Comscore Tracker

Terungkap, Inilah Alasan Wasit Memberi Kartu Merah Pada Kiper Vietnam

Indonesia lolos ke semifinal setelah menahan imbang Vietnam 2-2

Tim nasional Indonesia akhirnya memastikan satu tiket ke final piala AFF 2016 setelah mengandaskan langkah Vietnam di Semifinal Rabu (7/12) malam. Tim Garuda menahan imbang Vietnam 2-2 di stadion My Dinh, Hanoi. Hasil itu membuat Indonesia unggul secara agregat. Sebab, pada pertemuan leg pertama Indonesia menang 2-1.

Media Vietnam, Kenh14.vn menyebut hasil ini tak lepas dari dikartumerahkannya kiper Vietnam Nguyen Manh oleh wasit Fu Ming pada menit 76. Sebenarnya, tulis media berbahasa Vietnam itu, kehilangan satu pemain tak membuat permainan Vietnam berubah. Bahkan, mereka sempat berbalik unggul. Namun, di babak extra time, Indonesia bisa memanfaatkan keunggulan jumlah pemain untuk menyamakan kedudukan. Publik Vietnam pun mempertanyakan keputusan Fu Ming tersebut.

Bereaksi keras terhadap wasit?

Terungkap, Inilah Alasan Wasit Memberi Kartu Merah Pada Kiper VietnamZing.vn

Jika dilihat dari tayangan ulang, Nguyen Manh memang tidak terlihat melanggar pemain Indonesia. Publik Vietnam awalnya menduga bahwa kartu merah yang diberikan pada Manh disebabkan reaksinya yang terlalu keras pada wasit. Apalagi, dalam tayangan ulang tak ada pelanggaran yang dilakukan oleh sang kiper.

Terungkap, Inilah Alasan Wasit Memberi Kartu Merah Pada Kiper VietnamKenh.14.vn

Manh terekam menendang punggung pemain Indonesia.

Terungkap, Inilah Alasan Wasit Memberi Kartu Merah Pada Kiper Vietnamzing.vn

Namun, jika dilihat dari rekaman kamera lain, Manh terekam melakukan tendangan pada punggung pemain tengah Indonesia, Bayu Pradana. Keduanya sempat terlibat duel udara. Namun, saat mencoba bangun, Manh mengarahkan kakinya pada punggung Bayu. Bayu pun terkapar sambil memegangi punggungnya.

Karena tak melihat adegan itu, Fu Ming kemudian berkonsultasi dengan asisten wasit. Wasit asal Tiongkok tersebut akhirnya mengganjar Manh dengan kartu merah karena dinilai melakukan pelanggaran keras.

Baca juga: Rangkuman Fase Grup Piala AFF 2016: Indonesia Identik dengan Angka 2

Kartu merah jadi titik balik.

Terungkap, Inilah Alasan Wasit Memberi Kartu Merah Pada Kiper VietnamWidodo S Jusuf/ANTARA FOTO

Kenh.14 menyebut kartu merah ini telah menjadi titik balik permainan semalam. Apalagi, Vietnam terpaksa memainkan beknya sebagai kiper karena jatah cadangan pemain sudah habis. Meskipun sempat unggul 2-1, langkah Vietnam akhirnya terhenti setelah Manahati Lestusen mencetak gol kedua melaui titik putih.

Netizen Vietnam ramai.

Terungkap, Inilah Alasan Wasit Memberi Kartu Merah Pada Kiper VietnamJakjay.com

Publik Vietnam pun mempertanyakan keputusan wasit Fu Ming. Mereka menganggap tidak ada hal janggal yang dilakukan oleh sang kiper. Bahkan, tayangan ulang pun tak menunjukkan adanya pelanggaran yang dilakukan oleh Nguyen Manh. Mereka mengekspresikan kebingungan dan kekecewaan terhadap kepemimpinan wasit melalui media sosial.

Baca juga: Piala AFF 2016 di Depan Mata, Ini Jadwalnya!

Topic:

Berita Terkini Lainnya