Alisson Becker: Ingin Juara, Liverpool Wajib Menangi Semua Laga

Posisnya terancam oleh Manchester City

Usai menampilkan performa yang sangat luar biasa di bulan Desember, Liverpool secara perlahan mengalami penurunan performa. Selisih tujuh angka dari Manchester City kini hanya terpaut tiga angka. Hal tersebut tak lepas dari dua laga terakhir melawan Leicester City dan west Ham yang berakhir imbang.

Peluang mereka mengakhiri puasa gelar Liga Inggris sejak tahun 1990 pun mulai terancam. Salah satu pemain yang khawatir dengan performa The Reds adalah sang kiper utama, Alisson Becker. Berikut ceritanya.

1. Liverpool mulai kehilangan percaya diri

Alisson Becker: Ingin Juara, Liverpool Wajib Menangi Semua Lagaskysports.com

The Reds tampil tidak biasanya saat menghadapi Leicester dan West Ham United. Dalam dua laga tersebut, Liverpool selalu lebih dulu unggul, namun tim lawan selalu mampu memanfaatkan kelengahan Van Dijk dkk untuk menciptakan gol penyama kedudukan.

Lawan pun kini tampaknya sudah sangat mengenali karakteristik permainan Jurgen Klopp yang menggunakan strategi menyerang. Tak heran musuh pun selalu memainkan pertahanan yang rapat, dan hal tersebut tampaknya sangat ampuh untuk menahan gempuran trio striker Salah-Firmino-Mane.

Terbukti dengan penguasaan bola yang selalu lebih dari 70 persen dalam dua laga terakhirnya, namun mereka tak bisa mencetak gol kemenangan. Perihal itu, Alisson Becker mengaku bahwa timnya kehilangan sedikit kepercayaan diri.

"Saya percaya kami melihat permainan secara sekilas. Ada momen rasa tak aman di sana. Kami unggul lebih dulu. [Tapi] sejak momen kami mulai melakukan kesalahan dalam operan - beberapa operan bodoh yang biasanya tidak gagal - saya pikir tim kehilangan sedikit kepercayaan dirinya dalam laga itu. Saya pikir tim lawan juga mendapat kepercayaan diri."

2. Sedang didera badai cedera

Alisson Becker: Ingin Juara, Liverpool Wajib Menangi Semua Lagaliverpoolecho.co.uk

Performa menurun Liverpool di tahun baru ini secara tidak langsung diakibatkan juga oleh badai cedera yang menerpa anak asuh Jurgen Klopp. Salah satu yang menjadi krisis adalah lini belakang yang kehilangan Georginio Wijnaldum, Joe Gomez, Dejan Lovren dan Trent Alexander-Arnold. Joe Gomez bahkan dikabarkan akan cedera cukup lama akibat patah kaki.

Di lini tengahnya juga Klopp telah kehilangan Jordan Henderson. Meski begitu, Jurgen Klopp masih optimistis dan tak ingin menjadikan cedeanya para pemain sebagai alasan timnya gagal menang.

"Jika Anda ingin berada di puncak klasemen hingga akhir musim, maka Anda harus bisa mengatasi masalah yang lebih sulit ketimbang masalah yang kami alami hari ini. Itulah kenyataannya. Tentu saja memiliki pemain fit akan membantu. Tapi kami harus terus berjuang," seru Klopp.

Baca Juga: West Ham vs Liverpool: Pemuncak Klasemen Kembali Tertahan

3. Akan hadapi Bournemouth di pekan ke-26

Alisson Becker: Ingin Juara, Liverpool Wajib Menangi Semua LagaAP

Liverpool harus segera mengembalikan fokus mereka karena lawan-lawan berat telah mananti. Di pekan ke-26 akhir pekan ini mereka akan menjamu tim peringkat 10, Bournemouth. Hal ini akan menjadi kesempatan besar bagi The Reds untuk kembali melebarkan poin dengan City, karena di saat bersamaan Manchester City akan hadapi laga berat melawan Chelsea.

Di bulan Februari sendiri ada dua lawan berat yang sudah menanti Liverpool. Bayern Muenchen akan menjadi ujian berat di babak 16 besar Liga Champions pada 20 Februari. Empat hari kemudian mereka akan menghadapi Manchester United di Old Trafford dalam lanjutan Liga Inggris.

Jika ingin raih juara yang telah mereka idam-idamkan, Alisson Becker pun menuntut rekan-rekannya untuk fokus dan memenangkan semua laga yang tersisa. “Kami harus siap untuk melawan segalanya,” ujar Alisson. “Semua keadaan buruk yang kami hadapi.

“Saya percaya tim kami berada di jalur yang benar. Sekarang kami tak punya banyak ruang untuk keraguan. Jika kami ingin menjadi juara, kami harus memenangkan semuanya mulai sekarang.”

Baca Juga: 3 Kiper Ini Mampu Pecahkan Rekor Transfer Alisson Becker

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya