5 Pemain Top yang Memaksa Gabung Barcelona, Ada Griezmann!

Ada yang menolak bermain dan latihan

Dalam satu dekade terakhir, strategi transfer Barcelona dinilai berubah cukup drastis. Jika dulu kerap mengandalkan pemain lulusan akademi La Masia, kini mereka lebih mengutamakan pemain bintang dengan biaya transfer tinggi. Sialnya, tidak semua bintang yang mereka datangkan bisa berkontribusi dengan baik.

Tawaran dari klub sebesar Barcelona memang sulit ditolak pemain mana pun. Dua dekade terkahir mereka dinilai sebagai salah satu klub terbaik di dunia. Beberapa pemain berikut bahkan melakukan berbagai cara agar transfernya ke Barcelona bisa terwujud, bahkan memaksa mantan klubnya. Siapa saja? Ini ulasannya.

1. Cesc Fabregas

5 Pemain Top yang Memaksa Gabung Barcelona, Ada Griezmann!Cesc Fabregas (fcbarcelona.com)

Cesc Fabregas merupakan lulusan akademi La Masia, yang berkembang menjadi salah satu gelandang terbaik dunia saat gabung Arsenal pada usia 16 tahun. Di klub asal London itu, Fabregas menorehkan berbagai rekor, termasuk menjadi kapten termuda kedua dalam sejarah klub. Namun sepanjang itu juga desas-desus dirinya bakal kembali ke Barcelona terus berkembang.

Setelah membawa Spanyol menjadi juara Piala Dunia 2010, Barcelona mulai merealisasikan ketertarikannya pada Fabregas. Kabar ini semakin panas pada tahun 2011 ketika Fabregas menolak untuk berpartisipasi dalam tur pra-musim Arsenal. Setelah melewatkan pertandingan pertama musim 2011-12, diumumkan bahwa The Gunners telah menerima tawaran 34 juta euro untuk transfer kapten mereka ke Barcelona.

2. Ousmane Dembele

5 Pemain Top yang Memaksa Gabung Barcelona, Ada Griezmann!talksport.com

Setelah melepas Neymar Jr sebagai rekor transfer termahal sepanjang masa, Barcelona targetkan Ousmane Dembele sebagai penggantinya. Kabar ini pun kemudian ditanggapi positif oleh sang pemain, yang menilai itu sebagai kesempatan sekali seumur hidup. Untuk memaksa Dortmund melepasnya, Dembele bahkan menolak untuk menghadiri latihan agar transfer ini segera terlaksana.

Dortmund pada akhirnya melepas pemain yang baru tampil selama satu musim. Dia diboyong dengan mahar tinggi 105 juta euro atau sekitar Rp1,8 triliun. Ini menjadi sebuah keuntungan besar bagi Dortmund, tapi kerugian besar bagi Barcelona karena setelah 4 musim di Camp Nou Dembele lebih sering mengalami cedera, dan sempat kesulitan adaptasi.

Baca Juga: Diisukan Hengkang, 6 Calon Klub Baru bagi Ousmane Dembele!

3. Philippe Coutinho

5 Pemain Top yang Memaksa Gabung Barcelona, Ada Griezmann!Philippe Coutinho (fcbarcelona.com)

Setelah tampil memukau bersama Liverpool, Barcelona tertarik untuk datangkan Philippe Coutinho pada 2018. Sadar akan minat Barcelona, Coutinho mengajukan permintaan transfer resmi ke Liverpool. Pemilik Liverpool, Fenway Sports Group, telah menangkis tawaran sebelumnya dari klub asal Catalan itu. Jurgen Klopp pun setuju karena masih membutuhkan sosoknya.

Coutinho kemudian bermain dalam 14 penampilan Premier League untuk The Reds sebelum melakukan pemberontakan kedua di jendela transfer musim dingin 2017-18. Dia menolak bermain pada Januari 2018, dengan alasan masalah kebugaran yang tiba-tiba. Beberapa hari kemudian, keinginan Coutinho untuk hengkang akhirnya dikabulkan oleh petinggi Liverpool, karena mereka menerima tawaran 135 juta euro dari Blaugrana.

Sialnya, transfer ini pun kemudian dinilai gagal karena Coutinho tampil tak sesuai ekspektasi. Padahal dia berstatus pemain termahal Barcelona sepanjang sejarah.

4. Javier Mascherano

5 Pemain Top yang Memaksa Gabung Barcelona, Ada Griezmann!Javier Mascherano (espn.in)

Javier Mascherano bergabung dengan Liverpool dengan status pinjaman pada musim dingin 2007, hanya 5 bulan setelah mendarat di West Ham. Selama satu setengah tahun berikutnya, Mascherano memenangkan hati para pendukung Liverpool dengan penampilannya yang luar biasa. The Reds akhirnya membuat transfernya permanen pada Juli 2008.

Mascherano terbukti menjadi andalan di lini tengah di Anfield, dengan total 139 penampilan untuk Liverpool. Namun, pada 2010, Barcelona mulai menunjukkan minat pada gelandang bertahan itu. Untuk memaksa transfer ke klub yang diinginkannya, Mascherano mulai menunjukkan tanda-tanda ketidakpuasan. Dia bahkan menolak bermain melawan Manchester City di pertandingan Premier League.

Dia kemudian dilepas Liveprool pada musim panas 2010 dengan mahar 20 juta euro atau sekitar Rp338 miliar. Di Barcelona dia kemudian mendapatkan semua trofi bergengsi selama 8 tahun di Camp Nou..

5. Antoine Griezmann

5 Pemain Top yang Memaksa Gabung Barcelona, Ada Griezmann!fcbarcelonanoticias.com

Ketertarikan Barcelona pada Antoine Griezmann dikenal luas karena mereka telah mengejar penyerang Atletico Madrid itu untuk waktu yang cukup lama. Los Rojiblancos sempat tidak khawatir karena pada tahun 2018 bintang mereka mengumumkan bahwa dia tidak akan meninggalkan Wanda Metropolitano dalam waktu dekat.

Namun, semua berubah ketika Barcelona datang sekali lagi pada tahun 2019. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, Griezmann kali ini tertarik dengan tawaran itu. Meskipun menandatangani kontrak baru lima tahun dan merilis film dokumenter berjudul La Decision untuk menjanjikan masa depannya bersama Atletico Madrid, Griezmann hengkang ke Barcelona 13 bulan kemudian.

Untuk memaksa Atletico melepasnya, dia melakukan pemogokan, dan menolak untuk muncul di sesi latihan. Selanjutnya, Diego Simeone yang tak berdaya terpaksa menjual bintangnya itu ke Barcelona dengan biaya transfer 120 juta euro atau sekitar Rp2 triliun.

Kesempatan untuk bergabung dengan Barcelona memang sebuah tawaran yang sulit untuk ditolak. Gabung Barcelona artinya kesempatan meraih gelar bergengsi semakin besar. Sayangnya tidak semua pemain yang memaksa gabung Barcelona bisa memiliki karier yang lancar. Bahkan beberapa di antaranya berakhir tragis.

Baca Juga: Griezmann Kena Bully Usai Messi Cabut dari Barcelona

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya