Kado Perpisahan, Ini 3 Alasan Arsenal Harus Kalahkan Atletico Madrid

Ini jadi musim terakhir Arsene Wenger!

Performa Arsenal musim ini memang sangat mengecewakan bagi para fansnya. Saat ini mereka hanya berada di posisi ke-6 klasemen sementara Liga Inggris. Mereka pun gagal meraih trofi Carabao Cup setelah kalah telak oleh Manchester City dengan skor 3-0 di babak final.

Kini harapan trofi satu-satunya Arsenal tinggalah Liga Eropa. Jumat dinihari nanti (27/04/2018) mereka akan menjamu Atletico Madrid di babak semifinal leg pertama Liga Eropa. Pertandingan ini pasti akan menyajikan sebuah pertandingan yang seru dan atraktif karena kedua klub dikenal sebagai tim yang mengandalkan serangan.

Khusus bagi Arsenal, jika mereka tak ingin mengakhiri musim ini tanpa trofi maka Liga Eropa merupakan sebuah harga mati yang harus mereka raih. Tampaknya hal tersebut bukanlah sebuah hal yang mustahil bagi mereka, kenapa? Dilansir dari Standard.co.uk dan BBC, berikut tiga alasan jika Arsenal akan mampu menyingkirkan Atletico Madrid untuk lolos ke babak final.

1. Trofi perpisahan untuk Arsene Wenger

Kado Perpisahan, Ini 3 Alasan Arsenal Harus Kalahkan Atletico Madridtwitter.com/Arsenal

Sebuah kabar mengejutkan hadir dari Emirates Stadium, pelatih yang telah menangani mereka selama 22 tahun akan mengundurkan diri pada akhir musim ini. Artinya, musim ini akan menjadi musim terakhir era kepelatihan Arsene Wenger di klub London tersebut.

Mundurnya Wenger pun tak lepas dari prestasi buruk Arsenal musim ini yang tak mampu bersaing di papan atas Liga Inggris. Namun terlepas dari itu semua, Arsene Wenger tentunya ingin mengakhiri kariernya di Arsenal dengan sebuah gelar bergengsi.

Kesempatan itu pun datang di ajang Liga Eropa. Syaratnya, mereka harus mengalahkan Atletico Madrid terlebih dahulu di babak semi final ini.

Para pemain Arsenal tentunya juga akan memiliki semangat yang sangat tinggi demi menghormati sang pelatih yang akan berpisah di akhir musim ini. Mereka akan mengerahkan semua kemampuan mereka saat menjamu Atletico Madrid di Emirates Stadium.

2. Tiket untuk lolos ke Liga Champions

Kado Perpisahan, Ini 3 Alasan Arsenal Harus Kalahkan Atletico Madridtwitter.com/Aubameyang7

Arsenal saat ini menempati posisi ke-6 klasemen sementara dengan 57 poin. Mereka tertinggal 11 angka dari Tottenham Hotspur yang menempati posisi ke-4. Menyisakan 4 pertandingan di Liga Inggris, tentunya kesempatan Arsenal lolos ke Liga Champions sangatlah tipis bahkan cenderung mustahil.

Namun pintu untuk bermain di Liga Champions musim depan masihlah terbuka bagi Arsenal. Syaratnya tentulah mereka harus mampu menjuarai Liga Eropa. Hal tersebut karena juara Liga Eropa secara otomatis akan langsung lolos ke Liga Champions musim depan.

Ini seperti yang terjadi musim lalu untuk Manchester United. Mereka hanya menempati posisi ke-6 Liga Inggris di akhir musim, namun mampu menjuarai Liga Eropa.

Sehingga berhak tampil di Liga Champions. Maka musim ini Inggris diwakili oleh 5 klub di Liga Champions. Lalu mampukah Arsenal mengikuti langkah Manchester United tersebut?

3. Memiliki modal yang cukup untuk menghadapi Atletico Madrid

Kado Perpisahan, Ini 3 Alasan Arsenal Harus Kalahkan Atletico Madridtwitter.com/Arsenal

Atletico Madrid memang menjadi unggulan diantara tim lainnya untuk menjuarai Liga Eropa musim ini. Mereka diisi oleh penyerang-pengerang hebat sekelas Antoine Griezman dan Diego Costa. Mereka juga merupakan juara Liga Eropa pada tahun 2012.

Namun Arsenal sendiri bukanlah lawan yang mudah untuk ditaklukan. Hal tersebut terbukti saat mereka berhasil mengalahkan AC Milan di babak perempat final dengan aggregate 5-1.

Apalagi saat ini Arsenal sedang dalam kondisi onfire setelah mampu mengandaskan Newcastle United dengan skor 4-1 di pekan ke-34 Liga Inggris. Selain itu, mereka juga akan bermain di kandang sendiri di leg pertama ini. Sudah seharusnya mental dan fisik mereka siap untuk menghadapi Atletico Madrid.

Di sisi lain, Atletico Madrid saat ini performanya cenderung menurun. Di dua laga terakhir mereka di Liga Spanyol, mereka hanya mampu meraih satu poin.

Arsenal tentunya harus mampu memanfaatkan keuntungan tersebut. Leg pertama merupakan laga yang sangat vital. Karena merupakan gambaran siapa yang akan menjadi pemenangnya.

Akan mampukah Arsenal menghadang Atletico Madrid di Emirates Stadium?

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya