Comscore Tracker

Bungkam Boca Juniors, River Plate Juara Copa Libertadores 2018

Kemenangan yang penuh drama!

Leg kedua final Copa Libertadores antara River Plate melawan Boca Juniors yang sempat tertunda akhirnya digelar Minggu dinihari WIB (10/12). Laga Super Classico ini berlangsung di Santiago Bernabeu setelah sebelumnya terjadi insiden di kandang River saat suporter mereka melempari bus pemain Boca yang membuat CONMEBOL akhirnya memutuskan laga digelar di luar Argentina.

Drama final ini sendiri terus berlanjut hingga akhirnya River Plate keluar sebagai juara setelah menang dengan skor 3-1 melalui babak extra time. Dengan hasil tersebut River unggul aggregate 5-3 dan berhak atas gelar Copa Libertadores yang ke-4 sepanjang sejarah klub.

1. Boca Juniors mampu unggul terlebih dahulu

Bungkam Boca Juniors, River Plate Juara Copa Libertadores 2018twitter.com/BocaJrsOficial

Drama final Copa Libertadores sudah berlangsung panas sejak awal laga. Boca mampu tampil agresif di awal laga, sayang tendangan voli Pablo Perez mampu ditangkap sempurna oleh kiper River, Franco Armani.

Secara perlahan River Plate mampu menguasai pertandingan di babak pertama, namun sebuah petaka muncul di akhir penghujung babak pertama saat serangan balik cepat Boca Juniors mampu dimanfaatkan Dario Benedetto menjadi sebuah gol yang bertahan hingga babak pertama usai.

2. River Plate berhasil menyamakan kedudukan

Bungkam Boca Juniors, River Plate Juara Copa Libertadores 2018twitter.com/TheLibertadores

Tak ingin kalah begitu saja dari tim sekotanya, River Plate tampil lebih agresif di babak kedua. Gol yang ditunggu-tunggu akhirnya tercipta di menit ke-67 setelah Lucas Pratto sukses membobol gawang Boca setelah menerima umpan dari Iganacio Fernandez dari sisi kanan.

Meski River mampu terus menguasai bola hingga 67 persen, tak ada gol yang tercipta hingga waktu normal 90 menit. Aggregate kedua tim pun menjadi 3-3, namun Copa Libertadores tidak mengenal sistem keunggulan gol tandang sehingga laga pun harus berlanjut hingga babak extra time.

Baca Juga: Resmi! Laga Final Copa Libertadores Akan Diselenggarakan di Madrid

3. Drama extra time, nasib buruk bagi Boca Juniors

Bungkam Boca Juniors, River Plate Juara Copa Libertadores 2018AFP/Getty Images

Babak extra time menjadi sebuah drama buruk bagi Boca Juniors. Laga baru berlangsung dua menit, gelandang mereka, Wilmar Barrions harus diusir wasit setelah menerima kartu kuning kedua.

Bermain dengan 10 pemain, Boca Juniors diserang habis-habisan, hingga bencana pun akhirnya hadir di menit ke-109 setelah Juan Quintero yang masuk di babak kedua menjadi pahlawan River lewat gol cantiknya di menit ke-109. River Plate pun akhirnya berbalik unggul.

River semakin di atas angin dan berhasil memperbesar keunggulan di menit akhir, 120+2' melalui gol Gonzalo Martinez yang berlari sendirian menuju gawang Boca yang sudah kosong ditinggal kipere mereka, Andrada.

River pun akhirnya juara dengan skor 3-1 (Agg 5-3) dan berhak atas trofi ke-4 Copa Libertadores mereka.

4. River Plate akan wakili CONMEBOL di Piala Dunia antar klub di Uni Emirat Arab

Bungkam Boca Juniors, River Plate Juara Copa Libertadores 2018EPA

Berkat juara Copa Libertadores, River Plate pun berhak menjadi wakil CONMEBOL dalam gelaran FIFA World Cup yang akan diselenggarakan di Uni Emirates Arab bulan Desember ini.

Mereka akan bergabung dengan tim-tim juara dari benua lainnya seperti Seperti Real Madrid (UEFA), Kashima Antlers (AFC), Guadalajara (CONCACAF), ES Tunis (CAF). River Plate bersama Real Madrid akan langsung lolos ke babak semifinal yang akan digelar tanggal 18 dan 19 Desember.

Sedangkan babak final akan digelar pada tanggal 22 Desember di Zayed Sports City Stadium, Uni Emirates Arab.

5. Cuplikan laga

https://www.youtube.com/embed/6-6QnKIJDrw

River Plate: Armani; Montiel (Mayada 73'), Maidana, Pinola, Casco; Ponzio (Quintero 59'); Ignacio Fernandez (Zuculini 111'), Enzo Perez, Exequiel Palacios (Alvarez 97'), Gonzalo Martinez; Pratto.

Boca Juniors: Andrada; Buffarini (Tevez 111'), Izquierdo, Magallan, Olaza; Nandez, Barrios, Pablo Perez (Gago 89'); Villa (Jara 96'), Benedetto (Abila 62'), Pavon.

Baca Juga: Bus Boca Junior Diteror, Laga Final Copa Libertadores Ditunda

Ganjar Firmansyah Photo Community Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You