Berbuah Trofi, Ini 5 Rekrutan Terbaik Chelsea dalam Sedekade Terakhir 

Siapa pemain favoritmu di Chelsea?

Sejak dimiliki taipan Rusia, Roman Abramovich, Chelsea bermetamorfosis menjadi sebuah klub besar di Eropa. Semua gelar bergengsi domestik dan Eropa sukses mereka raih dalam waktu satu dekade terakhir, 3 Premier League, 2 Liga Eropa dan 1 Liga Champions. Satu kunci sukses adalah transfer pemain.

The Blues tidak ragu dan selalu menyiapkan dana besar dalam mendatangkan pemain berkelas bintang. Dari sekian banyak, berikut ini 5 rekrutan terbaik Chelsea dalam satu dekade terakhir.

1. Eden Hazard

Berbuah Trofi, Ini 5 Rekrutan Terbaik Chelsea dalam Sedekade Terakhir telegraph.co.uk

Tidak diragukan lagi jika Eden Hazard bisa disebut sebagai pembelian terbaik sepanjang masa Chelsea. Playmaker asal Belgia itu bergabung dengan Chelsea pada 2012 dengan harga 35 juta euro dari Lille. Sejak musim pertama, ia langsung menarik perhatian di Premier League lewat skill dribbling dan akselerasinya.

Tidak hanya itu, ia pun sangat tajam dengan mencetak 110 gol dan 62 assist dari 352 penampilan selama tujuh musim berada di Stamford Bridge. 2 trofi Premier League dan Liga Eropa jadi bukti kontribusinya di Chelsea.

Namun musim panas lalu sang pemain memutuskan hijrah ke Real Madrid setelah ditebus dengan harga 100 juta euro.

2. Cesar Azpillicueta 

Berbuah Trofi, Ini 5 Rekrutan Terbaik Chelsea dalam Sedekade Terakhir squawka.com

Sejak ditinggalkan John Terry sebagai bek tangguh sekaligus kapten yang penuh karisma, The Blues tidak serta merta kehilangan sosok pemimpin tangguh lainnya. Cesar Azpillicueta meneruskan ban kapten John Terry dengan sangat baik, dan selalu menjadi pilihan dari setiap manajer di era Rafael Benitez, Jose Mourinho dan Frank Lampard.

Dia sendiri didatangkan Chelsea pada 2012 dari Mersaille hanya dengan banderol 8,8 juta euro. Bek kanan asal Spanyol itu telah menorehkan 374 penampilan untuk Chelsea hingga saat ini dan sosoknya sebagai pemain senior masih sangat berpengaruh di dalam skuat baik di lapangan ataupun di ruang loker pemain.

Baca Juga: Kalahkan Crystal Palace, Chelsea Naik Posisi di Papan Klasemen

3. N'Golo Kante

Berbuah Trofi, Ini 5 Rekrutan Terbaik Chelsea dalam Sedekade Terakhir bleacherreport.com

N'Golo Kante adalah kunci sukses Leicester City saat mencetak sejarah dengan menjadi juara Premier League perdana pada 2015/2016. Prestasi ini membuat Chelsea rela mengeluarkan dana 35,8 juta euro pada 2016 untuk sang pemain.  Keputusan ini pun terbukti tepat .

Di musim perdananya, ia langsung membawa Chelsea meraih gelar Premier League di bawah asuhan Antonio Conte. Meskipun pelatih silih berganti, Kante tetap tampil stabil di lini tengah The Blues. Tidak hanya di level klub, ia juga menjadi kunci timnas Prancis kala meraih Piala Dunia 2018.

4. Diego Costa

Berbuah Trofi, Ini 5 Rekrutan Terbaik Chelsea dalam Sedekade Terakhir premierleague.com

Chelsea dinilai sebagai klub yang selalu gagal mendatangkan sosok striker yang tajam meskipun berkelas bintang. Sebut saja Andry Shevchenko, Hernan Crespo hingga Alvaro Morata. Namun tidak selamanya gagal, sedikit striker juga yang mampu tampil gemilang. Jika Drogba merupakan rekrutan terbaik Chelsea di era 2000an, maka Diego Costa rekrutan striker terbaik dalam sedekade terakhir.

Dia didatangkan pada 2014 dari Atletico Madrid dengan harga 38 juta euro saat Chelsea dilatih Carlo Ancelotti. Di musim perdananya, ia langsung menjadi andalan dan berhasil membawa Chelsea meraih gelar Premier League, serta mencetak 20 gol. Dua musim kemudian, ia juga kembali menjadi kunci sukses The Blues meraih gelar Premier League di bawah asuhan Antonio Conte.

Total ia mencetak 58 gol dari 120 penampilan selama empat  musim di Chelsea.  Pada 2018 ia hengkang ke Atletico Madrid dengan harga 66 juta euro setelah berselisih dengan Antonio Conte.

5. Thibaut Courtois

Berbuah Trofi, Ini 5 Rekrutan Terbaik Chelsea dalam Sedekade Terakhir standard.co.uk

Thibaut Courtois diboyong Chelsea pada pada 2011 dari KRC Genk dengan harga 8,8 juta euro. Demi dapatkan waktu bermain, ia kemudian dipinjamkan ke Atletico Madrid selama tiga musim. Hebatnya, ia bertransformasi menjadi salah satu kiper terbaik di La Liga.

Courtois membantu Atletico meraih gelar La Liga, Liga Eropa dan UEFA Super Cup. Pada 2014 Chelsea pun membawanya pulang dan menjadikannya kiper utama penerus Petr Cech. Empat tahun di klub London, performanya sangat stabil dan menjadi bagian penting Chelsea meraih dua gelar Premier League pada musim 2014/2015 dan 2016/2017.

Total ia telah tampil dalam 154 laga untuk Chelsea dengan lakukan 58 clean sheet. Pada 2018 lalu ia dilepas Chelsea ke Real Madrid dengan harga 35 juta euro.

Kehadiran mereka terbukti menjadi kunci The Blues meraih berbagai gelar juara. Musim ini Chelsea sendiri telah resmi datangkan dua pemain baru, Hakim Ziyech dan Timo Werner, akankah ini juga berbuah manis?

Baca Juga: Thibaut Courtois Resmi Berseragam Real Madrid

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya