Ironis, Karier Yaya Toure Bersama Olympiakos Hanya Bertahan 3 Bulan

Hanya dimainkan dalam 5 laga

Mantan gelandang Barcelona dan Manchester City, Yaya Toure harus menerima nasib kurang menyenangkan bersama klub yang baru dibelanya selama 3 bulan, Olympiakos. Kontrak pemain yang telah berusia 35 tahun itu harus diputus karena performanya yang mengecewakan.

Keputusan ini diumumkan secara resmi oleh klub asal Yunani tersebut melalui situs resmi klub. Hal ini menjadi ironis karena Yayo toure merupakan salah satu pemain terbaik dunia yang telah meraih berbagai prestasi bergengsi.

1. Pernyataan resmi klub

Ironis, Karier Yaya Toure Bersama Olympiakos Hanya Bertahan 3 Bulandailyamerican.com

Musim 2005/2006 menjadi periode pertama Toure bermain untuk Olympiakos di mana dia berhasil mempersembahkan trofi Liga Yunani dan Piala Liga. Hanya bertahan semusim, Toure kemudian direkrut tim Prancis, AS Monaco.

September 2018 menjadi periode kedua sang pemain membela klub asal Yunani tersebut, setelah sebelumnya sukses bersama Man City selama 8 musim. Sayang, baru tiga bulan kontraknya berjalan, Toure yang hanya bermain dalam lima laga akhirnya harus putus kontrak.

Performa yang tak sesuai harapan tampaknya menjadi alasan utama klub melepasnya. Meski begitu, Olympiakos pun tetap berterima kasih melalui pernyataan resmi klub.

Yaya masih dan tetap menjadi bagian penting dari keluarga Olympiakos, karena dia adalah bagian sentral dari sejarah klub."

“Olympiakos ingin berterima kasih kepada dia atas segala yang telah ia berikan kepada klub. Yaya akan selalu dikenang oleh klub ini dan dia tak lupa mendoakan Olympiakos agar sukses."

“Yaya pergi sebagai teman dan pintu di Olympiakos akan selalu terbuka untuknya. Perjalanan nasib pasti akan mempertemukan kita kembali.”

Baca Juga: 5 Pemain yang Kemungkinan Besar Akan Hengkang pada Januari 2019

2. Prestasi di level klub dan timnas

Ironis, Karier Yaya Toure Bersama Olympiakos Hanya Bertahan 3 Bulanofficialyayatoure.com

Sepanjang karir sepak bolanya, Toure pernah membela beberapa klub besar seperti AS Monaco, Barcelona dan Manchester City. Toure merupakan bagian penting saat Barcelona berhasil meraih treble winner pada musim 2008/2009. Tiga musim bersama klub Catalan, Toure berhasil mempersembahkan 2 trofi La Liga, satu Liga Champions, satu trofi Piala Dunia klub, dan satu piala Super Eropa.

Pada tahun 2010, Toure dibeli Man City dengan harga 30 juta Euro dan menghabiskan 8 tahun karirnya di Etihad Stadium. 3 trofi Liga Inggris, 3 trofi Carling Cup, satu FA Cup dan satu Community Shield menjadi bukti kesuksesannya bersama City.

Tak hanya itu, Toure pun sukses bersama timnas Pantai Gading menjuarai Piala Afrika tahun 2015. Bahkan dia terpilih sebagai pemain terbaik Afrika 4 tahun beruntun dari tahun 2011 hingga 2014.

3. Kembali ke Liga Inggris?

Ironis, Karier Yaya Toure Bersama Olympiakos Hanya Bertahan 3 Bulanskysports.com

Yaya Toure dikabarkan akan segera pulang kembali ke London Minggu ini dimana tempat keluarganya tinggal. Dilansir dari Skysports, kontak Toure bersama Olympiakos menggunakan sistem 'pay as you play'  dikarenakan kondisi kuangan klub yang sedang tak baik.

Meski sudah berumur, Toure akan masih meneruskan karir sepak bolanya. Bahkan dia dikabarkan telah menolak klub-klub dari MLS dan Liga Super China. Toure masiih berharap dia akan meneruskan kariernya di sepak bola Inggris. Sebelumnya, Toure sendiri memiliki rekor baik dengan mencetak 59 gol dari 230 penampilannya bersama City.

Baca Juga: Chelsea Menghukum 4 Penggemarnya Akibat Rasisme Terhadap Sterling

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya