5 Fakta Menarik tentang Kemenangan Real Madrid atas Shakhtar Donetsk

Karim Benzema berhasil cetak brace!

Real Madrid sekali lagi berhasil mengalahkan Shakhtar Donetsk di pekan ke-4 Liga Champions. Jika sebelumnya berpesta gol dengan skor 0-5, kali ini El Real hanya menang tipis dengan skor 2-1 di Santiago Bernabeu. Karim Benzema menjadi pahlawan kemenangan dengan mencetak dua gol, sedangkan gol balasan tim tamu dicetak oleh Fernando.

Dengan kemenangan ini, Real Madrid naik ke puncak klasemen dengan sembilan poin, sementara Shakhtar duduk di dasar klasemen dengan satu poin. Berikut ini lima fakta yang mewarnai pertandingan tersebut.

1. Real Madrid menjadi tim pertama yang mencetak 1000 gol di UCL

5 Fakta Menarik tentang Kemenangan Real Madrid atas Shakhtar Donetskselebrasi gol Karim Benzema (uefa.com)

Dua gol yang dicetak Karim Benzema menjadi sebuah sejarah baru bagi Real Madrid. Los Blancos kini mengoleksi 1001 gol, dan menjadikan mereka klub pertama yang berhasil menorehkan rekor tersebut sepanjang sejarah Liga Champions. Mereka unggul jauh dari posisi kedua yang ditempati Bayern Munchen dengan 768 gol.

Rekor ini semakin menguatkan jika mereka adalah rajanya Liga Champions. Real Madrid juga merupakan klub paling banyak tampil di Liga Champions dengan 47 kali, dan pemegang rekor jumlah laga terbanyak dengan 455 laga. 

2. Catatan impresif duet Karim Benzema dan Vinicius Jr

5 Fakta Menarik tentang Kemenangan Real Madrid atas Shakhtar Donetskselebrasi gol pemain Real Madrid (uefa.com)

Duet Karim Benzema dan Vinicius Jr menjadi salah satu yang paling produktif di Eropa pada musim ini. Pada laga ini dua gol yang dicetak Karim Benzema semuanya berasal dari Vinicius Jr.

Karim Benzema juga menorehkan catatan impresif sebagai pencetak gol tertua kedua Real Madrid, yang mampu mencetak lebih dari satu gol di satu laga Liga Champions pada usia 33 tahun 319 hari.

Rekor pertama masih dipegang Ferenc Puskas dengan 38 tahun 173 hari saat mencetak empat gol ke gawang Feyenoord pada September 1965. Kini, Benzema total sudah mencetak empat gol dari empat laga UCL musim ini.

Baca Juga: 5 Playmaker Andal Real Madrid dalam Dua Dekade Terakhir

3. Shakhtar Donetsk kemungkinan tersingkir

5 Fakta Menarik tentang Kemenangan Real Madrid atas Shakhtar Donetskselebrasi gol pemain Shakthar (uefa.com)

Dengan kekalahan ini, Shakhtar Donetsk kemungkinan besar tersingkir lebih awal dari Liga  Champions. Di laga lainnya, Inter Milan menang atas Sheriff Tiraspol dengan skor 1-3. Klub asal Ukraina itu tenggelam di dasar klasemen dengan satu poin saja. Dengan dua laga tersisa, Shakhtar hanya maksimal akan mengumpulkan tujuh poin, jika itu pun memenangi laga sisa.

Di sisi lain, posisi kedua saat ini ditempati Inter Milan dengan tujuh poin. Jika pun pada akhirnya kedua tim memiliki poin sama, Shakthar harus unggul agregat gol. Belum lagi ancaman Sheriff Tiraspol yang saat ini mengoleksi enam poin.

4. Persaingan untuk lolos di grup D semakin ketat 

5 Fakta Menarik tentang Kemenangan Real Madrid atas Shakhtar Donetskduel Ferlan Mendy dan Dodo (uefa.com)

Real Madrid kini memuncaki klasemen grup D dengan mengumpulkan sembilan poin. Namun, posisi mereka belumlah aman untuk bisa lolos ke babak 16 besar. Di laga lainnya Inter Milan menang atas Sheriff Tiraspol dengan skor 1-3, dan kini membuntuti dengan enam poin, diikuti Sheriff Tiraspol dengan enam poin.

Dua laga tersisa akan menjadi laga hidup  dan mati bagi Real Madrid. Itu bakal cukup berat karena El Real akan bertandang ke Moldova pada 25 November untuk melawan Sheriff Tiraspol, dan menjamu Inter Milan di laga terakhir.

5. Laga berat lainnya sudah menanti Real Madrid

5 Fakta Menarik tentang Kemenangan Real Madrid atas Shakhtar DonetskCarlo Ancelotti berikan instruksi untuk Toni Kroos (uefa.com)

Real Madrid tidak boleh tenggelam dalam suka cinta kemenangan, dan harus segera kembali fokus untuk laga berikutnya. Laga berat sudah menanti mereka di akhir pekan dengan menghadapi tim kuda hitam Rayo Vallecano. Tim promosi ini menjadi klub yang paling mengejutkan di LaLiga musim ini.

Mereka menempati posisi ke-6 hingga pekan ke-12. Mereka bahkan mampu mengalahkan Barcelona, yang membuat Ronald Koeman dipecat. Los Blancos tidak boleh menyepelekan sang lawan jika tak ingin bernasib sama seperti Barcelona.

 

Itulah lima fakta menarik kemenangan Real Madrid atas Shakthar di pekan ke-4 Liga Champions. Hasil ini membuat Real Madrid naik ke puncak klasemen dan selangkah lagi untuk bisa lolos ke babak 16 besar. Di sisi lain, kekalahan ini membuat Shakthar kemungkinan besar tersingkir lebih awal.

Baca Juga: 5 Pemain Ternama yang Ternyata Pernah Berseragam Shakhtar Donetsk

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya