Menang Dramatis Atas Belanda, Loew: Hari Ini Jerman Beruntung

Nico Schulz jadi penentu kemenangan Jerman

Laga super big match matchday ke-2 babak kualifikasi Euro tersaji di Johan Cruijff Arena Pada Minggu Senin dini hari (25/03) WIB. Jerman berhasil membalaskan dendamnya usai menang dramatis atas tuan rumah Belanda dengan skor 2-3.

Der Panzer ungul dua gol lebih dulu melalui gol Leroy Sane (15') dan Serge Gnabry (34'). Namun tuan rumah berhasil mengejar di babak kedua melalui gol Mathijjs de Ligt (48) dan Memphis Depay (63).

Saat laga tampaknya akan berakhir imbang sebuah drama terjadi. Tim tamu berhasil mencetak gol di menit akhir melalui sontekan Nico Schulz. Jerman pun keluar sebagai pemenang untuk pertama kalinya di kandang Belanda dalam 23 tahun terakhir. Meski begitu, sang pelatih Joachim Loew menyatakan jika timnya hanya beruntung bisa raih tiga poin.

1. Saling mengejar angka, Jerman pastikan kemenangan di menit akhir

Menang Dramatis Atas Belanda, Loew: Hari Ini Jerman Beruntungtwitter.com/MatzeGinter

Dua raksasa Eropa, Jerman dan Belanda sudah harus saling bertemu di fase grup C babak kualifikasi Euro 2020. Tampil di hadapan suporter sendiri, tuan rumah justru dikejutkan oleh gol Leroy Sane di menit ke-15 usai menyempurnakan umpan Nico Schulz. Belanda tersentak, namun usaha Ryan Babel mencetak gol berhasil dipatahkan oleh Manuel Neuer.

Laga telah berjalan setengah jam, Belanda gagal menyamakan kedudukan. Alih-alih mencetak gol, mereka justru kebobolan untuk yang kedua kalinya di menit ke-34. Kali ini Serge Gnabry yang menjadi aktornya usai melewati penjagaan Virgil Van Dijk untuk melepaskan tendangan melengkung yang gagal dihalau Cillessen. Skor 0-2 pun bertahan hingga babak pertama usai.

Di babak kedua tuan rumah mencoba bangkit. Laga baru berjalan tiga menit, mereka berhasil memperkecil angka melalui sundulan Matthijs De Ligt memanfaatkan sepakan pojok Memphis Depay. Tim Oranjie terus menggempur Jerman untuk menyamakan kedudukan. Gol yang dinanti akhirnya terlahir di menit ke-63 melalui aksi Memphis Depay. Gol tersebut menjadi gol ketiganya dari dua laga terakhir bersama timnas Belanda.

Di sisa laga kedua tim bermain sama kuat. Namun sebuah keputusan pelatih Jerman dengan memasukkan Marco Reus di menit ke-88 terbukti ampuh. Pemain Dortmund tersebut menjadi aktor pembeda saat berhasil berikan umpan untuk gol ketiga Jerman yang dicetak oleh Nico Schulz di menit ke-90. Tim tamu pun berhasil menundukan Belanda dengan skor 2-3

Baca Juga: Inggris dan Prancis Awali Kualifikasi Euro 2020 dengan Baik

2. Berhasil balaskan dendam, Joachim Loew merasa Jerman dinaungi keberuntungan

Menang Dramatis Atas Belanda, Loew: Hari Ini Jerman Beruntunggoal.com

Usai terpuruk di Piala Dunia 2018, krisis tim Jerman berlanjut di UEFA Nations League. Mereka terdegradasi dari Liga A, setelah kalah bersaing dengan Belanda dan Prancis. Tim Panser bahkan kalah 3-0 dari Belanda. Namun kini mereka berhasil bangkit di kualifikasi Euro 2020. Tidak tanggung-tanggung, di laga perdananya Jerman sukses permalukan Belanda 2-3 di kandangnya sendiri.

Pelatih Jerman, Joachim Loew memuji anak asuhnya yang notabene diisi oleh para pemain muda. Ia pun tak bisa menampik jika timnya dinaungi keberuntungan setelah berhasil dikejar Belanda di babak kedua. Laga ini sendiri merupakan laga perdana Jerman di babak kualifikasi di grup C, sedangkan menjadi laga kedua bagi Belanda yang sebelumnya raih kemenangan atas Belarusia.

"Babak pertama berlangsung luar biasa, karena kami sanggup mengendalikan permainan. Gol balasan Belanda pada babak kedua datang di waktu yang buruk. Namun inilah proses yang harus tim muda kami lalui. Dengan serangan yang bagus, kami harus membuat keputusan. Kami tidak kehilangan kepercayaan hingga akhir, hari ini kami juga memiliki keberuntungan yang jarang kami dapatkan di partai-partai sebelumnya," ungkap Loew.

3. Belanda dan Jerman jadi unggulan di grup C, namun Irlandia Utara bisa menjadi kejutan

Menang Dramatis Atas Belanda, Loew: Hari Ini Jerman Beruntungtwitter.com/UEFAEURO

Kekalahan Belanda dari Jerman bukan sebuah kabar yang terlalu buruk mengingat perjalanan babak kualifikasi masih panjang. Jerman dan Belanda saat ini sama-sama memiliki poin yang sama, tiga angka. Namun Jerman masih memiliki satu laga lebih sedikit dari tim lainnya di grup C.

Belanda dan Jerman sendiri menjadi unggulan utama untuk bisa lolos dari grup C yang diisi oleh tiga tim lainnya, Irlandia Utara, Estonia dan Belarusia. Meski begitu, Irlandia Utara bisa saja muncul sebagai kejutan. Saat ini mereka puncaki gup C dengan dua hasil kemenangan. Anak asuh Michael O'Neill akan menjadi kuda hitam di grup ini. Mereka bahkan tampil mengejutkan pada Euro 2016 lalu saat lolos ke Euro untuk pertama kalinya usai juarai grup F di babak kualifikasi.

Sebaliknya, Belanda secara mengejutkan gagal lolos dari babak kualifikasi usai terpuruk di posisi ke-4 grup A. Begitu pula Jerman yang tampil buruk di Piala Dunia 2018. Tim Panser terpuruk sebagai juru kunci grup F, kalah bersaing dari Swedia, Meksiko dan Korea Selatan. Jika kedua tim besar ini tidak hati-hati, bukan tak mungkin kejutan kembali terjadi di grup C dan Irlandia Utara menjadi aktor protagonisnya.

Baca Juga: Kualifikasi Euro: Prancis dengan Mudah Gasak Moldova di Laga Perdana

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya