5 Kiper dengan Clean Sheet Terbanyak di Serie A Italia Sejauh Ini

Mereka bakal jadi penentu tim juara!

Serie A Italia dikenal sebagai kompetisi yang selalu melahirkan kiper-kiper terbaik dunia. Dino Zoff, Gianluigi Buffon, Nelson Dida, hingga Gianluigi Donnarumma menjadi deretan nama besar yang ditempa Serie A.

Musim 2021/2022 tinggal menyisakan beberapa pertandingan saja. Beberapa nama kiper  menarik perhatian lewat performa apik sepanjang musim. Mereka memberikan kontribusi besar dengan menciptakan clean sheet terbanyak di Serie A musim ini. Siapa saja? Yuk simak ulasannya.

1. Mike Maignan (14)

5 Kiper dengan Clean Sheet Terbanyak di Serie A Italia Sejauh Inipotret Mike Maignan (twitter.com/mmseize)

Musim panas 2021 kemarin Mike Maignan didatangkan AC Milan dari Lille sebagai suksesor Gianluigi Donnarumma. Kehadirannya langsung memberikan rasa aman bagi lini pertahanan AC Milan.

Mike Maignan tampil impresif sepanjang musim dengan menorehkan 14 clean sheet dari 27 pertandingan Serie A. Kiper asal Prancis ini juga baru kebobolan 19 gol dan berhasil membawa Rossoneri menduduki puncak klasemen. Perannya akan sangat menentukan dalam lima laga tersisa nanti yang bakal menjadi penentu tim mana yang keluar sebagai juara.

2. Samir Handanovic (14)

5 Kiper dengan Clean Sheet Terbanyak di Serie A Italia Sejauh Inipotret Samir Handanovic (inter.it)

Ini menjadi musim kesepuluh Samir Handanovic berkostum Inter Milan. Pemain asal Slovenia ini menjadi salah satu kiper tertua di liga top Eropa saat ini. Meski demikian, performanya masih sangat luar biasa. Dia menyamai catatan clean sheet Mike Maignan dengan 14 clean sheet.

Namun, Samir Handanovic membutuhkan 32 pertandingan untuk melakukannya. Musim ini berpotensi menjadi musim terakhirnya membela Inter Milan karena kontraknya selesai pada Juni 2022. Inter Milan sendiri telah mendapatkan suksesornya pada diri Andre Onana.

Baca Juga: Saktinya Mike Maignan, Si Elang Ajaib Kiper Baru AC Milan

3. Rui Patricio (13)

5 Kiper dengan Clean Sheet Terbanyak di Serie A Italia Sejauh Inipotret Rui Patricio (corrieredellosport.it)

Kehadiran Jose Mourinho sebagai pelatih AS Roma mengubah susunan skuad utama tim musim ini. Kiper utama AS Roma, Pau Lopez, dilepas ke Marseille demi memberi ruang untuk Rui Patricio yang diboyong dari Wolverhampton.

Kiper pilihan Jose Mourinho ini pun membuktikan kualitasnya. Dia telah mencatatkan 13 clean sheet dari 32 pertandingan dan kebobolan 32 gol. Kontribusinya ini membawa Gialorossi duduk di peringkat lima dan masih berpeluang memperebutkan tiket Liga Champions untuk musim depan.

4. Wojciech Szczesny (12)

5 Kiper dengan Clean Sheet Terbanyak di Serie A Italia Sejauh Inipotret Wojciech Szczesny (juventus.com)

Wojciech Szczesny menjadi suksesor Gianluigi Buffon di Juventus sejak didatangkan dari AS Roma pada 2017 lalu. Performa kiper asal Polandia ini pun terbilang stabil dan tak tergantikan. Musim ini dia sudah mencatatkan 12 clean sheet dari 32 pertandingan dan telah keboblan 25 gol.

Total eks kiper Arsenal ini telah mengoleksi 69 clean sheet dari 174 penampilan bersama Juventus di semua ajang. Sayangnya, performa klub dua musim terakhir mulai menurun. Musim ini  pun Juventus tampaknya kembali berpeluang mengakhiri musim tanpa gelar.

5. David Ospina (11)

5 Kiper dengan Clean Sheet Terbanyak di Serie A Italia Sejauh Inipotret David Ospina (marca.com)

David Ospina adalah eks kiper Arsenal lainnya yang saat ini berkarier di Serie A Italia. Kiper 33 tahun ini pun tampil cukup impresif dengan mencatatkan 11 clean sheet dari 28 pertandingan Serie A bersama Napoli. 

Menariknya, Il Partinopei adalah tim kedua dengan pertahanan terbaik Serie A sejauh ini. Mereka kebobolan 26 gol dari 32 pertandingan. Kontribusi kiper asal Kolombia ini membawa Napoli berpeluang meraih Scudetto musim ini.

 

Serie A kurang lebih menyisakan lima pertandingan. Tiga tim teratas, AC Milan, Inter Milan, dan Napoli tampaknya akan bersaing hingga laga terakhir. Peran beberapa kiper di atas akan turut menentukan tim mana yang akan keluar sebagai juara lewat performa apiknya.

Baca Juga: 5 Pemain Italia yang Membela Napoli pada 2021/2022

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya