City Difavoritkan Juara, Guardiola: Persaingan Gelar Sulit Ditebak

Bisa geser Liverpool nih besok

Usai ditundukan Newcastle United di pekan ke-24 Liga Inggris, Manchester City dianggap akan sulit mengejar Liverpool di pucuk klasemen. Namun kini semuanya berubah. City kini dijagokan usai inkonsistensi Liverpool di dua laga terakhir yang hanya bermain imbang.

Di sisi lain, anak asuh Pep Guardiola kembali tampil meyakinkan usai kalahkan Arsenal dengan skor 3-1. Kini mereka pun hanya tertinggal tiga poin dari The Reds. Meski begitu, Pep Guardiola tak mau besar kepala. Dia bahkan menyatakan jika tim lainnya pun masih memiliki kesempatan yang sama.

Berikut ulasannya.

1. Akan ada banyak kejutan dan laga sulit untuk dimenangkan

City Difavoritkan Juara, Guardiola: Persaingan Gelar Sulit Ditebakmancity.com

Meski Manchester City kini hanya tertinggal tiga poin dari Liverpool, Pep Guardiola tak ingin timnya terlena begitu saja. Apalagi ini adalah Liga Inggris, liga yang paling kompetitif dan banyak kejutan yang masih bisa terjadi.

Lihat saja Chelsea yang awalnya tampil tak terkalahkan, kini mulai tercecer di klasemen, ataupun Manchester United yang kini mulai bangkit tak terkalahkan di bawah asuhan Ole Gunnar Solksjaer. Begitupun soal tim yang akan menjadi juara musim ini. Masih banyak kemungkinan dan peluang pun terbuka bagi Spurs yang terpauh lima angka.

Pep Guardiola pun bahkan mengklaim jika peluang Chelsea dan Man United pun belumlah tertutup. "Saya tidak pernah mengeluarkan lima atau enam tim lainnya dan United membuat kemenangan di setiap minggu. Mereka akan berada di sana untuk bertarung demi Liga Premier."

"Tiga atau empat hari yang lalu kami dianggap takkan juara - juaranya adalah Liverpool. Dan sekarang kami adalah favorit! Kami berusaha untuk tenang dalam situasi ini. Akan ada banyak kejutan dan akan sulit bagi tim untuk memenangkan pertandingan. Semua tim memiliki kemampuan dan keterampilan untuk menciptakan masalah."

Baca Juga: Arsenal Vs Manchester City, Emery Tak Pernah Menang Melawan Guardiola!

2. Memiliki kesempatan rebut puncak klasemen tengah pekan ini

City Difavoritkan Juara, Guardiola: Persaingan Gelar Sulit Ditebakmancity.com

Usai kalahkan Arsenal di pekan ke-25, Manchester City kini memiliki kesempatan untuk mengkudeta Liverpool di puncak klasemen tengah pekan ini. Syaratnya adalah mereka harus mengalahkan Everton di Goodison Park yang akan digelar Kamis dinihari WIB (07/02). 

Laga melawan Everton sejatinya merupakan pertandingan pekan ke-27 (Liga Inggris baru akan memasuki pekan ke-26 akhir pekan ini). Namun pertandingan tersebut dimajukan karena City akan berlaga di final Piala Liga Inggris melawan Chelsea pada 24 Februari.

Meski akan bermain tandang, Manchester City akan menjadi unggulan dalam laga tersebut. Apalagi Everton sendiri baru saja dikalahkan di kandangn sendiri oleh Welverhampton dengan skor 1-3 pekan lalu. Kini mereka bahkan tertahan di posisi ke-9 akibat tiga kekalahan dalam empat laga terakhirnya.

Di sisi lain City sedang onfire dan para pemainnya pun fit untuk laga ini, termasuk Sergio Aguero yang mencetak empat gol dalam dua laga terakhir. Meski diunggulkan, City tak boleh lengah karena Everton pun memiliki skuad yang berkualitas dan sedang lapar kemenangan.

3. Februari menjadi jadwal 'gila' bagi Manchester City

City Difavoritkan Juara, Guardiola: Persaingan Gelar Sulit Ditebakfoxsportsasia.com

Upaya Manchester City untuk mempertahankan gelar Liga Inggris dan meraih gelar lainnya akan dihadapkan ujian yang sangat berat di bulan Februari. Guardiola bahkan menyebutkan jika Februari adalah lebih buruk daripada periode sibuk. Mereka akan memainkan empat pertandingan dalam rentang 13 hari.

Sialnya lagi, semua laga tersebut sangatlah penting dalam upaya mereka meraih gelar juara. City akan tandang ke markas Everton, Kamis (07/02) dini hari WIB, di lanjutan Liga Inggris. Empat hari kemudian mereka akan menjamu Chelsea di pekan ke-26 Liga Inggris.

Tak hanya itu, Manchester City juga sudah dinanti Newport Country di babak kelima FA Cup (17/02) sebelum terbang ke Jerman untuk menghadapi Schalke di leg pertama babak 16 besar Liga Champions. Gilanya, tiga hari kemudian mereka pun harus segera bersiap untuk melawan Chelsea di babak final Carabao Cup.

Guardiola menilai jadwal tanding City pada Februari ini lebih buruk daripada periode sibuk. Apalagi timnya masih bertahan di empat kompetisi sekaligus.

"Ketika saya di luar negeri sebelum datang ke sini, semua orang bicara soal Desember dan Boxing Day, hal-hal seperti ini," ujar Guardiola. "Setelah Boxing Day selesai, saya lihat jadwal dan bilang 'ini lebih buruk!' dan itu benar. Kalau Anda sudah tersingkir dari beberapa kompetisi, jadwalnya akan lebih nyaman. Tapi kalau tidak, Februari itu lebih berat," katanya menegaskan

Baca Juga: Sergio Aguero Cetak Hat-trick, Manchester City Bungkam Arsenal 3-1

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya