5 Rekor Internasional yang Belum Terpecahkan dalam Sejarah Sepak Bola

Mungkinkah bisa dipecahkan?

Timnas Italia baru saja mencetak rekor baru sebagai tim tak terkalahkan terpanjang di laga internasional dalam 36 laga beruntun. Gli Azzurri mematahkan rekor yang telah lama dipegang oleh Brasil. Rekor lainnya yang baru terpecahkan adalah top skor sepanjang masa di laga internasional oleh Cristiano Ronaldo.

Dua rekor tersebut sebelumnya telah bertahan sangat panjang, namun akhirnya terpatahkan oleh performa luar biasa Italia dan Cristiano Ronaldo. Meski demikian, beberapa rekor internasional lainnya masih bertahan hingga detik ini. Apa saja itu?

1. Pencetak gol terbanyak dalam satu turnamen Piala Dunia

5 Rekor Internasional yang Belum Terpecahkan dalam Sejarah Sepak BolaJust Fontaine (goal.com)

Just Fontaine dari Prancis memegang rekor jumlah gol terbanyak dalam satu turnamen Piala Dunia. Rekor tersebut dia torehkan pada Piala Dunia 1958 dengan catatan 13 gol, dan masih bertahan hingga saat ini.

Fontaine adalah striker yang akrab dengan gol di turnamen terbesar ini. Dia telah mencetak 30 gol hanya dalam 21 pertandingan untuk Les Bleus.

Rekor gol terbanyaknya dalam satu Piala Dunia telah bertahan selama 63 tahun, dan mungkin masih akan terus bertahan dalam waktu yang lama. Pemain-pemain top seperti Ronaldo Nazario, Cristiano Ronaldo, hingga Lionel Messi pun tak sanggup memecahkan rekor ini.

2. Jumlah penonton terbanyak di ajang internasional

5 Rekor Internasional yang Belum Terpecahkan dalam Sejarah Sepak Bolapotret final Piala Dunia 1950 (thescore.com)

Final Piala Dunia 1950 antara Brasil dan Uruguay memegang rekor jumlah penonton tertinggi dalam pertandingan sepak bola internasional. Stadion Maracana yang ikonik di Rio De Janeiro ini menampung 199.854 orang di tribunnya untuk menyaksikan negara mereka memenangkan Piala Dunia untuk pertama kalinya.

Namun, mimpi mereka gagal terwujud ketika Uruguay keluar sebagai pemenang. Gol kemenangan Ghiggia dengan 11 menit tersisa membuat lautan penonton dan pendukung Brasil bersedih.

Ini adalah salah satu rekor terpanjang dalam sepak bola, dan tampaknya tidak akan pernah bisa dilampaui dengan stadion yang sekarang hanya diizinkan untuk penonton terbatas karena alasan keamanan penonton.

Baca Juga: 5 Legenda Sepak Bola yang Tidak Pernah Bermain di Kompetisi Eropa

3. Pemain dengan raihan Piala Dunia terbanyak

5 Rekor Internasional yang Belum Terpecahkan dalam Sejarah Sepak Bolapotret Pele saat juarai Piala Dunia 1970 (si.com)

Mengangkat Piala Dunia bersama tim nasional adalah impian yang dimiliki setiap pesepakbola. Ini adalah puncak karier mereka. Sementara memenangkan satu Piala Dunia adalah tujuan seumur hidup bagi para pemain, namun Pele adalah cerita lain.

Dia adalah pemegang rekor dan satu-satunya pemain yang memenangkan tiga Piala Dunia. Pele berhasil menjuarai turnamen tahun 1958, 1962 dan 1970. Rekornya yang berhasil raih tiga kali Piala Dunia telah bertahan selama lebih dari setengah abad.

4. Pemain dengan caps terbanyak untuk tim nasional

5 Rekor Internasional yang Belum Terpecahkan dalam Sejarah Sepak Bolapotret Soh Chin Ann (thailandaily.com)

Legenda Malaysia, Soh Chin Ann memegang rekor jumlah caps internasional terbanyak. Bek tengah itu membuat 222 penampilan untuk Malaysia dan mencetak 13 gol. Ann membuat penampilan ke-200 pada tahun 1983.

Dia menjadi pemain pria pertama yang membuat 200 penampilan di sepak bola internasional. Dia memainkan pertandingan terakhirnya pada tahun 1984, dan rekor 222 pertandingannya telah bertahan sejak saat itu. 

5. Pemain dengan penampilan terbanyak dalam sejarah sepak bola

5 Rekor Internasional yang Belum Terpecahkan dalam Sejarah Sepak BolaPeter Shilton (eurosport.com)

Penjaga gawang Inggris, Peter Shilton memegang rekor penampilan terbanyak dalam sejarah sepak bola profesional. Pada musim 1996/97, Shilton tampil dalam pertandingan profesional terakhir dan ke-1.387-nya. Dia juga memegang rekor penampilan terbanyak untuk Inggris dengan 125 caps.

Karier Shilton membentang lebih dari tiga dekade dengan banyak klub. Rekornya telah bertahan selama 24 tahun. Salah satu klub yang pernah dia bela adalah Leicester City, West Ham, Nottingham Forest dan Bolton Wanderers. Dia adalah generasi emas Nottingham Forest ketika mempersembahkan dua trofi Liga Champions.

 

Itulah 5 rekor internasional yang masih bertahan sangat lama dan belum terpecahkan hingga saat ini. Meski bakal sulit dipecahkan, sebuah rekor sejatinya akan terpatahkan pada saatnya. Lalu, siapakah yang bisa mematahkan rekor-rekor tersebut?

Baca Juga: 5 Tragedi Kelam yang Terjadi di Stadion Sepak Bola, Mengerikan!

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya