5 Fakta Menarik Cagliari, Tim Medioker yang Tembus Papan Atas Serie A

Timnya pemain berdarah Indonesia, nih!

Liga Italia dianggap sebagai kompetisi yang membosankan karena delapan musim terakhir Juventus terus merajai. Namun anggapan tersebut musim ini tidak lagi berlaku. Seria A saat ini lebih kompetitif, di mana Juventus tak lagi terlalu mendominasi.

Tidak hanya itu saja, kemunculan Cagliari di papan atas pun menjadi kejutan di musim ini. Cagliari notabene adalah klub underdog dengan kualitas pemain yang biasa-biasa. Musim lalu saja mereka hanya mampu finish di posisi ke-15.

Namun saat ini berhasil bersaing di perebutan posisi empat besar. Berikut ini adalah lima fakta menarik klub yang dibela pemain berdarah Indonesia, Radja Nainggolan tersebut.

1. Pernah menjuarai Liga Italia

5 Fakta Menarik Cagliari, Tim Medioker yang Tembus Papan Atas Serie Aradiox.it

Prestasi Cagliari memang tak secemerlang Juventus, AC Milan ataupun Inter Milan dalam meraih trofi. Meski demikian, Cagliari nyatanya pernah meraih Scudetto yang merupakan satu-satunya dalam sejarah klub.

Hal itu terjadi pada musim 1969/1970, di mana mereka diisi oleh striker legendaris Italia, Gigi Riva. Dia adalah top skorer sepanjang masa timnas Azzuri.

2. Pernah juga menembus semifinal UEFA Cup

5 Fakta Menarik Cagliari, Tim Medioker yang Tembus Papan Atas Serie Awikipedia.org

Sebuah prestasi cukup membanggakan juga pernah diraih Cagliari pada musim 1992/1993 di pentas Eropa. Di musim tersebut Cagliari berhasil lolos hingga semifinal UEFA Cup (Europe League).

Sayang mereka harus kalah tipis dari Inter Milan dengan skor 3-2, di mana saat itu keluar sebagai juara. Hal ini sendiri menjadi prestasi tertinggi dalam sejarah klub di kompetisi Eropa.

Baca Juga: Cagliari, Si "Monster" Baru yang Kini Ramaikan Papan Atas Serie A!

3. Berganti stadion sebanyak tiga kali

5 Fakta Menarik Cagliari, Tim Medioker yang Tembus Papan Atas Serie Aaktuality.sk

Klub ini berdiri sejak 1920 silam. Pada era 70-an mereka sempat berpindah stadion dari Stadio Amsicora ke Stadio Sant'Elia. Dan saat ini Sant Elia sedang dalam masa renovasi dan dikabarkan baru akan rampung pada tahun 2020.

Cagliari pun saat ini berpindah kandang sementara ke Sardegna Arena.

4. Pensiunkan nomor punggung 13 dan 11

5 Fakta Menarik Cagliari, Tim Medioker yang Tembus Papan Atas Serie Astandard.co.uk

4 Maret 2018 kabar mengejutkan hadir di sepak bola Italia. Pemain Fiorentina David Astore meninggal dunia akibat serangan jantung beberapa jam sebelum timnya akan bertanding melawan Udinese.

Untuk menghormati sang pemain, Cagliari mempensiunkan nomor punggung 13, yang merupakan miliknya saat berkostum Cagliari dari medio 2006-2016. Tidak hanya nomor 13, Cagliari juga lebih dulu mempensiunkan nomor punggung 11, yang merupakan milik legenda mereka, Gigi Riva.

Ia pernah membela Cagliari dari tahun 1963 hingga 1976 dengan catatan 164 gol dari 315 pertandingan. 

5. Berpotensi lolos ke kompetisi Eropa musim ini

5 Fakta Menarik Cagliari, Tim Medioker yang Tembus Papan Atas Serie Alacapitale.be

Hingga pekan ke-13 Serie A, Cagliari saat ini berhasil menempati posisi empat dengan 25 poin, terpaut 10 poin dari Juventus dan dua angka dari Lazio yang satu tingkat di atasnya. Mereka mampu mengungguli tim-tim besar seperti AS Roma, Napoli dan AC Milan.

Dari seluruh laga Serie A yang telah dijalani, Cagliari telah meraih tujuh kemenangan, empat imbang dan dua kekalahan. Dengan konsistensi yang telah mereka tunjukkan, bukan tak mungkin mereka bisa mengakhiri musim ini dengan finish di posisi enam besar, sehingga bisa berkompetisi di Eropa untuk musim selanjutnya.

Itulah beberapa fakta unik dan menarik Cagliari yang tampil apik di musim ini. Akankah mereka konsisten?

Baca Juga: Demi Berkembang, Real Madrid Akan Kirim Luka Jovic ke Serie A?

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya