5 Alasan Steven Gerrard Sudah Layak Menangani Klub Premier League

Mungkinkah dia akan kembali ke Liverpool suatu hari nanti?

Steven Gerrard telah membuktikan dirinya sebagai salah satu gelandang terbaik yang pernah ada. Dia adalah lambang kesetiaan dan kepemimpinan saat membawa Liverpool menuju kesuksesan selama berkarier sebagai pemain. Dia adalah ikon The Reds yang akan selalu diingat fans. Satu trofi Liga Champions, 3 Piala Liga dan 2 FA Cup telah dia persembahkan.

Setelah gantung sepatu, dia menapaki jalan karier sebagai pelatih. Memulai sebagai manajer tim muda Liverpool, Gerrard melanjutkan karier kepelatihan dengan menangani Ranger, dan menciptakan sejarah dengan meraih gelar Liga Skotlandia tanpa terkalahkan, sekaligus memutus dominasi Celtic.

Dia kini telah matang, dan dinilai siap untuk tangani klub lebih besar dari Rangers, yaitu klub Premier League. Kenapa? Ini 5 alasannya.

1. Strategi bertahan yang kokoh

5 Alasan Steven Gerrard Sudah Layak Menangani Klub Premier Leaguepotret FC Rangers (tbrfootball.com)

Area penting yang dikembangkan Steven Gerrard sejak bergabung dengan Rangers adalah pertahanan mereka. Dalam dua musim sebelum Gerrard bergabung (2016-17 dan 2017-18), Rangers masing-masing kebobolan 50 dan 44 gol. Namun dalam tiga musim di bawah asuhan Gerrard, Rangers tidak kebobolan lebih dari 27 gol.

Strateginya dalam meningkatkan pertahanan sangat membantu Rangers menegaskan dominasi mereka di Liga Skotlandia sebagai tim paling sedikit kebobolan.

2. Memiliki gaya kepemimpinan yang menginspirasi

5 Alasan Steven Gerrard Sudah Layak Menangani Klub Premier Leaguepotret Steven Gerrard sedang memberikan arahan (insider-voice.com)

Steven Gerrard telah membuktikan kemampuannya untuk mengelola pemain muda dan berpengalaman. Keterampilan kepemimpinannya berasal dari masanya sebagai kapten Liverpool. Oleh karena itu, dia memiliki kemampuan untuk menginspirasi para pemainnya. Pengalaman dan kualitasnya pasti akan membantu para pemain untuk menjadi lebih baik.

Pengalamannya ini membuat Rangers memiliki keseimbangan antara pemuda dan senior di dalam skuad mereka. Oleh karena itu, kehadirannya di Premier League Inggris akan membuat banyak pemain muda belajar di bawah asuhannya.

Baca Juga: 10 Fakta Menarik Steven Gerrard, Kapten Legenda Kebanggaan Liverpool

3. Pengalaman bertarung di kompetisi Eropa

5 Alasan Steven Gerrard Sudah Layak Menangani Klub Premier Leaguepotret Steven Gerrard bersama Rangers (glasgowtimes.co.uk)

Setelah membawa Rangers kembali ke puncak Liga Skotlandia dan meraih gelar, Steven Gerrard juga mengembalikan Rangers ke kompetisi Eropa secara reguler. Raihan ini semakin meningkatkan kematangan Gerrard di kompetisi Eropa. Ini membuatnya cocok untuk klub Premier League yang ingin menembus kompetisi Eropa.

Dia tahu apa yang diperlukan untuk membangun klub lewat visinya, dan membawa mereka ke puncak. Pengalamannya dengan Rangers memberinya pengalaman untuk melanjutkan hal yang sama dengan klub lain.

4. Memahami gaya bermain sepak bola Inggris

5 Alasan Steven Gerrard Sudah Layak Menangani Klub Premier Leaguepotret Steven Gerrard (footballtransfertavern.com)

Tidak ada keraguan bahwa Steven Gerrard membawa semua pengalamannya di Liga Premier ketika berstatus pemain ke dalam gaya kepelatihannya. Dia adalah salah satu dari sedikit legenda dengan catatan luar biasa di Premier League, dan tahu persis gaya dan filosofi permainan sepak bola Inggris.

Satu hal tentang Gerrard adalah kedewasaan pilihannya, dia pernah menolak peran manajerial di MK Dons di awal kariernya untuk fokus mempersiapkan dirinya dengan memulai dari yang kecil. Gerrard sebelumnya pernah menangani tim U-18 dan U-19 Liverpool dan sekarang Rangers. Oleh karena itu, langkah ideal berikutnya baginya adalah klub di Premier League yang sudah sangat dia kenal.

5. Taktik dan formasinya yang agresif

5 Alasan Steven Gerrard Sudah Layak Menangani Klub Premier Leaguepotret selebrasi gol Rangers (twitter.com/RangersFC)

Steven Gerrard sering menggunakan formasi 4-3-3. Gameplay-nya membutuhkan agresifitas, energi tinggi, dan gaya menyerang. Rangers mengungguli rival mereka Celtic dalam dua dari tiga musim terakhir.

Musim lalu Rangers bahkan mampu mencetak 92 gol dan hanya kebobolan 13 gol saja dari 38 pertandingan liga. Rekor kemenangan mereka pun luar biasa dengan torehan 32 kemenangan dan 6 kali imbang, tanpa terkalahkan.

Oleh karena itu, gaya bermain dan taktiknya ini cocok dengan Premier League, di mana kecepatan, agresifitas dan ketajaman adalah kunci permainannya. Formasi 4-3-3 Gerrard juga memungkinkan gaya bermain melebar yang mungkin membantu tim memiliki variasi serangan yang mematikan.

 

Kualitas Steven Gerrard sebagai pemain sudah tak perlu diragukan lagi karena sejarah telah mencatat dia sebagai salah satu gelandang terbaik dunia pada masanya. Kini dia menapaki karier sebagai pelatih, dan secara perlahan mulai menunjukan kualitasnya yang luar biasa.

Rekor impresif sudah dia torehkan bersama FC Rangers, dan akan sangat mungkin dalam waktu dekat dia akan kembali ke Premier League, namun kali ini berstatus sebagai pelatih.

Baca Juga: 5 Pemain Rangers FC yang Paling Diandalkan Steven Gerrard, Kunci Juara

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya