Comscore Tracker

5 Gelandang Top yang Menjuarai UCL dan Liga Europa, Kante Terbaru!

Prestasi yang fantastis!

Liga Champions dan Liga Europa merupakan dua kompetisi paling elite antarklub di Eropa dan menjadi mimpi setiap pemain untuk bisa mengangkat trofi tersebut. Namun, ajang ini seolah memiliki misterinya sendiri. Tidak semua pemain bintang pernah menjuarainya, apalagi keduanya.

Beberapa pemain dengan sangat luar biasa pernah menjuarai dua ajang ini sepanjang kariernya. Berikut ini adalah 5 pemain bintang yang sukses mengangkat gelar Liga Champions dan Liga Europa sedekade terakhir.

1. Deco

5 Gelandang Top yang Menjuarai UCL dan Liga Europa, Kante Terbaru!Deco (transfermarkt.com)

Deco adalah bagian dari masa keemasan FC Porto di era kepelatihan Jose Mourinho. Bergabung sejak 1999 hingga 2004, Deco merupakan pemain kunci ketika Porto menjuarai UEFA Cup (Liga Europa) pada musim 2002/2003 usai mengalahkan Celtic dengan skor 3-2. Luar biasanya, semusim kemudian Porto tampil lebih fantastis dengan menjuarai Liga Champions.

Di final mereka membungkam AS Monaco. Prestasi itu kemudian membuat Barcelona merekrutnya pada 2004. Dia pun menjadi bagian penting Blaugrana ketika meraih Liga Champions 2005/2006 di bawah asuhan Frank Rijkaard.

2. Steven Gerrard

5 Gelandang Top yang Menjuarai UCL dan Liga Europa, Kante Terbaru!Steven Gerrard (liverpoolecho.co.uk)

Steven Gerrard adalah ikon dan legenda Liverpool. Dia menghabiskan 17 tahun kariernya bersama The Reds sebelum hijrah ke LA Galaxy pada 2015 dan gantung sepatu dua tahun berikutnya. Sepanjang pengabdiannya itu, Gerrard berhasil membawa Liverpool  bersinar di kompetisi Eropa.

Dia adalah bagian penting kala The Reds menjuarai Liga Europa pada musim 2000/2001 lewat kemenangan dramatis di babak sudden death dengan kemenangan 5-4. Keajaiban terjadi kembali pada musim 2004/2005 kala Liverpool menjuarai Liga Champions usai sempat tertinggal 3-0 dari AC Milan sebelum menyamakan skor 3-3 dan menang lewat adu penalti.

Baca Juga: 5 Kapten Terbaik dalam Sejarah Premier League, Gerrard hingga Keane

3. Michael Carrick

5 Gelandang Top yang Menjuarai UCL dan Liga Europa, Kante Terbaru!Michael Carrick (the42.ie)

Michael Carrick bergabung dengan Manchester United sejak 2006 hingga gantung sepatu pada 2018. Sepanjang itu, dia hampir merasakan semua gelar di level klub. Total 5 Premier League dan 1 Liga Champions (2007/2008) di bawah asuhan Sir Alex Ferguson sudah ia raih. Pada musim 2016/2017 dia sukses merasakan gelar Liga Europa di bawah asuhan Jose Mourinho.

Usai mengakhiri kariernya di MU, dia bergabung dalam tim kepelatihan Jose Mourinho dan kini menjadi bagian dari staf Ole Gunnar Solksjaer.

4. Frank Lampard

5 Gelandang Top yang Menjuarai UCL dan Liga Europa, Kante Terbaru!Frank Lampard (skysports.com)

Frank Lampard adalah legenda Chelsea yang menghabiskan kariernya di Stamford Bridge selama 13 musim. Dia berhasil mempersembahkan 3 gelar Premier League, 4 Piala FA, dan 2 Piala Liga di level domestik. Sementara itu, di level Eropa prestasinya pun tak kalah memukau. Lampard berhasil mempersembahkan gelar Liga Champions pertama dalam sejarah The Blues pada musim 2011/2012 di bawah asuhan Roberto Di Matteo.

Di musim selanjutnya mereka gagal pertahankan memgelar tersebut, namun dengan sangat luar biasa tampil memukau di Liga Europa. Mereka keluar sebagai juara usai mengalahkan Benfica dengan skor 2-1.

5. N'Golo Kante

5 Gelandang Top yang Menjuarai UCL dan Liga Europa, Kante Terbaru!N'golo Kante (si.com)

Musim ini N'Golo Kante layak disebut sebagai gelandang terbaik dunia usai membawa Chelsea menjuarai Liga Champions mengalahkan Manchester City. Performanya pun sangat fantastis, bahkan meraih man of the match beruntun di laga semifinal. Raihan ini pun semakin memperkaya koleksi gelar Kante sepanjang kariernya yang luar biasa.

Dua musim sebelumnya di berhasil membawa Chelsea merebut trofi Liga Europa usai mengalahkan Arsenal 4-1. Di level timnas pun Kante menjadi bagian penting kala Prancis menjuarai Piala Dunia 2018.

 

Itulah 5 sosok gelandang terbaik yang mampu membawa tim yang dibelanya meraih dua trofi paling bergengsi di level klub Eropa. Tidak banyak pemain yang mampu meraih prestasi tersebut. Raihan ini pun membuat mereka layak disebut sebagai salah satu pemain terbaik dunia.

Baca Juga: 5 Gelandang Bertahan Terbaik dalam Sejarah Premier League, Ada Kante 

Firli N. Purnagara Photo Verified Writer Firli N. Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya