5 Fakta Menarik Flamengo, Lawan Liverpool di Final Piala Dunia Klub

Awalnya mereka merupakan klub dayung, lho!

Flamengo bakal menjadi lawan Liverpool di babak final Piala Dunia antar klub yang sedang berlangsung di Qatar. Mereka lolos setelah mengalahkan Al-Hilal dengan skor 3-1 di babak semifinal. Flamengo sendiri merupakan salah satu klub paling bersejarah dalam sepak bola Amerika Latin.

Namun bagi sebagian orang klub ini mungkin masih terdengar asing. Berikut ini lima fakta dari klub yang memiliki kostum khas berwarna merah hitam tersebut.

1. Awalnya bukanlah klub sepak bola

5 Fakta Menarik Flamengo, Lawan Liverpool di Final Piala Dunia Klubriotimesonline.com

Klub ini berdiri pada 17 November 1895 oleh sekelompok pendayung yang berasal dari kota Rio de Janeiro. Pada waktu tersebut mendayung merupakan olahraga yang cukup populer di Brasil. Alasannya pun cukup unik, yaitu untuk menarik perhatian kaum hawa.

Klub sepak bolanya sendiri terbentuk setelah terjadinya perpecahan pemain dan direksi tim sepak bola, Fluminense. Para pemain pun kemudian mengikuti kapten mereka, Alberto Borgeth yang merupakan pendayung di Flamengo dan terbentuklah klub sepak bola Flamengo.

Saat ini Flamengo sendiri memiliki cabang olah raga lain seperti Polo air, Tenis, Basket hingga E-sport.

2. Musim lalu berhasil kawinkan Copa Libertadores dan Liga Brasil

5 Fakta Menarik Flamengo, Lawan Liverpool di Final Piala Dunia Klubindianexpress.com

Flamengo sendiri menjadi klub wakil dari benua Amerika Latin setelah menjadi juara Copa Libertadores pada musim lalu. Mereka secara dramatis mengalahkan River Plate dengan skor 2-1. Saat itu River Plate sebenarnya hampir saja menjadi juara usai unggul hingga menit ke-88.

Namun semuanya berbalik hanya dalam waktu tiga menit saat Gabriel Barbosa mencetak dua gol di menit ke-89 dan 90+2. Gelar tersebut sukses mereka kawinkan dengan trofi Serie A Liga Brasil usai unggul jauh dari Santos di tabel klasemen.

Baca Juga: Tempat Latihan Milik Klub Flamengo Terbakar, 10 Orang Dikabarkan Tewas

3. Klub terkaya dan tersukses di Brasil

5 Fakta Menarik Flamengo, Lawan Liverpool di Final Piala Dunia Kluben.as.com

Meski Flamengo kalah populer dari Sao Paulo ataupun Santos, nyatanya mereka adalah klub tersukses dalam sejarah Liga Brasil. Mereka memiliki banyak trofi bergengsi seperti Campeonato Brasileiro, tiga Copa do Brasil dan 35 gelar Campeonato Carloca. Tidak hanya itu saja, Flamengo pun merupakan klub terkaya di Brasil dengan jumlah kekayaan sekitar 425,1 juta euro.

4. Klub Brasil pertama yang dapat sponsor

5 Fakta Menarik Flamengo, Lawan Liverpool di Final Piala Dunia Klubagenciabrasil.ebc.com.br

Keberadaan sponsor dalam sepak bola modern adalah hal yang sangat penting. Mereka menjadi penyumbang dana yang melimpah serta penyedia perlengkapan klub. Namun sebuah catatan menarik dimiliki Flamengo sebagai klub Brasil pertama yang memiliki sponsor.

Hal ini terjadi pada tahun 1984 saat perusahaan perminyakan ternama, Petrobas bersedia menjadi sponsor utama klub. Kerja sama keduanya bahkan berlangsung selama 25 tahun.

5. Melahirkan pemain-pemain kelas dunia

5 Fakta Menarik Flamengo, Lawan Liverpool di Final Piala Dunia Klubistoe.com.br

Bukan rahasia lagi jika Brasil merupakan penghasil pemain-pemain paling berbakat di dunia. Sebut saja Pele, Ronaldo, Ronaldinho, Kaka hingga Neymar Jr. Begitu juga Flamengo yang menjadi klub lahirnya bibit berkualitas dunia.

Dari klub ini lahir legenda-legenda Brasil seperti Romario, Henrique, Pirillo dan Zico. Sedangkan di era modern muncul nama-nama pemain berbakat seperti Vinicius Jr dan Lucas Paqueta.

Itulah lima fakta menarik Flamengo, sang kandidat juara Piala Dunia klub tahun ini.

Baca Juga: Dilanda Kebakaran, Ini Nama 10 Pemain Muda Flamengo yang Tewas

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya