5 Kekalahan Manchester City di Level Domestik pada 2022/2023

The Cityzens tumbang oleh Manchester United

Manchester City diunggulkan jadi juara di level domestik tiap musim. Tidak hanya di English Premier League (EPL), tetapi juga di Piala Liga Inggris dan Piala FA. Mereka bahkan menjadi juara bertahan EPL dalam 2 musim terakhir dan memenangi 4 trofi Piala Liga dalam 5 tahun terakhir.

Upaya mereka untuk kembali berkuasa di Inggris pada 2022/2023 mulai tergoyahkan. Anak asuh Pep Guardiola sejauh ini telah menelan lima kekalahan di level domestik.

Berikut kekalahan Manchester City di level domestik pada 2022/2023.

1. Manchester City 1-3 Liverpool (Community Shield)

5 Kekalahan Manchester City di Level Domestik pada 2022/2023Liverpool vs Manchester City (mancity.com)

Community Shield 2022/2023 mempertemukan juara Premier League, Manchester City, dengan juara Piala FA, Liverpool, di King Power Stadium. Duel panas ini berjalan intens dengan jual beli serangan. Kedua tim lantas bermain imbang 1-1 hingga menit ke-70 lewat gol Julian Alvarez dan Trent Alexander-Arnold.

Saat laga diprediksi berlanjut ke babak tambahanThe Reds memberi kejutan dengan mencetak dua gol lewat kaki Mohamed Salah (83') dan Darwin Nunez (90+4'). Ini menjadi trofi Communiy Shield ke-16 bagi Liverpool.

2. Manchester City 0-1 Liverpool (Premier League)

5 Kekalahan Manchester City di Level Domestik pada 2022/2023Mohamed Salah selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Manchester City. (liverpoolfc.com)

Manchester City tak terkalahkan dalam sembilan laga awal Premier League. Namun, Liverpool lagi-lagi menjadi mimpi buruk The Cityzens. Manchester City menyerah dengan skor 0-1 di Anfield pada pekan ke-11.

Gol tunggal pada laga itu diciptakan Mohamed Salah pada menit ke-76. Ini tidak hanya menjadi kekalahan pertama Manchester City, tetapi juga satu-satunya laga di mana mereka gagal mencetak gol di EPL 2022/2023.

Baca Juga: Guardiola: Manchester City Harus Ngaca!

3. Manchester City 1-2 Brentford (Premier League)

5 Kekalahan Manchester City di Level Domestik pada 2022/2023Manchester City vs Brentford (brentfordfc.com)

Setelah dikalahkan Liverpool, Manchester City tancap gas dengan meraih tiga kemenangan beruntun di Premier League. Namun, bencana kembali menghampiri mereka pada pekan ke-16. The Cityzens dipermalukan Brentford dengan skor 1-2 di Etihad Stadium.

Hasil tersebut menjadi kekalahan kandang pertama Manchester City di semua ajang pada 2022/2023. Dua gol Brentford dicetak Ivan Toney, sedangkan gol balasan tuan rumah dilesatkan Phil Foden.

Brentford memang bukan lawan yang mudah. Mereka telah mengalahkan dua klub besar lainnya musim ini, yaitu Manchester United dan Liverpool.

4. Manchester City 0-2 Southampton (Piala Liga Inggris)

5 Kekalahan Manchester City di Level Domestik pada 2022/2023Southampton vs Manchester City (twitter.com/SouthamptonFC)

Manchester City lolos ke perempat final Piala Liga Inggris usai mengalahkan Liverpool 3-2. Mereka pun dinanti tim Premier League lainnya, Southampton. The Cityzens unggul di atas kertas. Apalagi Southampton merupakan penghuni dasar klasemen EPL.

Kejutan besar kemudian terjadi. Tim tuan rumah keluar sebagai pemenang dengan skor 2-0 lewat gol Sekou Mara dan Moussa Djenepo. Hasil ini membuat pasukan Pep Guardiola tersingkir dari Piala Liga Inggris. Kendati demikian, mereka masih memiliki peluang juara di Piala FA dan EPL.

5. Manchester City 1-2 Manchester United (Premier League)

5 Kekalahan Manchester City di Level Domestik pada 2022/2023Pemain Manchester United melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Manchester City. (twitter.com/ManUtd)

Pep Guardiola menurunkan pemain lapis kedua saat kalah dari Southampton di Piala Liga Inggris. Itu dilakukan untuk mempersiapkan tim inti demi Derbi Manchester di Old Trafford 3 hari berikutnya.

Kemenangan seolah tampak di depan mata saat Jack Grealish mencetak gol pada menit ke-60. Namun, bencana besar datang pada 10 menit akhir laga. Manchester United melakukan comeback dalam jarak waktu 5 menit lewat gol Bruno Fernandes (78') dan Marcus Rashford (82').

Hasil ini membuat jarak Manchester City berpotensi menjauh dari Arsenal di puncak klasemen. Manchester United sendiri mendekati tetangganya di posisi ketiga dengan selisih satu poin.

Upaya Manchester City untuk kembali berkuasa di level domestik tampaknya bakal sangat berat pada 2022/2023 ini. Pasukan Pep Guardiola harus segera bangkit setelah menelan dua kekalahan beruntun. Jika tidak, bukan tak mungkin mereka akan mengakhiri musim tanpa gelar.

Baca Juga: Manchester United Curi Poin Penuh Atas Manchester City

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya