Selain Neymar, Inilah 6 Pemain Top Brasil yang Pernah Berkostum PSG

Ada Ronaldinho dan Leonardo, lho!

Sejak diakuisisi saudagar kaya raya, Nasser Al-Khelaifi, pada 2011, PSG bertansformasi menjadi salah satu klub terbaik di Eropa. Satu dekade terakhir mereka mampu menjuarai Ligue 1 tujuh musim beruntun. Bahkan, musim lalu untuk pertama kalinya lolos ke final Liga Champions.

Tidak hanya itu, klub asal Paris itu pun menggelontorkan dana superbesar untuk membentuk klub impian. Salah satunya adalah kedatangan Neymar yang memecahkan rekor transfer dunia dengan nilai 222 juta euro dari Barcelona. Pemain asal Brasil itu memang memberikan dampak signifikan lewat gol-gol dan assist yang ia ciptakan.

Namun, Neymar bukanlah satu-satunya bintang Brasil yang pernah berkostum PSG. Berikut ini enam pemain top asal Brasil lainnya yang tampil impresif di PSG.

Baca Juga: 6 Klub Tersukses dalam Sejarah Ligue 1 Prancis, Ternyata Bukan PSG!

1. Thiago Silva

Selain Neymar, Inilah 6 Pemain Top Brasil yang Pernah Berkostum PSGpsgtalk.com

Bersinar dan digadang-gadang sebagai penerus Paolo Maldini di AC Milan, Thiago Silva malah diboyong PSG pada tahun 2012 dengan harga 42 juta euro. Harga tinggi itu memang setimpal dengan performa yang ia tampilkan.

Thiago Silva menjadi benteng tangguh pertahanan PSG selama delapan musim mengabdi. Dia bahkan didapuk menjadi kapten klub. Selama masa baktinya itu, dia telah mempersembahkan 25 trofi domestik. Namun, musim ini sang pemain tidak memperpanjang kontraknya dan memilih hengkang ke Chelsea dengan status bebas transfer.

2. Lucas Moura

Selain Neymar, Inilah 6 Pemain Top Brasil yang Pernah Berkostum PSGgoal.com/Getty Images

Lucas Moura direkrut PSG dari Sao Paulo pada tahun 2012 dengan harga 40 juta euro. Dia menjadi bagian penting dari era revolusi PSG untuk menguasai Ligue 1. Sang winger kanan mencatatkan 229 laga dengan torehan 48 gol dan 46 assist selama lima musim berkostum PSG.

Pada tahun 2017 posisinya mulai tergeser dengan kedatangan deretan bintang baru, seperti Kylan Mbappe dan Neymar. Dia pun kemudian dilepas ke Tottenham Hotspur dengan banderol 28,4 juta euro.

3. Dani Alves

Selain Neymar, Inilah 6 Pemain Top Brasil yang Pernah Berkostum PSGgoal.com/Getty Images

Usai meraih segalanya bersama Barcelona selama delapan musim, Dani Alves terus bersinar ketika hijrah ke Juventus pada musim 2016/2017. Sang bek kiri mempersembahkan Scudetto dan Coppa Italia selama semusim di Turin.

Dia kemudian diboyong PSG pada tahun 2017 ketika usianya telah 33 tahun. Kemampuannya tak pernah habis. Dani Alves tampil dalam 73 laga dengan mencetak 8 gol dan 18 assist serta mempersembahkan 2 trofi Ligue 1 selama 2 musim di Paris. Kini, di usia 37 tahun, sang pemain masih aktif dengan membela klub masa kecilnya, Sao Paulo.

4. David Luiz

Selain Neymar, Inilah 6 Pemain Top Brasil yang Pernah Berkostum PSGbleacherreport/Getty Images

Pada tahun 2014 lalu, secara mengejutkan, David Luiz meninggalkan Chelsea usai direkrut PSG dengan harga 49,5 juta euro. Dia mengoleksi 89 laga dengan koleksi delapan gol selama berkostum PSG. Uniknya, dia hanya bertahan dua musim usai dibawa pulang The Blues dengan mahar 35 juta euro.

Sepanjang kariernya itu, dia sukses memberikan 2 gelar Ligue 1 untuk PSG serta Liga Champions dan 1 trofi Premiere League untuk The Blues. Ketika kontraknya di Chelsea habis pada 2019 lalu, sang pemain kemudian bergabung dengan Arsenal.

5. Leonardo

Selain Neymar, Inilah 6 Pemain Top Brasil yang Pernah Berkostum PSGtwitter.com/ParisSG_Brasil

Saat ini Leonardo bertugas sebagai Direktur Teknik PSG. Namun, tak banyak yang tahu bahwa ia juga pernah membela PSG ketika berkarier sebagai pemain. Dia berkostum PSG selama musim 1996/1997 dengan catatan 10 gol dari 45 laga. Performanya kala itu menarik minat AC Milan yang merekrutnya di akhir musim.

Sebagai Direktur Teknik, Leonardo merupakan sosok yang bertanggung jawab mendatangkan banyak bintang ke PSG dalam beberapa musim terakhir, termasuk Neymar dan Kylian Mbappe.

6. Ronaldinho

Selain Neymar, Inilah 6 Pemain Top Brasil yang Pernah Berkostum PSGmirror.co.uk

PSG adalah klub yang pertama kali memboyong Ronaldinho ke kompetisi Eropa. Sang pemain direkrut pada 2001 dari klub Brasil, Gremio, dengan harga 5 juta euro. Bakat dan potensinya berkembang pesat di Paris dengan tampil dalam 77 laga dan mengoleksi 25 gol serta 17 assist.

Pada tahun 2003 Barcelona merekrut sang pemain dengan harga tinggi kala itu, yakni 32,2 juta euro. Setelahnya sejarahlah yang berbicara. Ronaldinho meraih segalanya bersama Blaugrana baik di level klub maupun di level individu, termasuk Ballon d'Or dan Best FIFA Men's Player.

 

Itulah enam pemain bintang asal Brasil yang pernah berkostum PSG sepanjang sejarah klub selain Neymar. Performa apik yang mereka tampilkan mampu memberikan kontribusi trofi bagi klub ataupun lonjakan karier bagi sang pemain. Siapa lagi pemain Brasil yang akan gabung PSG di masa depan?

Baca Juga: 10 Gelandang Serang Terbaik Sepanjang Masa, Zidane Hingga Ronaldinho 

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya