4 Pemain Al-Hilal 2023/2024 yang Pernah Mentas di Premier League 

Mampu membawa Al-Hilal menjadi pemuncak klasemen

Al-Hilal tampil perkasa di Saudi Pro League 2023/2024. Hingga pekan ke-22, mereka berada di puncak klasemen dengan torehan 62 poin dari hasil 20 kemenangan dan 2 seri. Al-Hilal belum sekali pun menderita kekalahan. Dengan Al-Nassr yang berada di posisi kedua, klub berjuluk Al-Zaeem itu sendiri memimpin dengan jarak sembilan poin.

Capaian gemilang Al-Hilal tak terlepas dari performa apik para pemain bintang yang mereka miliki. Pengalaman berlaga di liga top Eropa terbukti mampu memberi dampak positif kepada performa tim. Dari sederet pemain bintang yang dilatih Jorge Jesus, empat di antaranya memang pernah mencicipi kasta teratas sepak bola Inggris yang tersohor, Premier League.

1. Baru bergabung pada Januari 2024, Renan Lodi langsung menjadi andalan di lini pertahanan

4 Pemain Al-Hilal 2023/2024 yang Pernah Mentas di Premier League Renan Lodi (instagram.com/renan_lodi)

Renan Lodi baru direkrut Al-Hilal dari Marseille pada Januari 2024. Meski baru datang, ia langsung menjadi andalan di lini pertahanan. Hingga kini, ia telah tampil dalam tiga pertandingan di Saudi Pro League. 

Pada 2022/2023, pemain asal Brasil itu sempat bermain untuk Nottingham Forest. Saat itu, The Tricky Trees meminjamnya dari Atletico Madrid selama semusim. Bersama Nottingham Forest di Premier League, ia tampil dalam 28 pertandingan dengan torehan 1 assist.

2. Kalidou Koulibaly menjadi tembok kokoh Al-Hilal

4 Pemain Al-Hilal 2023/2024 yang Pernah Mentas di Premier League Kalidou Koulibaly (instagram.com/kkoulibaly26)

Al-Hilal menjadi tim dengan pertahanan terkokoh di Saudi Pro League 2023/2024. Dari 22 laga, mereka baru kebobolan 11 kali. Catatan apik itu tak terlepas dari penampilan apik Kalidou Koulibaly sebagai bek tengah. Sejak melakukan debut bersama Al-Hilal pada 28 Agustus 2023, ia selalu tampil penuh dalam 19 pertandingan.

Sebelum hijrah ke Arab Saudi, pemain asal Senegal itu merupakan bagian dari Chelsea pada 2022/2023. Selama semusim itu, ia tampil dalam 23 pertandingan di Premier League. Performa yang kurang maksimal selama membela The Blues menjadi salah satu alasan mengapa ia memilih untuk hengkang ke Al-Hilal meski baru semusim bergabung.

Baca Juga: 5 Pemain Baru Al-Hilal Pada Musim Panas 2023, Banyak Pemain Bintang!

3. Aleksandar Mitrovic telah mengemas 19 gol

4 Pemain Al-Hilal 2023/2024 yang Pernah Mentas di Premier League Aleksandar Mitrovic (twitter.com/Alhilal_FC)

Selain tim dengan pertahanan terbaik, Al-Hilal juga menjadi tim paling subur di Saudi Pro League 2023/2024. Dari 22 laga, mereka telah mencetak 67 gol. Torehan itu tak terlepas dari tajamnya striker yang mencatatkan 129 penampilan di Premier League, Aleksandar Mitrovic.

Direkrut dari Fulham pada musim panas 2023, dirinya langsung tampil tajam bersama Al-Hilal. Dari 19 penampilan, ia telah mengemas 19 gol. Di liga, capaian itu hanya kalah dari Cristiano Ronaldo yang telah mencetak 22 gol.

4. Rúben Neves menjadi pemain penting di lini tengah

4 Pemain Al-Hilal 2023/2024 yang Pernah Mentas di Premier League Rúben Neves (twitter.com/Alhilal_FC)

Performa Ruben Neves mampu berkembang cukup baik selama beberapa musim membela Wolverhampton Wanderers. Hal itu membuat beberapa klub top Eropa tertarik untuk merekrutnya. Menariknya, ia justru memilih untuk hengkang ke Arab Saudi setelah Al-Hilal sepakat untuk menebusnya dengan biaya sebesar 55 juta euro atau Rp937 miliar.

Keputusan itu rasanya tak terlalu buruk. Kini, ia menjadi pemain andalan di lini tengah Al-Hilal. Dari 22 pertandingan yang telah dimainkan Al-Hilal, ia baru absen sekali. Selain itu, pemain asal Portugal itu juga telah mengemas 1 gol dan 6 assist.

Kehadiran para pemain tersebut terbukti mampu membawa Al-Hilal tampil apik pada musim ini setelah hanya finis di posisi tiga pada musim sebelumnya. Pertanyaannya, mampukah mereka tampil konsisten hingga akhir musim?

Baca Juga: 4 Tim yang Tak Pernah Menang di Premier League Sepanjang Februari 2024

Baca Juga: Pemain Al-Hilal Selebrasi Siu Ronaldo di Depan Messi

Firdaus Ala I Photo Verified Writer Firdaus Ala I

Loving football since 6

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya