Comscore Tracker

Gagal di Liga Champions, 8 Klub Ini Turun Kasta Ke Liga Eropa

Klub Eropa nomor 5 harus menanggung malu dihajar Liverpool

Liga Champions fase grup telah berakhir dan telah meloloskan 16 tim untuk bermain di fase knock out. Mereka yang lolos adalah tim di posisi pertama dan kedua dari setiap grup. sedangkan untuk tim yang berada di posisi ke tiga, mereka secara otomatis turun kasta bermain di babak knock out liga Eropa.

Mereka yang kalah bersaing di liga Champions ini akan menghadapi tim-tim yang menjadi juara dan runner up di fase grup Liga Eropa. Nah siapa saja klub Liga Champions yang harus bermain di Liga Eropa musim ini? Check this out.

1. CSKA Moskow.

Gagal di Liga Champions, 8 Klub Ini Turun Kasta Ke Liga Eropaagonasport.com

Klub asal Rusia ini finish di posisi tiga di grup A liga Champions dengan poin 9. Poin tersebut mereka dapatkan dengan 3 kemenangan dan 3 kekalahan. Dan yang menyakitkan adalah mereka harus kalah di laga penentuan saat melawan Manchester United.

sedangkan pesaing terdekatnya yang menjadi runner up, Basel mampu mengalahkan Benfica. Sehingga yang lolos fase grup A adalah MU dengan mengoleksi 15 poin dan Benfica yang berada di posisi kedua dengan 12 poin.

2. Celtic.

Gagal di Liga Champions, 8 Klub Ini Turun Kasta Ke Liga Eropaheraldscotland.com

Celtic memang tidak beruntung harus satu grup dengan tim-tim besar seperti PSG, Bayern Muenchen dan Anderlecht di grup B, dan sudah diprediksi dari awal jika yang akan lolos mudah dari grup ini adalah PSG dan Bayern Muenchen. Mereka lolos dengan poin sama 15 dengan lima kemenangan dan satu kekalahan.

Sedangkan Celtic sendiri beruntung bisa finish di posisi tiga dengan hanya berbekal satu kemenangan. Unggul head to head dari Anderlecht yang juga mengoleksi satu kemenangan.

3. Atletico Madrid.

Gagal di Liga Champions, 8 Klub Ini Turun Kasta Ke Liga Eropabola.liputan6.com

Satu klub langganan lolos Liga Champions yang harus turun ke Liga Eropa musim ini adalah Atletico Madrid. Padahal mereka merupakan finalis Liga Champions sebanyak dua kali dari 7 pagelaran liga Champions terakhir.

Namun tahun ini mereka tak mampu lolos 16 besar karena kalah bersaing di grup C, yang merupakan grup maut diisi oleh Roma, Chelsea dan Qarabag.

Mereka hanya mampu mengoleksi 7 poin dari enam pertandingan fase grup, selisih 4 poin dari Chelsea yang berada di posisi runner up.

4. Sporting Lisbon.

Gagal di Liga Champions, 8 Klub Ini Turun Kasta Ke Liga Eropajogja.tribunnews.com

Tim lainnya yang harus turun ke Liga Eropa adalah tim asal Portugal Sporting Lisbon. Nasibnya hampir sama dengan Celtic. Mereka harus satu grup dengan tim-tim besar. Di grup D, Sporting satu tim dengan Barcelona dan Juventus yang telah lolos ke babak 16 besar sebagai juara dan runner up grup.

Sporting sendiri mengalami kekalahan dari Barcelona di pertandingan terakhirnya dengan skor 2-0.

5. Spartak Moskow.

Gagal di Liga Champions, 8 Klub Ini Turun Kasta Ke Liga Eropaguruprediksi.com

Tak hanya CSKA Moskow, klub Rusia yang turun ke liga Eropa tetapi juga tetangga mereka, Spartak Moskow. Mereka hanya mampu finish di posisi tiga, selisih 3 poin dari Sevilla yang berada di posisi kedua. Sedangkan juara grup sendiri diisi oleh Liverpool.

Spartak Moskow sendiri di pertandingan terakhirnya harus menanggung malu karena kalah telak dari Liverpool dengan skor 7-0, yang merupakan skor terbesar Liga Champions musim ini.

6. Napoli.

Gagal di Liga Champions, 8 Klub Ini Turun Kasta Ke Liga Eropasport.detik.com/sepakbola

Napoli menjadi wakil Italia yang gagal musim ini lolos ke 16 besar liga Champions setelah hanya mampu berada di posisi tiga klasemen akhir grup F. Mereka kalah bersaing dari Manchester City yang jadi juara grup dan Shaktar Donetsk yang berada di posisi kedua.

Napoli sendiri harus mengalami kekalahan di pertandingan terakhirnya dari Feynoord dengan skor 2-1. Sedangkan Manc City mengalami kekalahan pertamanya musim ini dari Shaktar Donetsk dengan skor 2-1 juga.

7. Leipzig.

Gagal di Liga Champions, 8 Klub Ini Turun Kasta Ke Liga Eropasidomi.com

Liga Champions musim ini menjadi penampilan pertama bagi Leipzig di Eropa. Mereka mampu tampil lumayan. Mengumpulkan 7 poin dengan dua kemenangan dan satu hasil imbang serta sisanya mengalami kekalahan. Namun hal tersebut masihlah belum cukup bagi mereka untuk lolos ke babak 16 besar.

Leipzig kalah saing dengan Besiktas dan Porto yang menjadi wakil grup ini di babak 16 besar. Namun Leipzig tak perlu bersedih. Karena mereka masih bisa tampil di Eropa dengan bermain di Liga Eropa musim ini.

8. Dortmund.

Gagal di Liga Champions, 8 Klub Ini Turun Kasta Ke Liga Eropatribunnews.com

Klub terakhir yang harus rela bermain di liga Eropa musim ini adalah klub German lainnya, Borussia Dortmund. Mereka musim ini tampil buruk di  liga Champions dan hanya mampu mengumpulkan 2 poin dari 6 pertandingan.

Mereka kalah bersaing dari sang juara tahun lalu Real Madrid dan perwakilan Inggris, Tottenham Hotspur yang menjadi pemuncak klasemen akhir grup H.

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya