5 Fakta Menarik Jelang Liverpool Hadapi AC Milan di Liga Champions

Tim mana yang kamu jagokan?

Laga pembuka Liga Champions grup B bakal diawali dengan bigmatch Liverpool menghadapi AC Milan. Laga bakal digelar di Anfield Stadium pada Kamis dini hari (16/09/2021). Pertandingan ini menjadi salah satu yang dinanti karena menjadi laga comeback Rossoneri setelah absen panjang selama 7 tahun.

Kini Milan kembali, namun bakal dihadapkan dengan grup neraka yang juga diisi oleh Porto dan Atletico Madrid. Sebelum menyaksikan laga ini berlangsung, berikut 5 fakta menarik dua tim berkostum merah ini.

1. Kedua tim datang dengan rekor tak terkalahkan di liga domestik

5 Fakta Menarik Jelang Liverpool Hadapi AC Milan di Liga Championsselebrasi gol AC Milan (acmilan.com)

Pertandingan ini menjanjikan sebuah laga seru karena kedua tim adalah salah satu klub dengan koleksi juara terbanyak Liga Champions. Tidak hanya itu, keduanya juga datang dengan rekor tak terkalahkan di ajang domestik. Liverpool meraih 3 kemenangan dan sekali imbang di Premier League, sedangkan AC Milan meraih 3 kemenangan di Serie A.

Keduanya pun menunjukkan performa yang atraktif. AC Milan dan Liverpool sama-sama baru kebobolan 1 gol dan lini serang mereka sangat produktif. The Reds mencetak 9 gol dari 4 laga, sementara AC Milan menogleksi 7 gol dari 3 laga. 

2. Pertemuan ketiga sepanjang sejarah klub

5 Fakta Menarik Jelang Liverpool Hadapi AC Milan di Liga Championspotret AC Milan melawan Liverpool di final Liga Champions 2007 (sempremilan.com)

Meski keduanya raja Eropa, kedua tim hanya baru dua kali bertemu sepanjang sejarah Liga Champions. Itu pun terjadi di dua laga final Liga Champions. Yang pertama tentunya The Miracle of Istanbul pada 2005 kala Liverpool secara luar biasa menyamakan skor 3-3 usai sempat tertinggal 3-0. The Reds kemudian memenangi laga lewat adu penalti.

Dua tahun kemudian keduanya kembali bersua di babak final. Kali ini AC Milan berhasil membalas dendam dengan skor 2-1. Laga di Anfield nanti akan menjadi pertemua ketiga dalam sejarah klub. Namun, semuanya telah berubah sejak itu sehingga kedua tim akan "buta" dengan kekuatan masing-masing.

Baca Juga: 5 Pemain yang Pernah Memperkuat Liverpool dan AC Milan 

3. AC Milan tanpa Zlatan Ibrahimovic

5 Fakta Menarik Jelang Liverpool Hadapi AC Milan di Liga Championspotret Zlatan Ibrahimovic (twitter.com/acmilan)

Setelah menjalani cedera cukup panjang, Zlatan Ibrahimovic akhirnya kembali bermain pada pekan lalu. Dia bahkan mencetak satu gol ke gawang Lazio dan direncanakan menjadi bagian dari skuad yang akan dibawa ke Liverpool. Namun, rencana terpaksa harus berubah setelah Ibrahimovic tak masuk skuad.

Dia mengalami cedera ringan pada achilles-nya sehingga Pioli tidak ingin mengambil resiko cedera yang lebih parah. Peran Ibrahimovic bakal digantikan Olivier Giroud yang sudah negatif dari COVID-19.

4. Trio striker Liverpool sedang onfire

5 Fakta Menarik Jelang Liverpool Hadapi AC Milan di Liga Championspotret selebrasi gol Liverpool (indianexpress.com)

Lini serang Liverpool yang dihuni trio Salah-Jota-Mane menjadi salah satu yang paling berbahaya di Eropa. AC Milan wajib waspada karena ketiganya sedang onfire. Sebanyak 7 dari 9 gol Liverpool di Premier League musim ini lahir dari trio tersebut. Mohamed Salah memimpin dengan 3 gol, sedangkan Jota dan Sadio Mane masing-masing mencetak 2 gol.

Tidak hanya itu, Liverpool pun masih memiliki Roberto Firmino jika Jota gagal menampilkan performa terbaiknya. Namun, lini pertahanan AC Milan yang bakal dihuni Simon Kjaer dan Fikayo Tomori pun merupakan yang terbaik di Serie A sehingga sangat dinanti siapa yang bakal unggul.

5. Jadwal ketat kedua tim

5 Fakta Menarik Jelang Liverpool Hadapi AC Milan di Liga Championspotret selebrasi gol Liverpool (sbnation.com)

Kemenangan di laga perdana Liga Champions akan sangat penting bagi kedua tim. Namun, Jurgen Klopp dan Stefano Pioli harus cermat dalam menjaga kondisi fisik para pemainnya karena jadwal di bulan September akan sangat ketat. Setelah laga ini, AC Milan bakal menghadapi laga berat melawan Juventus di Serie A dan tiga hari kemudian menjamu Venezia di San Siro.

Di sisi lain, Liverpool bakal menghadapi Crystal Palace di akhir pekan dan bertamu ke Norwich City tiga hari kemudian di ajang FA Cup.

 

Itulah beberapa fakta menarik jelang pertemuan perdana Liverpool menghadapi AC Milan sejak 2007. Kedua tim datang dengan kekuatan penuh dan rekor ciamik di liga domestik. Hal ini pun menjanjikan sebuah laga yang pasti seru dan menarik. Apalagi, keduanya pun dikenal memiliki produktivitas gol tinggi dan pertahanan yang kokoh.

Baca Juga: AC Milan Punya Senjata Rahasia Lawan Liverpool

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya