Comscore Tracker

Calon Juara! 5 Rekor Fantastis yang Dicetak Italia di Piala Eropa 2020

Mereka tim pertama yang lolos ke fase knock out

Sepak bola Italia sempat mencapai titik nadir ketika pada 2018 gagal lolos ke Piala Dunia di bawah asuhan Giampiero Ventura. Setelahnya, posisi Italia di peringkat FIFA pun semakin terperosok. Namun, mereka kemudian bangkit di bawah pelatih baru, Roberto Mancini. Perlahan tapi pasti mereka menunjukan kembali mental juara yang sebenarnya.

Di Piala Eropa 2020 ini mereka telah membuktikannya dengan meraih dua kemenangan pada laga awal fase grup. Kehebatan ini pun diiringi oleh berbagai rekor yang mengikuti. Apa saja itu? Ini ulasannya.

1. Tim pertama yang lolos ke fase knock out

Calon Juara! 5 Rekor Fantastis yang Dicetak Italia di Piala Eropa 2020Selebrasi kemenangan Italia (twitter.com/azzurri)

Italia dianggap sebagai salah satu kuda hitam untuk Piala Eropa 2020, tetapi sekarang terlihat sebagai salah satu favorit untuk mengangkat trofi setelah memenangkan dua pertandingan pembukaan mereka di Grup A melawan Turki dan Swiss.

Raihan ini menjadikan mereka tim pertama yang mengamankan tempat di babak 16 besar. Roberto Mancini telah menemukan keseimbangan luar biasa dalam tim yang kuat di setiap posisi yang berisi perpaduan antara pengalaman dan talenta muda.

2. 10 kemenangan beruntun

Calon Juara! 5 Rekor Fantastis yang Dicetak Italia di Piala Eropa 2020Selebrasi gol Italia (twitter.com/azzurri)

Italia kini telah memenangkan dua pertandingan di Piala Eropa 2020 mereka sejauh ini. Namun, rekor kemenangan mereka sudah dimulai sejak babak kualifikasi. Sebelum berlaga di turnamen ini, Italia telah meraih 8 kemenangan beruntun. Kemenangan melawan Swiss adalah kemenangan ke-10 berturut-turut mereka.

Pertandingan terakhir saat Italia gagal meraih kemenangan adalah melawan Belanda pada Oktober 2020 dalam pertandingan UEFA Nations League saat berakhir imbang 1-1. Sejak itu mereka telah mengalahkan Estonia, Polandia, Bosnia & Herzegovina, Irlandia Utara, Bulgaria, Lithuania, San Marino, Republik Ceko, Turki, dan Swiss.

Baca Juga: Timnas Italia yang Sempurna di Piala Eropa 2020

3. 10 clean sheet beruntun

Calon Juara! 5 Rekor Fantastis yang Dicetak Italia di Piala Eropa 2020Giorgio Chiellini (twitter.com/azzurri)

Pertahanan Italia menjadi yang terbaik di antara tim-tim Eropa lainnya saat ini. Ini tergambar dari 10 laga terakhir. Mereka tidak hanya menang, tetapi juga menang tanpa kebobolan satu pun gol.

Dalam dua laga Piala Eropa terakhir, Italia bahkan menang dengan skor telak, 3-0. Negara ini terkenal karena menghasilkan beberapa bek terbaik dalam sejarah dan saat ini diisi oleh dua bek senior, Leonardo Bonucci dan Giorgio Chiellini.

4. Tak terkalahkan dalam 29 laga terakhir

Calon Juara! 5 Rekor Fantastis yang Dicetak Italia di Piala Eropa 2020Selebrasi gol Italia (twitter.com/azzurri)

Italia mengalami nasib buruk pada 2018 lalu karena gagal lolos ke Piala Dunia. Sejak saat itu mereka pun berbenah dengan mengangkat Roberto Mancini sebagai pelatih utama. Sejak itu, mantan pelatih Manchester City itu berhasil membangun kembali skuad Azzuri yang menakutkan di Eropa.

Di bawah asuhannya, Italia tak terkalahkan dalam 29 laga terakhir di laga internasional. Terakhir kali mereka mengalami kekalahan adalah ketika melawan Portugal di UEFA Nations League. Kekalahan itu terjadi pada 11 September 2018.

5. Mencetak 31 gol sejak terakhir kali kebobolan

Calon Juara! 5 Rekor Fantastis yang Dicetak Italia di Piala Eropa 2020Manuel Locatelli cetak gol untuk Italia (twitter.com/azzurri)

Italia dikenal lewat gaya permainan bertahan mereka, tetapi di bawah asuhan Roberto Mancini mereka pun tampil lebih menyerang. Terakhir kali Italia kebobolan adalah melawan Belanda yang dicetak oleh pemain Manchester United, Donny van de Beek pada 15 Oktober 2020.

Dalam 10 pertandingan sejak itu Italia telah mencetak 31 gol tanpa kebobolan satu pun. Mereka sangat solid di setiap posisi. Posisi striker sendiri diisi nama-nama berpengalaman seperti, seperti Lorenzo Insigne dan Ciro Immobile yang masing-masing sudah mencetak gol di Piala Eropa 2020.

 

Dengan deretan rekor luar biasa yang dicetak sejak babak kualifikasi, Italia kini dianggap sebagai tim favorit juara. Dengan deretan pemain berpengalaman dan pemain muda penuh talenta serta tangan dingin Roberto Mancini, bukan tak mungkin Piala Eropa 2020 akan menjadi trofi keduanya dalam sejarah.

Baca Juga: 5 Hal Menarik Saat Italia Permalukan Swiss di Grup A Piala Eropa 2020 

Firli N. Purnagara Photo Verified Writer Firli N. Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya