Imbang Hadapi Lyon, Valverde Tak Cemaskan Paceklik Gol Luis Suarez

Belum cetak satu pun gol di UCL musim ini

Bertandang ke OL Stadium menghadapi Lyon pada Rabu dinihari (20/02) WIB, Barcelona yang belum terkalahkan di ajang Liga Champions harus bermain tanpa gol. Tampil mendominasi laga, deretan striker Barca yang diisi trio Dembele-Suarez-Messi gagal mematahkan pertahanan kokoh Lyon.

Catatan minor mewarnai penampilan Luis Suarez dalam laga tersebut. Pemain asal Uruguay tersebut alami paceklik gol di Liga Champions. Dari 17 laga terakhirnya di Liga Champions, dia hanya mampu mencetak satu gol.

1. Dominasi laga, Barcelona tak mampu jebol pertahanan Lyon

Imbang Hadapi Lyon, Valverde Tak Cemaskan Paceklik Gol Luis Suarezfcbarcelona.com

Lyon menjamu Barcelona di leg pertama babak 16 besar dengan skuad yang pincang, karena absennya Nabil Fekir. Di sisi lain, Barcelona tampil dengan kekuatan penuhnya dengan mengandalkan trio Dembele-Suarez-Messi di lini serang mereka.

Seperti yang sudah banyak diprediksikan, Barcelona mampu mendominasi laga. Anak asuh Ernesto Valverde tersebut menguasai bola hingga 63 persen dan melakukan 25 tendangan ke arah gawang lawan, berbanding hanya 5 percobaan miliki Lyon.

Lyon sempat mengejutkan Barca di sepuluh menit awal melalui serangan berbahaya Houssem Aouar dan Martin Terrier. Namun Ter Stregen tampi apik dengan menepis dua tendangan tersebut. Tak tinggal diam, Barcelona langsung tampil menyerang sepanjang laga.

Sayang, percobaan-percobaan melalui Lionel Messi, Luis Suarez, Ivan Rakitic dan Sergio Busquets masih gagal menjebol gawang Lyon yang dikawal Anthony Lopes. Hingga laga usai, kedudukan 0-0 tetap bertahan. 

Dengan hasil ini, Barcelona cukup diuntungkan karena leg kedua nanti akan berlangsung di Nou Camp. Meski begitu, Lyon tetap patut diwaspadai mengingat rekor impresif mereka saat hadapi Man City di fase grup.

2. Ernesto Valverde: Suarez tidak mencemaskan saya

Imbang Hadapi Lyon, Valverde Tak Cemaskan Paceklik Gol Luis Suarezfcbarcelona.com

Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde mengaku tak khawatir dengan kemandulan yang dialami Luis Suarez di ajang Liga Champions. Saat hadapi Lyon semalam, Luis Suarez gagal memanfaatkan banyak sekali peluang yang dia dapatkan. Sang pemain sendiri belum mencetak satu pun gol dari lima laga Liga Champions musim ini.

Lebih buruk lagi, dari 17 laga terakhirnya di Liga Champions, dia hanya mampu mencetak satu gol. Padahal di La Liga dia cukup tampil tajam dengan mencetak 15 gol dan tercatat di urutan kedua top skorer sementara di bawah Lionel Messi.

Meski begitu, keadaan tersebut tak membuat Valverde cemas. Menurutnya hal tersebut wajar terjadi kepada seorang pemain. Walau tak mencetak gol, menurutnya Suarez masih tampil cukup apik dengan memberikan kontribusi kepada pemain lainnya.

“Ini tidak mencemaskan saya. Akan mencemaskan saya jika ia tidak mendapat peluang, yang mana Anda tuntut dari seorang penyerang tengah."

“Dan (meski) ia tidak memiliki peluang, ia menciptakannya untuk rekan setim. Lawan takut kepadanya. Ia [harus] menyisihkan dirinya sendiri. Sepakbola adalah permainan margin. Striker memiliki rangkaian gol dan hal terbaik adalah ia mendapat kesempatan,” ungkap Valverde usai laga.

3. Telah dinanti dua musuh bebuyutan

Imbang Hadapi Lyon, Valverde Tak Cemaskan Paceklik Gol Luis Suarezmanagingmadrid.com

Akhir Februari ini akan menjadi waktu yang berat bagi pasukan Catalan. Usai Lyon, tiga hari kemudian mereka telah dinanti lawan berat, Sevilla di pekan ke-25 La Liga Spanyol. Barcelona masih kokoh di puncak klasemen, sedangkan Sevilla semakin tersisih dari perebutan juara dengan menempati posisi empat.

Meski begitu laga ini akan cukup berat bagi Barca karena akan digelar di kandang Sevilla Ramon Sanchez Pijzuan. Sevilla sendiri saat ini sedang haus kemenangan usai tak pernah menang dalam tiga laga La Liga terakhirnya.

Setelah laga melawan Sevilla, Barcelona pun harus menghadapi Real Madrid di babak semifinal Copa del Rey dalam tajuk El Clasico jilid ketiga. Di leg pertama di Camp Nou, Real Madrid berhasil menahan imbang Barca dengan skor 1-1. Barcelona wajib menang jika ingin lolos ke babak final.

Namun tentunya hal tersebut tidaklah akan mudah. Apalagi laga ini selalu panas dan penuh gengsi. Di sisi lain, Real Madrid hanya butuh skor 0-0 untuk bisa lolos ke babak final. 

Mampukah Barcelona melewati ujian berat tersebut?

Baca Juga: Lyon dan Barcelona Masih Tak Terkalahkan

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya