5 Fakta Menarik Pekan ke-15 Serie A, Puncak Klasemen Memanas!

Duo Milan kini hanya berselisih tipis dengan Napoli

Serie A matchday ke-15 berjalan tengah pekan kemarin, dan menghadirkan hasil yang cukup mengejutkan. Puncak klasemen milik Napoli kini mulai rentan dikejar tim-tim di bawahnya. Tidak hanya itu, persaingan untuk meraih tiket Liga Champions pun tidak kalah sengit.

Memasuki bulan Desember, jadwal tim-tim Italia pun akan cukup padat, dan berpotensi mengubah tatanan klasemen. Berikut ini lima fakta menarik yang mewarnai pekan ke-15 Serie A.

1. Atalanta dan Inter Milan tak terkalahkan, puncak klasemen memanas!

5 Fakta Menarik Pekan ke-15 Serie A, Puncak Klasemen Memanas!para pemain Inter Milan melakukan selebarasi gol (twitter.com/Inter_en)

Atalanta dan Inter Milan terus melanjutkan tren positif mereka di Serie A. Mereka sama-sama meraih kemenangan keempat dalam lima laga terakhirnya.

Atalanta berhasil membantai Venezia dengan skor 4-0, sementara Inter Milan menang meyakinkan 2-0 atas Spezia. Dengan hasil ini Inter Milan duduk di peringkat ketiga dengan 34 poin, hanya terpaut dua angka saja dari Napoli di puncak klasemen.

Sementara Atalanta satu tingkat di bawah Inter dengan 31 poin. Kedua tim sempat tertinggal jauh dari pemuncak klasemen, namun konsistensi mereka dalam beberapa laga terakhir, dan anjloknya performa Napoli membuat jarak mereka kini menjadi tipis.

2. AC Milan akhirnya kembali ke trek kemenangan

5 Fakta Menarik Pekan ke-15 Serie A, Puncak Klasemen Memanas!Junior Messias (twitter.com/acmilan)

Setelah menderita dua kekalahan beruntun di Serie A dari Fiorentina dan Sassuolo, AC Milan bangkit dengan mengalahkan Genoa. Rossoneri sukses membungkam tim tuan rumah dengan skor telak 3-0.

Junior Messias menjadi bintang dalam laga tersebut dengan mencetak brace, sedangkan satu gol lainnya dicetak melaui tendangan bebas indah Zlatan Ibrahimovic.

Dengan kemenangan ini, AC Milan memotong jarak menjadi hanya satu poin saja dengan Napoli di puncak klasemen. Namun, mereka juga wajib waspada karena Inter Milan bisa menelikung kapan saja. Jarak kedua tim hanya satu poin saja di klasemen.

Baca Juga: 5 Klub yang Paling Sering Dikalahkan Inter Milan, AC Milan Termasuk!

3. Kejutan Sassuolo berlanjut, Napoli gagal menang

5 Fakta Menarik Pekan ke-15 Serie A, Puncak Klasemen Memanas!selebrasi gol para pemain Sassuolo (twitter.com/SassuoloUS)

Sassuolo mungkin hanya tim papan tengah, tetapi performa mereka kala melawan tim mapan sangatlah luar biasa. Musim ini mereka berhasil mengalahkan Juventus dan AC Milan, serta menahan imbang Napoli dengan skor 2-2 di pekan ke-15.

Hebatnya, pada laga ini mereka sempat tertinggal dua gol, sebelum menyamakan skor lewat gol Gianluca Scamacca (71') dan Gian Marco Ferrari (89'). Dengan hasil ini, Sassuolo duduk di peringkat ke-12.

Sedangkan Napoli masih memuncaki klasemen dengan 36 poin. Namun, kondisi mereka tak lagi aman karena bisa ditelikung duo Milan kapan saja.

4. Persaingan sengit tiket kompetisi Eropa

5 Fakta Menarik Pekan ke-15 Serie A, Puncak Klasemen Memanas!para pemain Juventus lakukan selebrasi gol. twitter.com/juventusfcen)

Persaingan sengit tidak hanya terjadi di papan atas, tetapi juga tim-tim yang bersaing merebut tiket kompetisi Eropa. AS Roma secara mengejutkan dikalahkan Bologna, sehingga jarak mereka dari posisi empat, tiket terakhir Liga Champions, menjauh jadi enam angka. Posisi mereka bahkan terancam oleh Fiorentina dan Juventus, yang hanya berjarak satu poin saja.

Fiorentina dan Juventus kompak meraih kemenangan di pekan ke-15. La Viola sukses membungkam Sampdoria dengan skor 3-1, sedangkan Juventus mengalahkan tuan rumah Salernitana dengan skor 2-0. Kompetisi masih berjalan panjang dan mereka masih berpotensi untuk merebut tiket Liga Champions.

5. Bersinarnya para pemain asing

5 Fakta Menarik Pekan ke-15 Serie A, Puncak Klasemen Memanas!Mario Pasalic (twitter.com/Atalanta_BC)

Pekan ke-15 Serie A jadi panggung bagi para pemain asing bersinar. Junior Messias berhasil mencetak brace untuk AC Milan, sekaligus gol perdananya di musim ini.

Dia juga menjadi pemain Brasil pertama AC Milan yang mencetak dua gol sejarak Ronaldinho pada 2010 silam. Pemain lainnya yang mencetak brace adalah striker Udinese asal Portugal, Beto, saat timnya bermain imbang 4-4 melawan Lazio.

Sedangkan pemain yang paling menarik perhatian adalah Mario Pasalic, yang mencetak tiga gol dalam kemenangan 4-0 Atalanta atas Venezia. Itu menjadi hat-trick keduanya di Serie A, dan menjadikannya gelandang ketiga terbanyak mencetak hat-trick setelah Kaka (4) dan Josip Ilicic (3).

 

Itulah lima catatan menarik pekan ke-15 Serie A. Persaingan untuk meraih gelar juara semakin sengit dan menipisnya jarak para pesaing.

Tidak hanya itu, persaingan untuk memperebutkan tiket kompetisi Eropa pun tidak kalah sengit. Akan sangat menarik siapa yang akan keluar sebagai juara paruh musim dengan empat laga lagi.

Baca Juga: 5 Klub Ini Ternyata Pernah Juara Liga Serie A Italia, Klub Mana Saja?

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya