Inggris dan Prancis Awali Kualifikasi Euro 2020 dengan Baik

Portugal tertahan oleh Ukraina

Inggris dan Prancis mengawali langkahnya di kualifikasi Piala Eropa 2020 dengan keberhasilan menundukkan lawan-lawannya. Menjamu Republik Ceko di Wembley Stadium, Inggris menundukkan tamunya tersebut dengan skor telak 5 - 0. Sementara bertandang ke Moldova, Prancis juga menang telak dengan skor 4 - 1.

Dengan hasil-hasil tersebut, Inggris dan Prancis  memimpin klasemen sementara Grup A dan Grup H. Inggris memimpin sendiri dengan nilai 3, diikuti oleh Bulgaria dan Montenegro dengan nilai 1. Sementara Prancis dengan nilai sama-sama 3, unggul produktivitas gol atas Islandia dan Turki. Kualifikasi Piala Eropa 2020 telah menyelesaikan laga-laga matchday 1 dan akan dilanjutkan dengan matchday 2 pada Minggu (24/03) hingga Rabu (27/03).

1. Raheem Sterling cetak hattrick

Inggris dan Prancis Awali Kualifikasi Euro 2020 dengan BaikGetty Images via uefa.com

Manchester City boleh berbangga atas ketajaman penyerangnya, Raheem Sterling. Tidak tanggung-tanggung, penyerang berusia 24 tahun tersebut mencetak hattrick bagi kemenangan Inggris. Sterling membuka kemenangan Inggris pada menit ke-24 menyelesaikan umpan Jadon Sancho. Harry Kane menggandakan keunggulan Inggris melalui eksekusi tendangan penalti pada injury time babak pertama.

Raheem Sterling memperbesar keunggulan Inggris pada menit ke-62. Berikutnya Sterling menciptakan hattrick pada menit ke-68. Gol bunuh diri bek Ceko, Tomas Kalas, memperbesar kemenangan Inggris menjadi 5 - 0. Pada pertandingan ini, manajer Gareth Southgate memberi kesempatan sekaligus kepada Declan Rice dan Callum Hudson-Odoi untuk memulai debutnya di timnas Inggris. Keduanya diturunkan sebagai pemain pengganti di babak ke-2.

Baca Juga: Kualifikasi Euro: Sterling Cetak Hat-trick, Inggris Bantai Ceko

2. Griezman buka kemenangan Prancis

Inggris dan Prancis Awali Kualifikasi Euro 2020 dengan Baikuefa.com

Penyerang Atletico Madrid, Antoine Griezmann membuka kemenangan juara dunia, Prancis, atas tuan rumah Moldova pada menit ke-24 memanfaatkan umpan yang disodorkan Paul Pogba. 3 menit kemudian, Griezmann gantian memberikan umpan kepada Raphael Varane untuk menggandakan keunggulan Prancis menjadi 2 - 0. Olivier Giroud memperbesar keunggulan Prancis menjadi 3 - 0 dengan golnya di menit 36, menyelesaikan umpan Blaise Matuidi.

Memasuki menit-menit terakhir pertandingan, penyerang PSG, Kylian Mbappe, ikut memberi andil atas kemenangan Prancis dengan golnya di menit 87 menyelesaikan umpan Thomas Lemar. 2 menit kemudian, tuan rumah memperoleh gol hiburan melalui pemain tengahnya, Vladimir Ambros.

3. Portugal tertahan di kandang sendiri

Inggris dan Prancis Awali Kualifikasi Euro 2020 dengan BaikGetty Image via uefa.com

Kehadiran kembali Cristiano Ronaldo ternyata tidak serta merta mengangkat permainan Portugal. Bertanding di hadapan publik sendiri di Estádio do Sport Lisboa e Benfica, juara bertahan Piala Eropa tersebut dipaksa bermain imbang tanpa gol oleh tamunya Ukraina. Gencar menyerang sepanjang pertandingan, pemain-pemain Portugal memiliki sejumlah peluang untuk menciptakan gol. Namun penampilan gemilang penjaga gawangnya, Andriy Pyatov, mencegah gawang Ukraina dari kebobolan.

Gelandang Portugal, William Carvalho, sempat menceploskan bola ke gawang Andriy Pyatov pada menit ke-17. Namun wasit asal Prancis, Clement Turpin, menganulir gol tersebut karena Carvalho berada pada posisi off-side.

4. Hasil-hasil pertandingan lain

Inggris dan Prancis Awali Kualifikasi Euro 2020 dengan Baikstandard.co.uk

Pada pertandingan Grup A sebelumnya, tuan rumah Bulgaria hanya mampu bermain imbang 1 - 1 dengan Montenegro. Bulgaria bahkan sempat tertinggal terlebih dahulu oleh gol penyerang Montenegro, Stefan Mugosa pada menit ke-50. Bulgaria baru mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-80 melalui eksekusi penalti Todor Nedelev.

Pada pertandingan lain di Grup H, Turki dan Islandia berhasil memetik kemenangan dengan menaklukkan tuan rumah. Turki menang 2 - 0 atas Albania melalui gol-gol Burak Yilmaz (21') dan HakanNama Çalhanoglu (55'). Sedangkan Islandia menundukkan tuan rumah Andorra melalui gol-gol  Birkir Bjarnason (22') dan Vidar Kjartansson (80'). 

Pada pertandingan lain di Grup B, tuan rumah Luksemburg sukses menundukkan tamunya Lithuania dengan skor 2 - 1. Luksemburg sempat tertinggal lebih dahulu melalui gol Fedor Cernych pada menit ke-14. Luksemburg baru bisa membalas di menit terakhir babak pertama melalui Leandro Barreiro. Gerson Rodrigues membawa Luksemburg pada kemenangan dengan golnya di menit ke-55.

Baca Juga: Hasil Kualifikasi Piala Eropa 2020: Inggris dan Prancis Pesta Gol

Sori Siregar Photo Verified Writer Sori Siregar

Menulis untuk mengekspresikan pikiran, ide dan gagasan. Syukur, kalau bisa menebarkan kemaslahatan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya