Comscore Tracker

5 Pemain U-20 di Premier League yang Layak Dapat Perhatian Musim Ini

Mereka sudah jadi andalan tim-tim besar, lho!

Sebagai kompetisi paling kompetitif di Eropa, Premier League musim ini sangat menarik menyusul kehadiran para pemain bintang baru. Namun, di balik itu semua, satu hal yang tak kalah menarik adalah kehadiran para pemain muda, yang masih di bawah usia 19 tahun. Mereka digadang-gadang sebagai calon bintang masa depan.

Perkembangan mereka menjadi perhatian tersendiri karena potensi besar yang dimiliki, dan sukses menjadi andalan tim senior di usia masih sangat muda. Musim ini mereka diprediksi mampu berbuat banyak dan mengesankan. Siapa saja? Ini ulasannya.

1. Bryan Gil

5 Pemain U-20 di Premier League yang Layak Dapat Perhatian Musim IniBryan Gil (football.london)

Ketika Tottenham Hotspur menyelesaikan kesepakatan seharga 21,6 juta pounds plus Erik Lamela untuk memboyong Bryan Gil dari Sevilla, banyak pihak berheran-heran. Apalagi sang pemain baru berusia 20 tahun. Sebelumnya, Gil menjalani masa peminjaman di Eibar dari Sevilla sepanjang musim 2020/21 dengan tampil dalam 26 pertandingan.

Bryan Gil merupakan seorang pemain sayap yang bertalenta, gaya permainannya sesuai dengan rencana permainan manajer yang baru Nuno Espirito Santo. Musim ini dia baru tampil dalam 2 laga di semua ajang. Dia juga menjadi bagian dari timnas Spanyol yang berhasil menyabet emas di Olimpiade 2020.

2. Billy Gilmour

5 Pemain U-20 di Premier League yang Layak Dapat Perhatian Musim IniBilly Gilmour (footballreporting.com)

Billy Gilmour tidak diragukan lagi sebagai calon gelandang masa depan Chelsea. Namun, musim ini dia dipinjamkan ke Norwich demi dapatkan waktu bermain lebih, dan mengembangkan permainannya.

Sejak melakukan debutnya di bawah asuhan Frank Lampard, Gilmour telah menunjukkan potensinya. Pemain berusia 20 tahun itu telah menjadi starter di 3 pertandingan pembuka Norwich musim ini.

Dia sendiri diplot sebagai pengganti Emily Buendia yang hengkang ke Aston Villa musim ini. Sebelumnya, bersama Chelsea sang pemain telah memainkan 22 laga, dan menjadi bagian timnas Skotlandia di Piala Eropa 2020.

Baca Juga: 5 Pemain Muda yang Layak Diwaspadai di Liga Champions Musim 2021/2022

3. Curtis Jones

5 Pemain U-20 di Premier League yang Layak Dapat Perhatian Musim IniCurtis Jones (caughtoffside.com)

Curtis Jones adalah prospek masa depan Liverpool yang dinilai sebagai calon bintang. Dia merupakan Pemain Terbaik Premier League 2 musim 2019/20 bersama Liverpool U23, dan melakukan debut pada 2020 di bawah asuhan Jurgen Klopp. Pemain 20 tahun itu sudah menorehkan 48 laga dengan torehan 7 gol dan 6 assists untuk tim senior The Reds.

Selain potensi yang dimilikinya, Jones memiliki mobilitas dan kemampuan dribbling yang mumpuni. Gelandang tengah itu tampil apik di lini tengah Liverpool ketika banyak gelandang lainnya alami cedera musim lalu.

Faktor lain yang membantu perkembangannya saat ini adalah kepergian Wijnaldum, yang hijrah ke PSG. Laga debutnya musim ini terjadi pada ajang Liga Champions kala mengalahkan AC Milan 3-2.

4. Mason Greenwood

5 Pemain U-20 di Premier League yang Layak Dapat Perhatian Musim IniPemain Manchester United, Mason Greenwood (marca.com).

Meski baru berusia 19 tahun, Mason Greenwood sudah mencatatkan banyak laga untuk Setan Merah. Dia sudah melakukan debutnya sejak usia 17 tahun, dan membuat Ole Gunnar Solskjaer langsung terkesan.

Pelatih asal Norwegia itu telah memberinya 109 penampilan di Premier League sejauh ini. Dia pun telah mengoleksi 19 gol dan 10 assists di semua ajang.

Musim ini menjadi awal terbaik dalam kariernya. Sang pemain telah mencetak 3 gol dari 4 laga Premier League. Dengan kehadiran Cristiano Ronaldo di skuad MU musim ini, Greenwood diharapkan bisa berkembang pesat, dan menjadi striker masa depan MU.

5. Bukayo Saka

5 Pemain U-20 di Premier League yang Layak Dapat Perhatian Musim IniBukayo Saka (forbes.com)

Bukayo Saka baru berusia 19 tahun, namun sudah menjadi andalan timnas Inggris di Piala Eropa 2020. Tidak hanya itu, dia pun mulai menjadi pemain kunci Mikel Arteta di Arsenal. Terlepas dari performa buruk The Gunners, Saka menjadi pemain yang tampil konsisten. Dia sudah menorehka 93 pertandingan dengan catatan 12 gol dan 21 assists di semua ajang.

Saka merupakan sayap dengan dribbling dan kecepatan yang mengesankan. Dengan peran besar yang dimilikinya musim ini, banyak pihak menanti perkembangan calon bintang timnas Inggris ini.

 

Meski terkadang menjadi kompetisi yang kurang ramah untuk pemain muda, dalam beberapa musim terakhir Premier League mulai kebanjiran para pemain muda berbakat. Mereka bahkan tampil di tim-tim raksasa seperti Liverpool dan Manchester United. Ini tentunya menjadi kabar baik karena bakal memberikan manfaat juga bagi timnas Inggris. Bisakah mereka konsisten di usianya  yang masih sangat muda tersebut?

Baca Juga: 7 Pemain Muda yang Merupakan Anak Mantan Pemain Ternama, Siapa Saja?

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya