31.000 penonton. 

Mengintip Stadion Pakansari, Kandang Timnas di Semifinal Piala AFFMedia Indonesia.com

Stadion yang terletak di Kabupaten Bogor ini mampu menampung penonton hingga 31.000 orang. Kapasitas ini tak jauh beda dengan stadion di Indonesia pada umumnya. Apalagi, Pakansari sudah berpredikat stadion internasional. 

Jadi kandang tim ISC.

Mengintip Stadion Pakansari, Kandang Timnas di Semifinal Piala AFFYulius Satria Wijaya/ANTARA FOTO

Salah satu bukti bahwa Pakansari sudah siap menggelar even besar adalah stadion ini sudah teruji dalam menyelenggarakan Pekan Olahraga Nasional September lalu. Selain itu, saat ini, Pakansari menjadi kandang bagi tim PS TNI dan Persikabo Bogor yang berlaga di Indonesia Soccer Championship. Bahkan, beberapa tim besar lain seperti Persib Bandung juga sempat menggunakan stadion ini. 

Fasilitas lengkap.

Mengintip Stadion Pakansari, Kandang Timnas di Semifinal Piala AFFYulius Satria Wijaya/ANTARA FOTO

Fasilitas di Stadion Pakansari juga sudah menyesuaikan standar dari Federasi Asosiasi Sepak Bola Internasional (FIFA). Beberapa fasilitas yang ada di stadion ini antara lain tempat duduk single seat, ruang ganti, ruang keamanan, sound system, video papan skor, hingga ruang tes doping dan media center.

Baca juga: Piala AFF 2016 di Depan Mata, Ini Jadwalnya!

Topic:

Berita Terkini Lainnya