5 Pemain Top yang Pernah Menggunakan Nomor Punggung 8 di Arsenal

Martin Odegaard jadi nama terbaru

Arsenal akhirnya resmi permanenkan jasa Martin Odegaard dari Real Madrid setelah musim lalu sempat berstatus pinjaman. Dia diboyong dengan harga 35 juta euro dengan durasi kontrak lima tahun, dan bakal mengenakan nomor punggung 8.

Musim lalu nomor tersebut digunakan Dani Ceballos yang kini kembali ke Real Madrid. Dalam sejarahnya, nomor 8 cukup ikonik di antara fans The Gunners karena pernah diisi oleh para pemain top. Berikut ini di antaranya.

1. Paul Davis

5 Pemain Top yang Pernah Menggunakan Nomor Punggung 8 di ArsenalPaul Davis (twitter.com/Arsenal)

Paul Davis merupakan salah satu pemain paling lama membela Arsenal. Dia berkostum The Gunners selama 16 tahun kariernya dari 1978 hingga 1994. Sepanjang waktunya itu, dia mempersembahkan 1 Piala Winners dan 1 Community Shield.

Pemain berposisi gelandang itu mencatatkan 143 pertandingan. Selama itu juga dia kerap berganti-ganti nomor punggung, namun nomor 8 menjadi salah satu yang terlama dan ikon sang pemain.

2. Ian Wright

5 Pemain Top yang Pernah Menggunakan Nomor Punggung 8 di ArsenalIan Wright (redandwhitekop.com)

Ian Wright merupakan bintang The Gunners di era 1990-an. Dia berkostum Arsenal dari 1991 hingga 1998 setelah diboyong dari Crystal Palace. Selama masa baktinya itu dia sukses persembahkan 1 gelar Premier League, 2 FA Cup dan 1 Piala Winners.

Dia juga merupakan top skor Premier League musim 1991/1992 dengan 29 gol. Wright menorehkan 153 gol untuk Arsenal dari 255 pertandingan di semua ajang, dan dianggap sebagai salah satu pemegang nomor punggung 8 terbaik di Arsenal.

Baca Juga: 5 Pemain Arsenal yang Memakai Nomor Punggung 9 Sebelum Lacazette

3. Freddie Ljungberg

5 Pemain Top yang Pernah Menggunakan Nomor Punggung 8 di ArsenalFreddie Ljungberg (planetfootball.com)

Freddie Ljungberg adalah sosok ikonik nomor 8 di Arsenal era 2000-an. Dia gabung ke The Gunners pada 1998 dari klub Swedia, Halmstad. Selama 9 tahun berkostum Arsenal, winger asal Swedia itu sukses persembahkan 2 trofi Premier League dan 3 FA Cup.

Bersama Thierry Henry dan Dennis Bergkamp, Ljungberg menjadi bagian dari generasi emas Arsenal, The Invincible. Usai meninggalkan Meriam London, dia sempat membela West Ham, Celtic dan Mumbai City.

4. Mikel Arteta

5 Pemain Top yang Pernah Menggunakan Nomor Punggung 8 di ArsenalMikel Arteta (bleacherreport.com)

Sebelum dikenakan Aaron Ramsey dan Dani Ceballos, nomor 8 merupakan milik pelatih Arsenal saat ini, Mikel Arteta. Dia gabung The Gunners pada 2011 usai didatangkan dari Everton.

Arsenal menjadi klub terakhirnya sebagai pemain setelah putuskan gantung sepatu pada 2016. Dia mencatatkan 150 pertandingan bersama Arsenal di semua ajang dengan persembahan 2 FA Cup dan 2 Community Shield.

5. Martin Odegaard

5 Pemain Top yang Pernah Menggunakan Nomor Punggung 8 di ArsenalMartin Odegaard (twitter.com/OdegaardFC)

Musim lalu, Martin Odegaard menjalani masa peminjaman selama 6 bulan, dan mengenakan nomor punggung 11 di Arsenal. Dia tampil cukup menjanjikan dengan tampil dalam 20 laga, dan mencetak 2 gol serta 2 assists

Puas dengan performanya, Odegaard baru saja diresmikan menjadi milik penuh Arsenal. Dia ditebus dengan harga 35 juta euro atau sekitar Rp589 miliar dari Real Madrid. Dia memilih mengenakakn nomor punggung 8 untuk musim baru ini. 

 

Itulah deretan pemain top yang pernah menggunakan nomor punggung 8 di Arsenal. Mayoritas pemain mampu memberikan pengaruh signifikan. Kini, tugas tersebut diemban oleh Martin Odegaard untuk mengembalikan The Gunners ke papan atas Premier League.

Baca Juga: 6 Pemain Pemakai Nomor Punggung 10 Arsenal di Era Premier League

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya