5 Pertandingan Piala Eropa dengan Skor Terbesar Sepanjang Sejarah

Pesta gol, seru banget!

Sebagai turnamen paling bergengsi di benua Eropa, skor besar adalah hal yang jarang terjadi. Apalagi ajang ini diisi oleh negara-negara yang memiliki kultur sepak bola kuat, dan setiap tim cenderung bermain hati-hati dan ketat.

Namun dalam sejarahnya, terdapat beberapa laga yang ikonik. Tidak hanya berjalan sengit, tetapi juga menghasilkan skor besar. Nah, berikut ini adalah 5 laga dengan skor kemenangan terbesar dalam sejarah Piala Eropa.

1. Prancis 4-5 Yugoslavia (Piala Eropa 1960)   

https://www.youtube.com/embed/nFMsShu9zcQ

Rekor pertandingan dengan skor tertinggi di Piala Eropa masih belum terpecahkan, yaitu laga antara Prancis melawan Yugoslavia pada tanggal 6 Juli 1960. Ini juga merupakan edisi pertama Piala Eropa, yang diselenggarakan di Prancis. Dalam laga yang seru ini Yugoslavia menang atas Prancis dengan skor 5-4.

Gol-gol kedua tim dicetak oleh Milan Galic, Ante Zanetic, Tomislav Knez dan Drazan Jerkovic untuk Yugoslavia. Sedangkan Prancis dicetak oleh Jean Vincent, Francois Heutte dengan dua gol dan Maryan Wisnieski.

Di final sendiri Yugoslavia kemudian kalah dari Uni Soviet dengan skor 2-1. Turnamen ini sendiri hanya diikuti oleh empat negara kala itu, Prancis, Cekoslowakia, Yugoslavia dan Uni Soviet.

2. Kroasia 3-5 Spanyol (Piala Eropa 2020)   

https://www.youtube.com/embed/S2gBJuBdnds

Laga Spanyol melawan Kroasia di babak 16 besar Piala Eropa 2020 berjalan sangat menarik. Kroasia lebih dulu unggul lewat gol bunuh diri Pedri akibat kiper Spanyol, Unai Simon, tak dapat menerima umpan dari Pedri dengan baik dan malah masuk ke gawang sendiri.

Namun, Spanyol berhasil menyamakan skor melalui Pablo Sarabia yang membuat babak pertama berakhir imbang 1-1. Di babak kedua, Spanyol menggila dengan mencetak dua gol lewat gol Azpilicueta dan Ferran Torres.

Laga tampaknya akan berakhir untuk kemenangan tim Matador. Namun, Kroasia secara mengejutkan mampu mencetak gol di lima menit terakhir laga lewat gol Mislav Orsic dan Mario Pasalic, sehingga laga dilanjutkan ke babak extra time.

Di babak ini, mental Spanyol lebih teruji. La Roja kembali unggul dua gol lewat gol Alvaro Morata dan Mikel Oyarzabal. Dengan hasil ini, Spanyol lolos ke perempat final dan akan menghadapi Swiss.

Baca Juga: 5 Pertandingan Paling Mengejutkan dalam Sejarah Piala Eropa, Apa Saja?

3. Yugoslavia 3-4 Spanyol (Piala Eropa 2000)   

https://www.youtube.com/embed/rzqyc4KaUeA

Yugoslavia pernah terlibat dalam pertandingan yang menghasilkan tujuh gol pada Piala Eropa edisi 2000. Pertandingan Grup C mempertemukan Yugoslavia dan Spanyol yang berjalan sangat seru, dan laga berakhir dengan skor 3-4 untuk kemenangan Spanyol. Pertandingan itu sangat menghibur karena Spanyol mencetak dua gol di akhir injury time untuk merebut tiga poin dari tangan Yugoslavia.

Kedua tim sendiri lolos sebagai juara dan runner up, tetapi mereka mengalami nasib yang sama. Keduanya kalah di babak knock out. Spanyol disingkirkan Prancis dengan skor 2-1, sedangkan Yugoslavia dipermalukan Belanda dengan skor 6-1.

4. Belanda 6-1 Yugoslavia (Piala Eropa 2000)   

https://www.youtube.com/embed/R_GoO44Q_Is

Piala Eropa 2000 bukan turnamen yang menyenangkan bagi Yugoslavia. Setelah kalah dengan skor 4-3 dari Spanyol di fase grup, mereka mengalami nasib lebih buruk di babak knock out, dipermalukan Belanda dengan skor 6-1.

Patrick Kluivert mencetak hat-trick dalam laga tersebut, sedangkan Marc Overmars mencetak brace. Satu gol lainnya tercipta karena gol bunuh diri. Satu-satunya gol Yugoslavia diceploskan oleh Savo Milosevic.

Turnamen ini sendiri menjadi ajang terakhir Yugoslavia sebagai negara mandiri sebelum akhirnya pecah menjadi Bosnia & Herzegovina, Kroasia, Makedonia Utara, Montenegro, Serbia. dan Slovenia.

5. Prancis 5-2 Islandia (Piala Eropa 2016)

https://www.youtube.com/embed/NLIRrhhPRIQ

Perjalanan fantastis Islandia di Piala Eropa 2016 berakhir setelah Prancis menghentikan langkah mereka di babak perempat final. Prancis termasuk di antara favorit untuk memenangkan turnamen karena keunggulan tuan rumah. Seperti yang diharapkan, mereka mencapai final, tetapi kalah dari Portugal.

Selama perjalanan mereka ke final turnamen, Prancis menghancurkan Islandia dengan skor 5-2 di perempat final. Thriller tujuh gol tersebut tercipta melalui brace Olivier Giroud, Paul Pogba, Dimitri Payet dan Antoine Griezmann bagi Prancis. Sedangkan dua gol Islandia dicetak oleh Kolbein Sigthorsson dan Birkir Bjarnason.

 

Piala Eropa 2020 telah berakhir dengan Italia yang berhasil juara. Kemenangan 5-3 Spanyol atas Kroasia di babak 16 besar menjadi skor terbesar edisi kali ini. Menariknya di Piala Eropa 2020, tim-tim besar seperti Portugal, Prancis, dan Belanda telah gugur dikalahkan tim-tim kuda hitam seperti Swiss dan Republik Ceko yang tampil tajam di fase knock out.

Baca Juga: 6 Fakta Setelah Italia Kalahkan Inggris di Final Piala Eropa 2020

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya