Comscore Tracker

Misi Sulit Barcelona: Tundukkan Bayern Munchen Demi Tiket 16 Besar UCL

Barcelona kalah telak dalam dua pertemuan terakhir

Liga Champions memasuki laga terkahir di fase grup. Grup E menyisakan satu tiket lagi untuk jadi rebutan dua tim, Barcelona dan Benfica. Sementara itu, satu tiket juara grup sudah dikantongi Bayern Munchen. Sial bagi Barcelona, di laga terakhir ini mereka harus berhadapan dengan Bayern Munchen di Allianz Arena pada Kamis dini hari (8/12/2021)

Ini akan menjadi misi sulit bagi pelatih anyar Blaugrana, Xavi Hernandez. Mereka tidak punya pilihan lain selain membawa pulang tiga poin. Jelang duel hidup mati ini, berikut lima fakta menariknya.

1. Bayern Munchen adalah mimpi buruk Barcelona di Liga Champions

Misi Sulit Barcelona: Tundukkan Bayern Munchen Demi Tiket 16 Besar UCLpara pemain Bayern Munchen melakukan selebrasi gol (uefa.com)

Bayern Munchen adalah mimpi buruk bagi Barcelona di Liga Champions sepanjang pertemuan kedua tim. Dari 11 pertemuan keduanya, Bayern Munchen unggul dengan delapan kemenangan berbanding dua miliki Barcelona dan sekali berakhir imbang. Pada pertemuan pertama di musim ini, Barcelona bahkan dibantai dengan skor 3-0 di Camp Nou.

Pada musim 2019/20, sebuah rekor terjadi ketika Barcelona dibantai dengan skor 8-2 di babak perempat final. Itu jadi kekalahan terburuk Blaugrana di turnamen paling elite di level klub ini. Kini Barcelona datang dengan misi menang di kandang sang musuh bebuyutan. Ini akan sangat sulit, apalagi Bayern tak meraih kemenangan sempurna di fase grup.

2. Bayern Munchen dalam tren positif, Barcelona datang dengan modal kekalahan

Misi Sulit Barcelona: Tundukkan Bayern Munchen Demi Tiket 16 Besar UCLduel Barcelona vs Real Betis (marca.com)

Bayern Munchen tidak hanya unggul secara statistik, tetapi juga secara mentalitas. Mereka datang dengan tren positif usai mengalahkan saingan abadinya di Bundesliga, Borussia Dortmund. Mereka kini kokoh di puncak klasemen dengan selisih empat poin. Sementara itu, Barcelona baru saja menderita kekalahan dari Real Betis di Camp Nou. Itu menjadi kekalahan perdana Xavi sejak menangani Barcelona beberapa pekan lalu.

Dengan beban berat harus menang, Barcelona justru bisa saja tampil tak sesuai ekspektasi. Di sisi lain, Bayern bakal tampil tanpa beban apa pun dan bermain di hadapan fansnya sendiri. BIsakah Barcelona keluar dari lubang jarum ini?

Baca Juga: Kompak, 7 Pasang Kakak Beradik yang Pernah Juara Liga Champions

3. Barcelona kehilangan para pemain andalan

Misi Sulit Barcelona: Tundukkan Bayern Munchen Demi Tiket 16 Besar UCLPedri (marca.com)

Menghadapi duel hidup mati ini, Barcelona benar-benar dalam kondisi yang tidak menguntungkan. Mereka kehilangan beberapa pemain andalannya. Dua bintang mudanya, Pedri dan Ansu Fati, masih harus absen karena cedera, begitu juga Martin Braithwaite. Saat ini Blaugrana hanya memiliki Memphis Depay dan Luuk de Jong sebagai bomber utama.

Sementara itu, Bayern Munchen bakal tanpa Joshua Kimmich karena terinfeksi COVID-19. Marcel Sabitzer dan Lucas Hernandez masih terkendala cedera. Namun, ini bukan masalah besar bagi Bayern karena mereka memiliki kedalaman skuad yang mumpuni.

4. Skema kelolosan Barcelona

Misi Sulit Barcelona: Tundukkan Bayern Munchen Demi Tiket 16 Besar UCLMemphis Depay dan Luuke de Jong (uefa.com)

Saat ini Barcelona duduk di peringkat kedua dengan tujuh poin diikuti Benfica dengan selisih dua poin. Terdapat beberapa skema agar Barcelona bisa lolos ke babak 16 besar. Pertama, Blaugrana wajib menang untuk mengantisipasi jika Benfica pun menang melawan Dynamo Kiev.

Jika Barcelona imbang atau kalah dan Benfica menang atas Kiev, klub Portugal itu yang layak lolos. Namun, jika Benfica kalah dari Dynamo Kiev, apa pun hasil yang diperoleh Barcelona tidak akan berpengaruh dan mereka akan lolos ke babak berikutnya.  

5. Prediksi Starting XI

Misi Sulit Barcelona: Tundukkan Bayern Munchen Demi Tiket 16 Besar UCLduel Bayern Munchen vs Barcelona (uefa.com)

Duel kedua tim selalu malahirkan banyak gol. Saat ini Barcelona sedang berusaha bangkit di bawah asuhan Xavi Hernandez. Liga Champions mungkin menjadi trofi bergengsi tersisa yang bisa mereka kejar karena di LaLiga peluang mereka mulai menjauh. Namun, Bayern Munchen kini bakal menjadi sandungan untuk lolos ke babak berikutnya.

Dengan kualitas pemain yang ada, bisakah Barcelona mengalahkan musuh bebuyutannya ini? Berikut prediksi starting XI kedua tim.

Bayern Munchen (4-2-3-1): Neuer; Pavard, Sule, Nianzou, Richards; Tolisso, Goretzka; Musiala, Muller, Sane; Lewandowski.

Barcelona (4-3-3): ter Stegen; Dest, Araujo, Pique, Jordi Alba; Busquets, Gavi, de Jong; Dembele, Memphis, Ezzalzouli

Itulah beberapa catatan menarik jelang duel akbar Bayern Munchen melawan Barcelona. Ini bakal menjadi laga penentuan langkah berikutnya bagi Blaugrana. Sementara Bayern Munchen sudah tak berkepentingan lagi dalam laga ini. Namun, tampaknya kemenangan tetap  menjadi target di hadapan fans mereka sendiri.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Jelang Duel Barcelona Kontra Bayern Munchen  

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya