Comscore Tracker

Ronaldo Hengkang, 4 Kerugian Ini Bakal Dialami Real Madrid

Mampukah El Real tetap berjaya?

Mega transfer Cristiano Ronaldo ke Juventus akhirnya menjadi sebuah kenyataan. Mantan klubnya Real Madrid telah resmi mengeluarkan pernyataan jika sang pemain telah meninggalkan Santiago bernabeu.

Dikabarkan nilai transfer CR7 mencapai 105 juta Euro atau sekitar RP 1,7 triliunan dengan durasi kontrak hingga tahun 2022.

Hal ini pastinya sangatlah mengejutkan banyak pihak. Karena dalam satu dekade terakhir, Ronaldo merupakan roh permainan Real Madrid. Dialah pemain yang mampu mempersembahkan 4 trofi Liga Champions, 2 trofi La Liga dan 2 trofi Copa Del Rey.

Tak cukup itu, dia pun mampu menorehkan beberapa rekor pribadi bersama El Real. CR7 merupakan top skorer sepanjang masa El Real dengan 450 gol hanya dari 438 pertandingan.

Dia juga merupakan pencetak gol terbanyak Liga Champions untuk satu klub dengan 105 gol.

Kehilangan pemain dengan dedikasi dan prestasi seperti itu tentulah sebuah kerugian besar bagi Real Madrid.

Kenapa? Dilansir dari Sportskeeda.com dan Theguardian.com, berikut ini alasannya:

1. Akan menimbulkan krisis dalam tubuh klub

Ronaldo Hengkang, 4 Kerugian Ini Bakal Dialami Real Madriden.as.com

Musim lalu Real Madrid mampu tampil sangat luar biasa. Mereka mampu menjuarai Liga Champions untuk ketiga kalinya secara beruntun, setelah mengalahkan Liverpool. Ironisnya, hal itu menjadi awal dari kepergian sosok penting Real Madrid.

Pertama adalah mundurnya sang pelatih sensasional Zinedine Zidane. Tak bisa dipungkiri jika kedigdayaan Madrid di Eropa adalah berkat tangan ajaibnya. Kini kepelatihan dipegang oleh mantan pelatih Spanyol yang dipecat, Julen Lopetegui yang sebenarnya belum memiliki catatan luar biasa menangani sebuah klub besar.

Kini hengkangnya Cristiano Ronaldo yang merupakan roh permainan El Real pastinya semakin membuat keadaan klub dalam sebuah krisis. Mereka akan kehilangan mesin gol mereka dalam 9 musim terakhir. Bukan tak mungkin ini akan sangat memengaruhi performa Real Madrid musim depan.

2. Kesulitan mencari sosok yang sepadan

Ronaldo Hengkang, 4 Kerugian Ini Bakal Dialami Real Madridmarca.com

Jika melihat catatan Ronaldo selama membela Real Madrid dalam 9 musim terakhir, tampaknya El Real akan kesulitan mencari sosok yang sepadan. Memang Real Madrid dikabarkan akan merekrut bintang dunia seperti Hazard, Mbappe ataupun Neymar.

Namun ketiga pemain tersebut belum mampu mencatatkan sebuah raihan prestasi yang sangat luar biasa bagi klubnya masing-masing. Bandingkan dengan Ronaldo yang telah mempersembahkan berbagai gelar bergengsi. Bahkan Ronaldo menjadi sosok yang sangat dicintai Madridista dan dihormati sesama rekannya.

Bisa dibilang hanya Messilah yang sepadan dengan Ronaldo jika harus dibandingkan. Namun membawa Messi ke Santiago Bernabeu pastilah sebuah hal yang mustahil.

3. Mengurangi popularitas Real Madrid

Ronaldo Hengkang, 4 Kerugian Ini Bakal Dialami Real Madridnoticias24pty

Kehebatan Cristiano Ronaldo tak hanya di lapangan hijau saja. Dia merupakan sosok yang mampu memberikan keuntungan komersial bagi klub. Berkat namanya, El Real pun semakin populer di berbagai negara di belahan dunia ini.

Hingga saat ini saja, jumlah follower Cristiano Ronaldo di Facebook adalah 120 juta, Twitter 70 juta dan 134 juta di Instagram. Bahkan tak sedikit penonton yang datang ke Santiago Bernabeu hanyalah ingin menyaksikan sang idolanya bermain.

Kepergiannya ke Juventus, tentu akan berefek kepada popularitas Real Madrid. Bahkan jumlah penonton yanng datang ke stadion pun bisa saja semakin berkurang.

4. Hilangnya dominasi di Liga Champions

Ronaldo Hengkang, 4 Kerugian Ini Bakal Dialami Real Madridsky.com

Kini Real Madrid telah kehilangan Zinedine Zidane dan Cristiano Ronaldo yang merupakan kunci sukses El Real merajai Liga Champions. El Real merupakan juara 4 kali Liga Champions dalam 5 musim terakhir.

Ronaldo sendiri merupakan top skorer sepanjang masa Liga Champions dengan 120 goal. Lebih hebat lagi, dia menjadi top skorer Liga Champions 6 musim beruntun. Tidak diragukan lagi, hilangnya sang pemain akan sangat berefek terhadap efektivitas gol mereka. Bahkan bisa menjadi sebab hilangnya gelar Liga Champions di musim-musim selanjutnya.

Ganjar Firmansyah Photo Community Writer Ganjar Firmansyah

#PrayForSuriah&Palestine

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Community IDN Times

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You